Sunday 6 June 2010

PROGRAM PEMERIKSAAN KUALITAS AIR SUMUR DI KOTA MAKASSAR BULAN AGUSTUS 2009

KELOMPOK 9 :(DINAS KEBERSIHAN)
M. FADLY KALIKY (K11109518)
MUH. RAIS (K11108330)
FANY SARI HARNUM (K11108030)
HALIJA BUGIS (K11108536)
AMINA (K11108932)
DIAH SUSILAWATI (K11108332)
ISMANUR (K11108866)


BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pembangunan yang dilaksanakan oleh bangsa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan. Dalam proses pembangunan tersebut, disadari atau tanpa disadari dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif terhadap lingkungan dan manusia. Pembangunan berwawasan lingkungan yang bertujuan, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup rakyat disertai dengan upaya untuk melestarikan sumber daya secara bijaksana, terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan. Hal tersebut relavan pula dengan strategi pembangunan kesehatan yang dirumuskan dalam Indonesia sehat 2010 yang dalam visinya menekankan pada lingkungan yang konduktif bagi terwujudnya keadaan sehat dan perilaku hidup yang sehat.

Sarana pembangunan limbah yang sehat sebagai bagian dari upaya mewujudkan lingkungan yang sehat harus mendapat dukungan dan perhatian yang sama dengan upaya pembangunan kesehatan lainnya. Di kota Makassar, pembuangan kotoran dan limbah domestik (TPA) lokasinya berada disekitar perkampungan penduduk dan sebagian besar masyarakat yang berad disekitar lokasi TPA menjadi lokasi TPA sebagai sumber mata pencaharian. Berdasarkan hal tersebut, kemungkinan besar air tanah atau sumur masyarakat yang ada disekitar TPA tercemar baik secara langsung maupun tidak langsung. Pencemaran tersebut dapat mengakibatkan air yang dikonsumsi masyarakat disekitar TPA tidak lagi memenuhi persyaratan kesehatan.
Air sumur masyarakat disekitar TPA sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluaan. Selain digunakan sebagai sumber air minum juga untuk keperluaan rumah tangga seperti mandi, cuci, dan sebagainya. Hal tersebut menunjukkan bahwa air sumur memiliki potensi yang sangat besar, sehingga pemanfaatannya harus dilakukan dengan bijaksana dan mempertimbangkan kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang. Di kota Makassar, air tanah/sumur merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat.

Untuk mengetahui situasi dasar dan tingkat pencemaran air tanah/sumur di kota Makassar, maka diperlukan adanya data dan informasi yang bersifat valid dan daat dijadikan dasar dalam penyusunan kebijakan. Sehubungan dengan hal ini maka sangat diperlukan adanya pemeriksaan kualitas air tanah/sumur yang ada di kota Makassar tahun 2009.

B. TUJUAN
1. Tujuan umum :
Untuk mengetahui gambaran kualitas air tanah/sumur yang ada di kota Makassar tahun 2009
2. Tujuan khusus
1. Untuk mengetahui kualitas air sumur daroi beberapa parameter pencemar berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan nomor 14 tahun 2003 lampiran 1 tentang Kriteria Mutu Air Kelas I
2. Untuk mengetahui penyebab air sumur di kota Makassar
3. Memperkirakan akibat-akibat dari parameter yang melebihi baku mutu terhadap kesehatan.
C. MANFAAT
1. Sebagai sumber informasi dan data tentang kualitas air sumur di kota Makassar dan dasar dalam penyusunan kebijakan terkait dengan pemanfaatan air sumur.
2. Sebagai masukan teknis dalam melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berhubungan dengan air sumur yang ada di kota Makassar.

BAB II
PEMBAHASAN
A. Jenis kegiatan
Kegiatan yang dilakukan adalh pemeriksaan kualitas air sumur, yang ada di kota Makassar periode agustus 2009.

B. Lokasi dan waktu
Lokasi dan waktu pengambilan sampel yang semuanya berada di kota Makassar adalah:
a. Sumur pantau bagian barat TPA Tamangapa
Sampel di ambil pada tanggal 10 agustus 2009 jam 08.45 Wita
b. Sumur masyarakat sekitar TPA Tamangapa
Sampel di ambil pada tanggal 10 agustus 2009 jam 08.55 Wita

C. Metode pengambilan sampel
Metode yang di gunakan dalam pengambilan sampel(sampling) adalah metode sesaat atau grab samples

D. Metode pemeriksaan
Metode yang digunakan dalam pemeriksaan sampel adalah dengan menggunakan instrumen, antara lain:
1. Parameter fisika
Temperatur, bau, TSS, TDS, warna, kekeruhan
2. Parameter kimia
pH, Air raksa(Hg), Besi terlarut(Fe), Barium(Ba), Arsen(As), BOD5, COD, DO, Kadmium(Cd), Krom Valensi 6, Krom total, Sianida(Cn), Flourida(F), Fenol, Nitrat(NO3-N), Nitrit(NO2-N), Amoniak Bebas, Nikel(Ni), Seng(Zn), Tembaga(Cu), Timbal(Pb), Minyak dan lemak.
3. Parameter biologis
Total coliform


E. Pihak yang Terlibat
1. Hiperkes (Pihak Laboratorium)
2. Balai Besar Kesehatan dan Keselamatan Kerja
3. Dinas Kebersihan Kota Makassar

F. Model Kerjasama yang Digunakan
Model kerjasama yang digunakan dalam program ini adalah program kerjasama dalam bentuk JASA. Sehingga model kerjasama yang digunakan termasuk dalam Public Private Partnership Contracting Out. Hal ini dikarenakan pemerintah (Depertemen tenega kerja dan trasmigrasi ) memberikan wewenang sepenuhnya kepada Dinas Kebersihan Kota Makassar untuk melaksanakan program pengujian kualitas air tanah/sumur

G. Peranan Masing-Masing Pihak yang Terlibat
1. Hiperkes (Pihak Laboratorium), sebagai pihak yang memeriksa hasil pengambilan sampel.
2. Balai K3, sebagai pihak yang mengawasi terlaksananya kegiatan.
3. Dinas Kebersihan Kota Makassar, sebagai pihak yang turut/ikut serta melaksanakan kegiatan.


H. Hasil pengamatan
Observasi dan pengamatan yang dilakukan pada saat pengambilan sampel yang dilakukan pada saat pengambilan sampel yang dilakukan pada bulan agustus pada air sumur masyarakat sekitar TPA dan khusus pada sumur pantau bagian barat TPA Tamangapa kondisi airnya berwarna coklat dan berbau, selain itu lokasi keduanya berada disekitar TPA dan kondisi lingkungannya tidak memenuhi syarat kesehatan seperti bau dan sampah yang bertebaran.

Sampel air yang di ambil dari kedua lokasi tersebut dinilai dan di analisa berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan nomor 14 tahun 2003 lampiran I tentang kriteria mutu air kelas I. Dari hasil pemeriksaan lapangan dan analisa laboratorium, pada sampel ini sumur pantau bagian barat TPA Tamangapa beberapa parameter uji sudah tidak memenuhi syarat sperti bau, kekeruhan, warna, BOD5, DO, dan Coliform. Sedang parameter lainnya masih memenuhi syarat sesuai dengan standar kualitas air kelas I yang terdiri dari parameter fisika, kimia, dan parameter biologis dan parameter sebagai berikut:
1. Suhu
Besarnya panas dalam suatu bahan ditunjukkan oleh besaran yang disebut dengan suatu pengukuran derajat celcius dan alat ukur yang digunakan alat termometer
2. Total desolved solid (TDS)
Total desolved solid/ jumlah zat padat terlarut merupakan bahan padatan yang terlarut dalam air. Besarnya padatan terlarut dalam air dapat mempengaruhi jumlah oksigen terlarut dalam air.
3. Total suspended solid (TSS)
TSS/ jumlah zat padat tersuspensi merupakan bahan padatan yang tersuspensi dalam air. Banyaknya kandungan zat tersuspensi didalam air dapat dilihat dari keruhnya dan banyaknya kotoran yang terdapat dalam air tersebut.
4. Bau, kekeruhan, warna, pH, BOD5, COD, OT, Cl, Fe, mangan, Ba, Cu, Zn, khromium, pb, As, sulfat, sianida, dll.






BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Beberapa parameter uji pada sampel air sumur pantau bagian barat TPA Tamangapa tidak memenuhi syarat yaitu parameter bau, kekeruhan, BOD5, dan DO. Hal ini disebabkan lokasi sumur pantau berada disekitar lokasi pembuangan sampah dan bengkel.
B. Saran
Melakuakn pengawasan terhadap usaha dan kegiatan masyarakat yang ada disekitar lokasi tersebut yang membuang sampah/ limbah disekitar sumur agar kondisi air tetap terjaga kualitasnya.

91 comments:

Anonymous said...

ELSA.SAAPULETTE_K11108533_KLOMPOK 8
Beberapa parameter uji pada sampel air sumur pantau bagian barat TPA Tamangapa tidak memenuhi syarat yaitu parameter bau, kekeruhan, BOD5, dan DO. Hal ini disebabkan lokasi sumur pantau berada disekitar lokasi pembuangan sampah dan bengkel.
pertanyaan saya ;
solusi apa yang titawarkan kelompok anda untuk mengatasi masalah tersebut,,???

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322/KLp 8

pertanyaan 1 : Dari mitra yang anda jabarkan sebenarnya siapa yang bertindak sebagai mitra swasta karena sepertinya mitra yang anda paparkan semuanya adalah pihak pemerintah dan tidak ada dari swasta ???

pertanyaan 2 : Anda tidak memaparkan apakah ada kendala dari kerjasama ini ?? Apa kerjasama ini memang berhasil 100% ???

tq.

Anonymous said...

TIARA.M.S.PUTIRULAN (K11108541)_ KEL.10

dalam makalah anda disebutkan bahwa diperlukan adanya data dan informasi yang bersifat valid dan dapat dijadikan dasar dalam penyusunan kebijakan.

Yang ingin saya tanyakan :
dari mana data tersebut diperoleh????
dan data tersebut seperti apa???
apakah bersifat kualitatif atau kuantitatif???

makasiih,,,,,,

Anonymous said...

ELSA.SAPULETTE_K11108533_KLOMPOK 8

berdasarkan makalah anda disebutkan adanya akibat-akibat dari parameter yang melebihi baku mutu terhadap kesehatan.
1. tolong dijelaskan ponit tersebut,,,???
2. dan akibat-akibat apa sajakah yg berdampak pada kesehatan ???

Anonymous said...

VINNA.MAIRUHU_K11108520_KLOMPOK 7

Berdasarkan makalah anda menyebutkan bahwa pada sumur pantau bagian barat TPA Tamangapa kondisi airnya berwarna coklat dan berbau.

adakah dampak yang ditimbulkan dari kondisi yang seperti ini,,,???
(masalah kesehatan)

Anonymous said...

VINNA.MAIRUHU_K11108520_KLOMPOK 7

Adakah kendala" yg ditemukan dalam pelaksanaan program ini,,,???
dan,,
bagaimana peran pelaksana program dan pemerintah dalam mengatasi kendala" tersebut,,,???

abdul rahim said...

Abdul rahim mangiri/k11108280/klpk 4
Pertanyaan 1: Pada bagian peran pihak yang terlibat,dijelaskan dinas kebersihan Kota Makassar, sebagai pihak yang turut/ikut serta melaksanakan kegiatan. hal-hal apa saja yang dilakukan oleh Dinas kebersihan untuk mendukung program ini???

Pertanyaan 2:Apakah ada pertimbangan khusus sehingga program ini dilaksanakan pada pertengahan bulan, yaitu bulan agustus???

Anonymous said...

TIARA.M.S.PUTIRULAN (K11108541)
_KEL.10

Yang ingin saya tanyakan,,,
masalah atau hambatan apa yang dihadapi pada saat melalukan pemeriksaan kualitas air sumur tersebut?????????
dan apa solusinya agar masalah tersebut dapat diminimalisir.

tolong dijelaskan yah....
makasih....,,,

Anonymous said...

Fuji Zulviana (K111089534/KLP.10)

Dalam program kelompok Anda, ada 2 lokasi yang menjadi tempat penelitian yaitu sumur pantau bagian barat TPA Tamangapa dan sumur masyarakat sekitar TPA Tamangapa.Setelah dilakukan pemeriksaan dari kedua sumur yang berbeda manakah yang paling baik kualitas airnya ?????? Tolong dijelaskan.......

makksiihhhh.....^^

Anonymous said...

RISKAWATI NINGSIH/KIII09524
Setelah mengetahuai hasil dari pemeriksaan air tersebut tindakan apa yang sebaiknya dilakukan bila air tersebut ternyata tidak memenuhi syarat kesehatan???apakah tidak ada penanggulangan lebih lanjut baik dari dinas kebersihan u/mengatasi masalah ini???
tq...................

Anonymous said...

Fuji Zulviana (K11108954/KLP.10)

Dalam program, ada 3 mitra yang terlibat. Namun, diantara mitra tersebut tidak ada dijelaskan mengenai mitra yang mendanai program ini.Jadi, sebenarnya pihak mana yang melakukan sistem pembiayaannya dan bagaimana cara pembagian keuntungannya ??????

maakkssiihhh....^^

Anonymous said...

RISKAWATI NINGSIH/KIII09524
saya ingin menanyakan apakah program kegiatannya ini hanya melakukan pemeriksaan pada kualitas air sumur tersebut trus apakah tidak ada penanganan yang lebih lanjut yang dilakukan oleh pihak yang terlibat khususnya terhadap sumber penyabab terjadinya pencemaran air tersebut

Anonymous said...

Qurnianingsih Detu (K111 08859)

dalam makalah ini saya tidak melihat jangka waktu pemeriksaannya, jika seandainya ada terdapat jangka waktu programnya,,berapa lama???

makasihhhh

Anonymous said...

ARISKA LARASATY KEL 4/ K11108855

Dalam makalah anda apakah ada tahapan-tahapan pokok yg dilaksanakan ??

Jika ada bagaimanakah pelaksanaanya ??

triiimss

Anonymous said...

Novita Santicasari Mumin (K11108516)kel 5

yang ingin saya tanyakan,,,,
sumber dana untuk pelaksanaan kegiatan program ini berasal dari mana???????

makasihhhhh......

Anonymous said...

Novita Santicasari Mumin (K11108516)Kel 5

Apa tidakan lanjutan yang di lakukan oleh masing-masing mitra yang terlibat ketika mengetahui bahwa air sumur tersebut tercemar????

makasih......

Anonymous said...

muh suryanto hy
k11108842/ klp6
1.Apakah ada hambatan yang dihadapi pada saat melalukan pemeriksaan kualitas air sumur tersebut. jika, ada bagaimana solusinya serta siapakah yang mesti bertanggung jawab?

2. apakah ada dampak yang ditimbulkan pada program pemeriksaan kualitas air sumur dikota makassar bulan agustus 2009 dan bagaimana solusinya jika ada?

Anonymous said...

Rahmawati/K11108362 klp1
yang saya ingin tanyakan berapa lama jangka waktu kerjasama ini soalnya dalam makalah tidak dipaparkan ???

Anonymous said...

Rahmawati/K11108362 klp1

Apa keuntungan yang didapatkan oleh masing-masing mitra dari kerjasama ini???

Trimssss.....,,,,,

Deddy Alif Utama said...

Deddy Alif Utama (K11108274) kLP 3

Pertanyaan 1: Apa alasan pemilihan TPA Tamangapa sebagai tempat observasi??

Pertanyaan 2: tolong anda jelaskan Kalimat "Masukan Teknis" dalam Pernyataan manfaat kegiatan ini salah satunya adalah Sebagai masukan teknis dalam melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berhubungan dengan air sumur yang ada di kota Makassar.

thanx..

Tugas Partnership said...

ROBO RAHANYAMTEL K11109521 KELP.10 - PERTANYAAN UNTUK TMN2 KELP. 9
1. Tolong di jelaskan mengapa acuan standar kualitas air bersih yang di gunakan adalah surat keputusan gubernur dan bukan standar dari WHO atau Depkes ????
2. Model kerja sama yang ada ini apakah model partnership atau private karna saya melihat ini tiak lain adalah progam rutin pemerintah, tolong penjelasannya ?
3. siapa atau pihak mana sebenarnya yang di beri kewenangan unguk melakukan pengawasan sebagaimana yang di jelaskan dalam saran teman2 ????

Irdawati Sunti said...

Irdawati Sunti/ K11108883/klmp 10

Dalam makalah anda saya tidak menemukan jangka waktu kerjasamanya, berapa tahun...??

Irdawati Sunti said...

Irdawati Sunti/K11108883/klmp 10.

Apakah program kerjasama ini masih berlanjut atau tidak?Jelaskan...!

nashinda said...

NASHINDA SEAGITA_KIII 08 314_klp 7
Dari hasil pemeriksaan lapangan dan analisa laboratorium, pada sampel ini sumur pantau bagian barat TPA Tamangapa beberapa parameter uji sudah tidak memenuhi syarat sperti bau, kekeruhan, warna, BOD5, DO, dan Coliform. Sedang parameter lainnya masih memenuhi syarat sesuai dengan standar kualitas air kelas I, yang ingin sa tanyakan,,dalam makalah anda,,cuma mnjelaskan ttg bau, kekeruhan, warna, BOD5, DO, dan Coliform yg tidak memenuhi syarat sdgkan parameter lainnya yang anda katakan dlm makalah yang msih memenuhi syarat standar kualitas air kls I andsa tdk jelaskan secara mendetail,,bisa kah anda menjelaskan nya?

nashinda said...

NASHINDA SEAGITA_KIII 08 314_klp 7
pada tujuan khusus yaitu Untuk mengetahui penyebab air sumur di kota Makassar,,sa merasa kurnag paha dg kalimat ini,,krn kalimat ini maknanya menggantung,,penyebab air ap yg anda mksd dlm tujuan khusus ini? tlg djelaskan


mksh^^

anhi^^ said...

Fajriani Yahya/K11108303/klp 6.

Pertanyaan 1 :
a. Tolong jelaskan lebih rinci mengenai tahap-tahap dalam pelaksanaan Program Pemeriksaan Kualitas Air Sumur Di Kota Makassar yang anda paparkan dimakalah anda???

b. Bagaimana dengan hasil akhir yg diperoleh dalam pemeriksaan kualitas air sumur yg dilakukan dlm program ini???

Trims.....^_^

Fitriani Sudirman_K11108251_Klp.1 said...

dalam makalah anda dipaparkan beberapa tujuan salah satunya yakni "Untuk mengetahui penyebab air sumur di kota Makassar" ...mohon dijelaskan maksud dari alimat tersebut???

selanjutnya pada tujuan ketiga yakni "memperkirakan akibat-akibat dari parameter yang melebihi baku mutu terhadap kesehatan"..berdasarkan isi makalah anda penelitian tersebut telah dilaksanakan jadi terkait denan tujuan diatas bisa tolong dipaparkan akibat dari parameter yang melibihi baku mutu terhadap kesehatan???

Fitriani Sudirman_K11108251_Klp.1 said...

karena program telah berjalan pada tahun 2009 bagaimanakah interpretasinya atau keberlanjuntan dari hasil penelitian kualitas air sumur terkait dengan manfaat program yang dipaparkan yakni "penyusunan kebijakan terkait dengan pemanfaatan air sumur" dan "sebagai masukan teknis dalam melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berhubungan dengan air sumur yang ada di kota Makassar"..tolong penjelasannya terkait masalah tersebut dan mohon dipaparkan juga mengenai perundang - undangan yang berhubungan dengan air sumur yang kelompok anda maksud...

terima kasih..^_^

anhi^^ said...

Fajriani Yahya/K11108303/klp 6.

1. Menurut klp anda, apabila dalam pelaksanaan program ini mengalami kendala, apakah dlm bentuk materil atau non materil??? Trus langkah-langkah apa saja yg ditempuh untuk mengatasi kendala-kendala yg dihadapi???

2. Apa saja kelebihan dan keuntungan yg diperoleh dari kerjasama 'Contracting Out' tsb???

Trims....wassalam....^_^

Anonymous said...

Ikratul Kadir (K11108363)
seharusnya kelompok anda mesukkan pihak pemerintah (Departemen Tenaga Kerja) sebagai mitra yangterlibat dalam program kerjasama ini..
Terima Kasih

Tugas Partnership said...

Ria Hastuty
K11108869
KELOMPOK 1

mengapa metode pengambilan sampel menggunakan metode sesaat atau grab samples???

thx

Anonymous said...

Fitriana Rusli (K111 08032)

Dalam makalah anda tidak terdapat kelebihan dan kekurangan dari program ini seandainya ada kelebihan dan kekurangan dari program yang anda jalankan tolong jelaskan?

trims...

Anonymous said...

Fitriana Rusli (K111 08032)
Dalam makalah anda telah memaparkan tentang peran dari masing-masing mitra yang terlibat. Apakah dari salah satu dari mitra tersebut menyediakan fasilitas untuk menjalakan program yang anda rencanakan jika tersedia tolong anda sebutkan fasilitas apa yang disedikan untuk menjalankan program ini...?

Anonymous said...

Fitriana Rusli (K111 08032)

setelah membaca kesimpulan dari makalah anda, saya ingin tanya bagaiman cara anda mengatai sumur yang bau dan kekeruhan, serta terkandung BOD5, dan DO?

Tugas Partnership said...

Syahrin Gailea,K11109523.Klp 2.
Buat teman2 dari klp 9 dalam kontrak kerja yang ada untuk pemeriksaan kualitas air sumur di kota makassar sasaran pemeriksaannya untuk standart apa??? apakah untuk standart air bersih ataukah air minum??? karena tdak dijelskan secara rinci standart kulaitas apa yang dipakai sebagai pedoman...

Tugas Partnership said...

Damayanti Sima Sima Sohilauw (K11109520) kelompok 3

Ass...
mau nanya....
sebenarnya program pemeriksaan kualitas air sumur di kota makassar pada bulan agustus tahun 2009 yang dilakukan oleh dinas kebersihan ini, cuma di lakukan pada TPA tamangapa dan sekitarnya??? judulnya saja PEMERIKSAAN KULITAS AIR SUMUR DI KOTA MAKASSAR.. yg dijadikan populasi semestinya seluruh sumur gali yang ada di kota makassar. bukan cuma di TPA tamangapa dan sekitarnya... dan sampel yang di ambil juga, semestinya secara acak sehingga mewakili populasi.. kalu yang diambil cuma TPA tamangapa dan sekitarnya apakah ini mewakili seluruh sumur gali yang ada di kota makassar???
tolong berikan tanggapan dan penjelasan atas program ini???

Thank's be 4.... Wassalam

Anonymous said...

Muhammad Zulfikar K11108102

dalam makalah anda tdk tercntum tiap brapa kali setahun d lakukan pengambilan sampel. dan mengapa hanya d daerah tamangapa yg d lakukan pengambilan sampel, apakah daerah tamangapa sdh mwakili sluruh sampel air sumur yg ad d kota mks ini??
apakah d daerah lain tdk d lakukan pengambilan sampel spt yg d lakukan d daerah tamangapa???
dan sejak kapan sistem kerjasama ini d lakukan...
mohon penjelasanx!!!!!!
TrimzZ......

ISAE... said...

AISYAH PUSPITASARI.S (KIII 08 333) KLP 10

apakah akibat atau dampak yang dirasakan warga sekitar selama mengkonsumsi/ menggunakan air sumur tersebut, n apa tindakan lanjutan yang telah di lakukan instansi tersebut......
makasi

ISHAE... said...

AISYAH PUSPITASARI.S (KIII 08 333) KLP 10

berapa lm proses pemeriksaan air sumur tersebut n brp biaya yang harus di persiapkan setiap 1 kali pemeriksaan.....

makasi('-")

Anonymous said...

Iin Mutmainnah (K11108970) kel.1
1. Dalam makalah anda dijelaskan bahwa pada sampel air sumur pantau bagian barat TPA tamangapa beberapa parameternya sudah tidak memenuhi syarat dan beberapa lainnya sudah memenuhi syarat sesuai dengan standar kualitas air kelas I yang terdiri dari parameter fisika, kimia, dan parameter biologis dan parameter suhu, TDS, TSS, dsb. Yang mau saya tanyakan adalah berapa ukuran suhu, TDS, TSS untuk memenuhi standar kualitas air kelas I tersebut????
makasihhhhhh.........

Anonymous said...

Iin Mutmainnah (K1108970) kel. 1
2. Dalam makalah anda dijelaskan bahwa pada sampel air sumur pantau bagian barat TPA tamangapa beberapa parameternya sudah tidak memenuhi syarat seperti bau, kekeruhan, warna, BOD5, DO, dan Coliform. Dan beberapa lainnya sudah memenuhi syarat sesuai dengan standar kualitas air kelas I yang terdiri dari parameter fisika, kimia, dan parameter biologis dan parameter suhu, TDS, TSS,serta Bau, kekeruhan, warna, pH, BOD5, COD, OT, Cl, Fe, mangan, Ba, Cu, Zn, khromium, pb, As, sulfat, sianida, dll. Yang mau saya tanyakan dari pernyataan di atas mana yang benar karena anda menyatakan bahwa sampel air sumur tersebut sudah tidak memenuhi syarat dari segi bau, kekeruhan, warna, BOD5, DO, dan Coliform, sedangkan dipernyataan selanjutnya anda menyatakan bahwa beberapa lainnya sudah memenuhi syarat sesuai dengan standar kualitas air kelas I yang terdiri dari parameter fisika, kimia, dan parameter biologis dan parameter suhu, TDS, TSS,serta Bau, kekeruhan, warna, pH, BOD5, COD, OT, Cl, Fe, mangan, Ba, Cu, Zn, khromium, pb, As, sulfat, sianida, dll,,mana yang benar dari pernyataan tersebut??????
makasihhhh.....

Sulviani said...

Sulviani/K11108277/Kelompok 3

Yang menjadi penyebab utama dari pencemaram air sumur di makassar adalah keberadaan TPA di sekitar pemukiman.. Jadi, bagaimanakah sikap pemerintah terhadap keberadaan TPA ini, apakah masih akan tetap dilanjutkan ataukah pemerintah akan melakukan tindakan lain misalnya mencari lokasi baru untuk TPA atau bagaimana???

Anonymous said...

Masita Wiyata K11108861 Kel.6

1. Kemungkinan besar air tanah atau sumur masyarakat yang ada disekitar TPA tercemar baik secara langsung maupun tidak langsung. Upaya apa yang dilakukan oleh Pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut . . ?


2. Apakah pemeriksaan kualitas air sumur dilakukan di semua kecamatan yang ada di kota Makassar atau hanya di daerah TPA . . ? kalau dilakukan di semua kecamatan bagaimana kualitas air sumurnya . . ?

Anonymous said...

yunita manda sari/k11108019/klp 8

langsung saja....apa keuntungan yang didapatkan masing2 mitra dalam program ini???

makasih....

yunita manda sari said...

yunita manda sari/k11108019/klp 8

pertanyaan kedua saya...
menurut klp anda, usaha apa yang dilakukan untuk mengatasi masalah sampah dan bengkel yang menjadi penyebab beberapa parameter uji pada sampel air sumur pantau bagian barat TPA Tamangapa tidak memenuhi syarat??

imam said...

Imam Bachtiar K11108031 Kelompok 1
1.Menurut kelompok anda mengapa dalam pengambilan sampel air metode yang di gunakan adalah metode sesaat (grab sampling) bagaimana esensinya mengapa di gunakana metode tersebut.?
2.Apakah pengambilan sampel tersebut bisa dengan metode lain..? kalau bisa mengapa..? dan kalau tidak bisa mengapa pula, bgmana perbedaannya..?
3.Pada makalah anda yang berjudul “PROGRAM PEMERIKSAAN KUALITAS AIR SUMUR DI KOTA MAKASSAR BULAN AGUSTUS 2009” lokasi yang di jadikan indicator adalah adalah sumur masyarakat di sekitar daerah TPA tamangapa..!!! Sehubungan dengan tujuan umum dari makalah anda Untuk mengetahui gambaran kualitas air tanah/sumur yang ada di kota Makassar tahun 2009…
Yang saya ingin tanyakan,Menurut kelompok anda Mengapa hanya sumur di daerah sekitar TPA Tamangapa yang di periksa standar kualitas sedangkan qt tahu masih banyak di daerah lain di makssar yang menjadikan sumur sebagai sumber air nya..!!!???
Menurut saya mengapa tidak memeriksa sampel air sumur di setiap kecamtan/kelurahan di kota makssar saja sesuai dengan tujuan umunya mengetahui gambaran kualitas air tanah/sumur yang ada di kota Makassar sehingga dapat di bandingkan setiap kelurahan/kecamatanya sehingga di dapatkan kualitas air tanah/sumur di kota makassar,,,,… menurut kelompok anda mengapa tidak dilakukan seperti demikian..?
Terimakasih…

imam said...

Imam Bachtiar K11108031 Kelompok 1

Tanggapan..
Dalam makalah anda tidak dicantumkan jangka waktu kerjasama dan bagaimana aliran dana (sumber dana,dsb), sejauhmana wewenang dari dinas kebersihan , dan bagaimana keberlanjutan teknis pelaksanaannya, apakah pelaksanaan program ini hanya tahun 2009 atau berlanjut dan apakah tetmpat pengambilan sampelnya akan tetap pd tmpat yng sama..!!

sykrn

Andi Tilka Muftiah R said...

Andi Tilka Muftiah R (K11108286)/kLp.4

APa alasan anda meggolongkan program kerjasama ini ke dalam PPP contracting out?? karena anda tidak menyebutkan secara jelas alasan program ini menggunakan progran contracting out.

apa hubungan bentuk kerjasama JASA yang ada dalam program ini dengan program kerjasama contracting out??
Mohon anda jelaskan!

siapa yang menyediakan dana dalam program ini?? kenapa tidak ada penyedia dananya?? suatu program dikatakan melakukan kerjasama apabila memiliki pihak yang menyediakan dana..

Terima kasih...

adHI said...

AKHMAD RIYADI K11108353 KLP 2

APA SAJA HAMBATAN2 DAN PENANGULANNYA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM INI???

DAN APA MANFAAT DARI PROGRAM INI??

ai said...

muh. nur aidil
k11108977
kelompok 7

1. bagaimana sistem pembiayaan untuk program kerja sama tersebut

2. bagaiamana tahap evaluasi dari program tersebut?

Anonymous said...

Ikratul Kadir (K11108363)
Pihak mana yang berhak mengambil suatu keputusan atau kebijakan, jika ditemukan sumur yang melebihi baku standar ??? berikan contoh kebijakan yang dilaksanakan ??

Anonymous said...

Diyah Radhyah
K111 08 911
Kelompok 8

Beberapa parameter uji pada sampel air sumur pantau bagian barat TPA Tamangapa tidak memenuhi syarat yaitu parameter bau, kekeruhan, BOD5, dan DO. Hal ini disebabkan lokasi sumur pantau berada disekitar lokasi pembuangan sampah dan bengkel.

pertanyaan saya,,
Antara TPA dan Bengkel,, mana kah yang sangat berpengaruh terhadap tercemarnya air di lokasi tersebut?
jelaskan !

Anonymous said...

Harlina lebang - K11108564 - kelompok 2

dari makalah anda yang ingin saya tanyakan apa kelebihan dan kekurangan dri program tersebut???

makasih.....

Anonymous said...

Harlina Lebang_K11108564-klp 2

solusi apa saja yang anda lakukan dalam program tersebut????

Anonymous said...

Harlina Lebang_K11108564_klp 2

apa saja hambatan yang anda hadapi pada saat melakukan pemeriksaan air sumur pantau bagian TPA Tamangapa????

Anonymous said...

petrick s manupassa K111 08 501 / KEL 4 yg inin di tanyakan : dari
Observ asi dan pengamatan yang dilakukan pada saat pengambilan sampel yang dilakukan pada saat pengambilan sampel yang dilakukan pada bulan agustus pada air sumur masyarakat sekitar TPA dan khusus pada sumur pantau bagian barat TPA Tamangapa kondisi airnya berwarna coklat dan berbau, selain itu lokasi keduanya berada disekitar TPA dan kondisi lingkungannya tidak memenuhi syarat kesehatan seperti bau dan sampah ....

pertanyaan : tidak adakah langkah2 atau tindakan yang di ambil, oeh dinas setelah mengetahui hasil tersebut di atas ???

Tugas Partnership said...

ahmad faaris humaan / k11108285

bagaimana dengan tanggapan masyarakat sekitar mengenai pelasanaan prof\gram ini...???

Tugas Partnership said...

ahmad faaris humaan / k11108285

bagaimana dengan tanggapan masyarakat sekitar mengenai pelaksanaan program ini...???

Anonymous said...

Suzan Meydel Alupaty
K11108514
Klmpk 4
dlm mklah anda,.sya tidak temukan penyedia dana untk pelaksanaan program tersebut.
yg ingin sya tanyakan,apakh dlm plaksanaan program ini tdk memerlukan dana?? n dr mna daya itu brasal....
tlng jelaskan....
mksih

Anonymous said...

ahmad faaris humaan k11108285

adaka tindak lanjut dari pemerintah maupun pihak yang terlibat setelah program ini dilaksanakan....???

Anonymous said...

Suzan Meydel Alupaty
K11108514
Klmpk 4
yg ingin sya tanyakan,,adakah hambtan" dlm pelaksanaan program ini???
dan apa upaya" dan solusi" dr pemerintah untuk mengtasi mslah yg menjadi kendala tersebut.

tlng dijelaskan...
mksh

Anonymous said...

lely Zuraidah K11108318 Klpk 8

Bagaimana usaha yang dilakukan pemerinyah agar warga tidak mendapat resiko kesehatan dari penggunaan sumur tersebut?

Anonymous said...

Lely Zuraidah K11108318 Klpok 8

menurut kelompok anda, apa akibatnya jika warga tetap memakai air sumur tersebut??

Anonymous said...

khairunnisaa thahir/k1109525/klp 8

apakah ada prbedaan pemeriksaan kualitas air minum dari air PDAM dengan air sumur

Anonymous said...

khairunnisaa' thahir/k11109525/ klp 8
apakah ada perbedaan pemeriksaan dari segi kualitas antara air PDAM dengan air sumur?

murni said...

Andi Murni AP (k11108302)

Assalamualaikum

pertanyaan sy:
1. Apa/bgmn cr penanganan jika ada pihak yg tdk melaksanakan ataupun melanggar ketentuan dr kontrak . Apakah ada sanksi dan seperti apa sanksi atw penanganannya
2. Bgmn tindakan dari pihak pelaksn program atwpn pemerintah yg mengetahui bhwa masy. Tlh mengkonsvmsi air smr yg tercemar.
Thanx

Anonymous said...

Qurnianingsih Detu K111088590

apakah mitra-mitra yg terlibat di berikan fasilitas selama masa kontraknya?

Anonymous said...

Muh.Aripai(k111 08 348)kelommpok 10 Apakah tidak kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan program ini dan tolong jelaskan apa alternative penanganan masalahnya

Anonymous said...

Muh.aripai(k111 08 348)kelommpok 10 Apa tindak lanjut dari pemerintah setelah penelitian tersebut

Anonymous said...

Muh.Aripai(k111 08 348)kelompok 10 Seharusnya data-data hasil penelitian tersebut dipaparkan dalam bentuk tabel supaya mudah dipahami

Tugas Partnership said...

Diah Sekarsari/K11109522/kmpok 5

di dalam pemerisaan kualitas air sumur gali di kota makassar, bagaiman sistem penerapan pelaksanaan program yang dilakukan, mengingat di dalam makalah anda tertulis pemeriksaan hanya dilakukan pada TPA Tamangapa?? dan bukan untuk seluruh kota makassar...

Anonymous said...

Algretz Salamahu_K11108544_klmpk 4
dlam hsil pengamatan anda banyak berbicara mengenai parameter fisik dan kurang mengenai parameter biologis dan kkimia,,,,,
pertanyaan saya:
1.adakah hubungan/keterkaitan antra ketiga prameter tersebut?jelasx,,,.
saran: untuk dinas kebersihan agar turut melakukan tugasx dgn baik,n prlu adax kerjsam yg rutin dgan HIPERKES,,,

Delon said...

Natalon D. Terinathe/K11108517/KLPK 6

Pertanyaan 1: Apakah ada terdapat kendala yang terjadi dalam program kerjasama ini?
Kalau memang ada tolong sebutkan dan Jelaskan

Pertanyaan 2: Tolong anda berikan perbandingan kualitas air dari kedua sumur yang menjadi objek penelitian anda.

Tugas Partnership said...

Sriadriana Muin/K11109519/Klp 2
Saya lihat dalam makalah anda tidak disebutkan keuntungan yang diperoleh setiap mitra yang terlibat. Anda hanya menjelaskan lebih ke prosedur pelaksanaan pemeriksaan air ketimbang persoalan partnership-nya.

Tugas Partnership said...

Sriadriana Muin/K11109519/Klp 2.

Saya tidak menemukan solusi jika air sumur di kawasan TPA tersebut ternyata memang tercemar dalam makalah anda. Maksudnya, setelah pemeriksaan air dilakukan dan air sumur tersebut tercemar lantas apa??

Anonymous said...

Muhammad Ayyub M./K11108351/Klp. 1

Bagaimana follow up program patnership dalam makalah anda karena saya tidak melihat kontak dalam makalah ini, tolong jelaskan ? terimah kasih

Anonymous said...

Muhammad Ayyub M./K11108351/Klp. 1

Bagaimana follow up program patnership dalam makalah anda karena saya tidak melihat kontak dalam makalah ini, tolong jelaskan ? terimah kasih

Anonymous said...

Syamsir (K11108315) klp. 7

Dalam makalah anda dikatakan bahwa Kegiatan yang dilakukan adalh pemeriksaan kualitas air sumur, yang ada di kota Makassar periode agustus 2009. Tetapi dalam pengambilan sampel hanya pada bagian TPA Tamangapa. Tolong jelaskan, ?

Anonymous said...

Muhammad Ayyub M./K11108351/Klp. 1

Menurut kelompok anda, air sumur yang telah diperiksa tersebut cocoknya digunakan untuk keperluan apa ?

Anonymous said...

Muhammad Ayyub M./K11108351/Klp. 1

Menurut kelompok anda, air sumur yang telah diperiksa tersebut cocoknya digunakan untuk keperluan apa ?

Anonymous said...

M Fadly kaliky (K11109518)KLPK-9. menjawab pertanyaan dari Saudara Robo Rahanyamtel.
1. standar WHO & DEPKES jelas kami mengunakan dalam pemeriksaan air di lab tetapi kenapa kami camtumkan keputusan Gubernur SULSEL karena keputusan ini juga meperintanh mengimput dai permenkes, depkes dan WHO jadi masyarakat SULSEL lebih melihat keputusan-2 gubernur dan aturan aturan pemakaian air bersih yang sudah menjadi program pemerintah. jadi kalau membuat sesuatu selalu melihat aturan-atauran yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.
2. memang ini adalah program pemerintah tetapi kami melihat bentuk kerjasamanya dengan pihak lain walaupun pihak lain itu bukan pihak swasta disini kami melihat kolaborasi peran-peran dari pihak-pihak yang bekerjasama dengan pemeritah kota dalam meliat program ini.
3. dinas kebersihan kota, yang dalam hal ini turut serta dalam melaksanakan kegiatan.

Anonymous said...

M Fadly Kaliky (K11109518)KLP-9
Menjawab pertanyaan Elsa Sapulette dari klp 8
solusi yang kami buat adalah : mengisolasi sumur yang tercemar atau digunakan infeksi sanitasi IS) dari Dinas kebersihan kota makassar. jd masyarakat tdk mengkonsumsi lg air sumur tersebut. thank's.....

Anonymous said...

M Fadly Kaliky (K11109518)KLP-9
Menjawab pertanyaan Elsa Sapulette dari klp 8
solusi yang kami buat adalah : mengisolasi sumur yang tercemar atau digunakan infeksi sanitasi IS) dari Dinas kebersihan kota makassar. jd masyarakat tdk mengkonsumsi lg air sumur tersebut. thank's.....

Anonymous said...

M Fadly Kaliky (K11109518) KLPK-9
menjawab pertanyaan dari saudari Damayanti Sima Sima Sohilauw (K11109520) kelompok 3: ini adalah program tahunan dinas kebersihan kota, jd setiap tahun mereka mengambil sampel air sumur di salah satu tempat yg berada dikota makassar. thn 2009 lokasi pengambilan sampel pd TPA tamangapa & untuk thn 2010 dialokasikan lg ditempat lain. Thank's...........

Anonymous said...

M Fadly Kaliky (k11109518) KLPK-9
menjawab pertanyaan dari saudara Syahrin Gailea,K11109523.Klp 2.
Maaf.... maksud klp kami untuk standar yang dipakai adalah standar air minum. Thank's..........

Anonymous said...

M Fadly Kaliky (k11109518)KLPK-9
menjawab pertanyaan dari saudari Fuji Zulviana (K111089534/KLP.10)
kedua lokasi penelitian tersebut mempunyai kualitas air sumur tdk memenuhi syarat karena jarak sumur dengan TPA kurang dari 1000m. thank's............

Anonymous said...

M Fadly Kaliky (k11109518)KLPK-9
menjawab pertanyaan dari saudari Fuji Zulviana (K111089534/KLP.10)
kedua lokasi penelitian tersebut mempunyai kualitas air sumur tdk memenuhi syarat karena jarak sumur dengan TPA kurang dari 1000m. thank's............

Anonymous said...

M Fadly Kaliky (k11109518)KLPK -9
menjawab pertanyaan dari saudari VINNA.MAIRUHU_K11108520_KLOMPOK 7
dampak yang dapt ditimbulkan apabila masyarakat mengkonsumsi air sumur tersebut adalah : diare & gatal-gatal pd kulit, karena terdapat zat-zat kimia dalam air..... tq.

Tugas Partnership said...

Hidayani (k11109527) klp 7
Pada makalah anda dikatakan bahwa Untuk mengetahui gambaran kualitas air tanah/sumur yang ada di kota Makassar tahun 2009, dibutuhkan data dan informassi yang valid untuk dijadikan dasar dalam penyusunan kebijakan , yang ingin sy tanyakan apakah ada tindak lanjut yang dilakukan apabila data yang diperoleh tidak akurat?

Tugas Partnership said...

Hidayani (K11109527)
Pertanyaan kedua
Metode pengambilan sampel apa yang digunakan ???

Anonymous said...

SEPRI PONNO
K111 06060
cara pengambilan titi sampel menggunakan metode apa??
lasan TPA tamangapa sebagai lokasi pengambilan titik sampel??

TUGAS MATA KULIAH PARTNERSHIP JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN FKM UNHAS 2010