Friday 4 June 2010

Pengawasan Penyediaan Air Bersih
pada Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT Aero Prima Catering Services
Oleh Kantor kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar

KLP 8
1. WELDHY (K11108322)
2. AWALUDDIN (K11109516)
3. YUNITA MANDA SARI (K11108019)
4. LELY ZURAIDAH (K11108318)
5. ELSA SAPULETTE (K11108533)
6. DIAH RADYAH (K11108911)
7. KHAIRUNNISA (K11109525)

A. Latar belakang
Air merupakan sumber daya alam yang diperlukan untuk hajat hidup orang banyak, bahkan oleh semua mahluk hidup. Oleh karena itu, sumber daya air harus dilindungi agar tetap dapat dimanfaatkan dengan baik oleh manusia serta mahluk hidup lainnya.
Saat ini, Indonesia telah memiliki Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air dan Permenkes RI Nomor 416/Menkes/Per/IX/1990 Lampiran II Tentang Persyaratan Kualitas Air Bersih.
Pengawasan sumber daya air sangat penting, agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dengan tingkat mutu yang diinginkan. Salah satu langkah pengelolaan yang dilakukan adalah pemantauan dan interpretasi data kualitas air, mencakup kualitas fisik, kimia dan bakteriologis.
Perkembangan teknologi alat angkut yang semakin cepat membuat jarak antara negara seolah semakin dekat karena waktu tempuh yang semakin singkat, sehingga mobilitas orang dan barang semakin cepat melebihi masa inkubasi penyakit menular. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap resiko penularan penyakit secara global.
Ancaman global yang kita hadapi yaitu penyakit yang ada di negara lain berpotensi masuk ke Indonesia (New Emerging Infectious Diseases) antara lain Hanta Fever, Ebola, HFMD Paraginomiasis pulmonalis, SARS dan Avian Influenza.
Melihat ancaman global penyakit di atas, badan kesehatan dunia (WHO) melakukan sidang majelis kesehatan dunia untuk merevisi IHR tahun 1998 untuk mengatasi masalah kedaruratan kesehatan yang meresahkan dunia (Public Health Emergency of International Concern). IHR tahun 2005 revisi yang merupakan hasil sidang majelis kesehatan dunia yang akan diberlakukan mulai tahun 2007 bertujuan mencegah, melindungi dan menanggulangi terhadap penyebaran penyakit antar negara tanpa pembatasan perjalanan dan perdagangan yang tidak perlu.
Guna mengantisipasi ancaman penyakit global serta permasalahan kesehatan masyarakat yang merupakan masalah darurat yang menjadi perhatian dunia, Kantor Kesehatan Pelabuhan dituntut mampu menangkal resiko kesehatan yang mungkin masuk melalui orang, alat angkut, barang termasuk kontainer dari negara lain dengan melakukan tindakan tanpa menghambat perjalanan dan perdagangan.
Kegiatan pengendalian resiko lingkungan merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran penyakit karantina dan penyakit menular potensial wabah melalui pemutusan mata rantai penularan penyakit dengan profesional sesuai standar, sehingga kegiatan yang dilakukan dapat dinilai dan dipertanggungjawabkan.
Upaya pengendalian resiko lingkungan bertujuan untuk membuat wilayah pelabuhan dan alat angkut tidak menjadi sumber penularan ataupun habitat yang subur bagi perkembangbiakan kuman/vektor penyakit, salah satu upaya untuk mencegah penyakit berpotensi wabah yaitu dengan program khususnya pengawasan penyediaan air bersih dari kontaminasi toxin (racun) dan mikroorganisme penular penyakit (MPN Coliform).


B. Tujuan pelaksanaan program
Adapun tujuan dalam kegiatan ini adalah pengawasan penyediaan air bersih terhadap sarana penyediaan air bersih, kualitas air (fisik, kimia dan bakteriologi) pada PT. Aero Prima Catering Services.

C. Mitra yang terlibat
1. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar
2. Administrator Pelabuhan/Administrator Bandara
3. PT. Aero Prima Catering Services
4. Balai Laboratorium/BBTKL-P2M

D. Peran masing-masing mitra
1. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar
- Pengawas/ pemeriksa kualitas air.
2. Administrator Pelabuhan/Administrator bandara
- Tembusan hasil pengawasan/pemeriksaan yang dilakukan oleh kantor kesehatan pelabuhan.
3. PT. Aero Prima Catering Services
- Selaku pihak swasta yang bergerak dalam bidang penyuplai makanan (catering), mendapatkan hasil pengawasan/ pemeriksaan air bersih oleh kantor Kesehatan Pelabuhan berupa sertifikat air bersih/air minum.
4. Balai Laboratorium/BBTKL-P2M
- Bila di KKP tidak tersedia sumber daya untuk pengawasan/ pemeriksaan kualitas air dapat merujuk ke Balai Laboratorium/ BTKL-P2.

E. Sarana dan prasarana
1. Peralatan
 Water test kit
 Peralatan pengambilan sampel bakteriologis (botol sampel, inkubator, bunseen, label dan cool box)
 Peralatan pengambilan sampel kimiawi (jerigen dan label)
 Peralatan pemeriksaan mikrobiologi portable
 Comparator
 Kendaraan operasional
 Tas lapangan
 Formulir
 ATK (spidol)
 Kertas label
 Surat tugas
 Thermos sampel/ cool box
2. Bahan
 Reagen
 Alkohol
3. Pemetaan
 Lokasi dan luas
 Tipe hidran
 Daerah rawan pencemaran
 Daerah perkembang biakan vektor
4. Jadwal kerja
 Waktu dan tempat
 Pengawasan sistem penyediaan air bersih dan distribusi air secara keeluruhan

F. Lokasi pengambilan sampel
Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT. Aero Prima Catering Services pada tanggal 24 Februari 2010 oleh Staf KKP Kelas I Makassar.

G. Hasil pemeriksaan sampel dan Solusi
 Hasil Pemeriksaan :
Sesuai dengan hasil analisa laboratorium pada tanggal 24 Februari 2010 terhadap beberapa parameter kualitas fisik, kimia dan bakteriologis yang telah dilakukan terhadap sampel yang bersumber dari titik pengambilan : Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT. Aero Prima Catering Services ditemukan parameter zat organik atau KmnO4 tidak memenuhi syarat (TMS) hasil pemeriksaan laboratorium yang terlampir pada hasil pemeriksaan air bersih.
Parameter zat organik melampaui kadar maksimum tersebut, sebagai indikator pada titik pengambilan tersebut telah terjadi pencemaran dari limbah atau hasil cucian bahan maupun peralatan dapur.
 Solusi :
Untuk mengatasi pencemaran pada sumber air bersih di lokasi Diswashing, perlu dilakukan pengecekan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kebocoran pipa saluran air bersih yang dapat menimbulkan pencemaran pada sumber air bersih tersebut.

H. Jenis/ model kerjasama ( Public Private Partnership)
Dalam program pengawasan air bersih, Public Private Partnership yang digunakan adalah Joint Venture. Kami mengambil Joint Venture, karena program / kerjasama ini dilakukan antara pemerintah dan swasta masing-masing pihak mempunyai posisi yang seimbang dan keuntungan yang sama dimana program pengawasan air bersih yang dilaksanankan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar berjalan dengan rutin sedangkan bagi PT. Aero Prima Catering Services air bersih yang digunakan dalam kegiatan penyuplai makanan (catering) diawasi kualitasnya sesuai dengan standar yang berlaku oleh pemerintah (Permenkes Nomor 416/ Menkes/Per/IX/1990 lampiran II Tentang Persyaratan Kualitas Air Bersih).

I. Kontrak
Kegiatan pengawasan air bersih ini dilakukan setiap tahun, jadi dalam kerjasama ini dilakukan pengambilan sampel air bersih setiap 2 bulan sekali, jadi dalam 1 tahun dilakukan pengambilan sampel sebanyak 6 kali.

J. Hambatan dalam pelaksanaan
Adapun hambatan dalam pelaksanaan program yaitu :
 Penjadwalan, kadang waktu yang telah ditentukan untuk kegiatan pengawasan sering molor akibat dari tenaga pelaksana (petugas pengambil sampel air bersih) kegiatan tidak berada ditempat.
 Kendaraan operasional, apabila rusak sangat mempengaruhi mobilitas dari petugas pelaksana kegiatan.


K. Kesimpulan dan saran
 Kesimpulan
Pentingnya dilakukan pengawasan air bersih pada Kitchen, Pastry dan Diswashing PT. Aero Prima catering Services agar air bersih yang digunakan untuk kegiatan pengolahan makanan (catering) terhindar dari masuknya zat-zat renik dan/ bahan-bahan kima yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan juga mencegah berkembang biaknya mikroorganisme yang telah mencemari air.

 Saran
1. Pengusaha/ penanggung jawab dari PT. Aero Prima Catering Services berkewajiban memberitahukan kepada pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) apabila ditemukan tanda-tanda terjadinya pencemaran air bersih.
2. Bagi Petugas pelaksana pengawas dan pengambil sampel air bersih agar berhati-hati dalam mengambil sampel air bersih karena bisa saja terkontaminasi dengan bahan/zat yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan sampel air bersih.

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, SKM, M.Sc. Prinsip dan prosedur Public Private Partnership Kesehatan Lingkungan, Pedoman Perkuliahan, Jurusan Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hassanuddin 2005.

Hefni Effendi, TELAAH KUALITAS AIR
Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan lingkungan Perairan, Kanisius 2003.

PEDOMAN KANTOR KESEHATAN PELABUHAN Tentang Pedoman Teknis Pengendalian Risiko Lingkungan di Pelabuhan/ Bandara dan Pos Lintas Batas dalam Rangka Karantina Kesehatan,
Dirjen PP & PL DEPKES 2006 EDISI I.

109 comments:

anhi^^ said...

Fajriani Yahya/K11108303/klp 6

pertanyaan 1 :
dalam makalah klp anda dipaparkan ada beberapa hambatan dalam pelaksanaan program Pengawasan Penyediaan Air Bersih
pada Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT Aero Prima Catering Services
Oleh Kantor kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar.....
nah,,pertanyaan saya...bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak KKP untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut???

Trims...wassalam....^_^

Anonymous said...

Irdawati Sunti/K11108883/klmp 10

Apa yang mendasari kelompok anda mengatakan bahwa bentuk kerjasama dalam program kerjasama ini adalah joint venture...?

Trims....

Anonymous said...

muh suryanto hy
k 1108842 klp 6
didalam makalah klp anda dipaparkan tujuannya bahwa pengawasan penyediaan air bersih terhadap sarana penyediaan air bersih, kualitas air (fisik, kimia dan bakteriologi) pada PT. Aero Prima Catering Services.

jadi pertanyaan saya yaitu;
bagaimana upaya yang mesti dilakukan untuk mencapai tujuan ini dan
tindakan-tindakan apakah yang mesti dilakukan oleh PT. Aero Prima Catering Services untuk mengantisipikasi apabila ada kesalahan dalam hasil penelitiannya.
contohnya pada saat meneliti sampel air dan ternyata ada kesalahan dalam hasil terakhirnya..

Anonymous said...

weldhy/K11108322

trimakasih untuk pretanyaan saudari Fajriani yahya..

Maaf sebelumnya karena kami lupa menambahkan solusi atas hambatan dari proyek ini, saya akan mencoba menjawab :

1. Untuk hambatan 1 solusi yang dapat dilakukan adalah berusaha mendisiplinkan waktu untuk petugas pengawas dan jika sulit didisiplinkan sebaiknya diberi sanksi supaya petugas ini bekerja dengan baik.

2. Untuk hambatan 2 , solusi yang bisa ditawarkan saya rasa kendaraan tersebut harus di perbaiki (service)ulang, dan malakukan perawatan berkala terhadap kendaraan agar menghindari kendaraan mogok kembali.

tq

Anonymous said...

Irdawati Sunti/K11108883/klmp 10.

Dalam makalah anda tidak di jelaskan secara rinci berapa jangka waktu kerjasama yang di lakukan??

Makasih............

Anonymous said...

Irdawati Sunti/K11108883/klmp 10.

Dalam makalah anda tidak di jelaskan secara rinci berapa jangka waktu kerjasama yang di lakukan??

Makasih............

Anonymous said...

Irdawati Sunti/K11108883/klmp 10.

Dalam makalah anda tidak di jelaskan secara rinci berapa jangka waktu kerjasama yang di lakukan??

Makasih............

Anonymous said...

ANDI EKAWANA AP
K11108849
KELOMPOK 3

Dalam makalah anda dijelaskan bahwa program pengawasan air bersih, Public Private Partnership yang digunakan adalah Joint Venture.Pertanyaan saya,program-program apa saja yg digunakan selain program joint venture ???tolong jelaskan..

makasih...

Anonymous said...

Rahmawati/K11108362 klp 1
yang saya ingin tanyakan berapa lama jangka waktu kerjasama ini,awal kerjasama dan berakhirnya kerjasama karena kelompok anda tidak memaparkan hal tersebut???

Anonymous said...

Rahmawati/K11108362 klp 1
yang saya ingin tanyakan berapa lama jangka waktu kerjasama ini,awal kerjasama dan berakhirnya kerjasama karena kelompok anda tidak memaparkan hal tersebut???

Anonymous said...

Fuji Zulviana (K11108954/KLP.10)

Dalam program pada kelompok Anda, ada 4 mitra yang terlibat dan ada juga penjelasan mengenai peran dari mitra yang terlibat tersebut. Hanya saja, tidak ada kejelasan mengenai pihak mana yang mendanai program tersebut. Diantara mitra tersebut, manakah yang mendanai program tersebut, bagaimana sistem pembiayaannya dan bagaimana pembagian keuntungannya ??????

maakaasiihhh.....^^

Anonymous said...

Fuji Zulviana (K11108954/KLP.10)

Dalam makalah kelompok Anda, programnya adalah Pengawasan Air Bersih. Apakah program ini sudah mencapai hasil yang dihrapkan oleh pihak penyelenggara ?????
Apakah ada juga tindak lanjut dari program ini ?????

maakssiihhh.....^^

Anonymous said...

Rahmawati/K11108362 klp1
Dalam program ini ada 4 mitra yang terlibat..yang saya ingin tanyakan keuntungan apa yang didapat oleh pihak-pihak yang terlibat dari kerjasama ini??? serta berikan contoh konkret keuntungan yang didapat dari kerjasama ini....

Trimsss.....

Anonymous said...

Amina
K11108932- klompok 9

Dalam maklah anda, terdapat solusi Untuk mengatasi pencemaran pada sumber air bersih di lokasi Diswashing, yaitu salah satunya perlu dilakukan pengecekan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kebocoran pipa..

Yang ingin saya tanyakan, apakah anda bisa sebutkan solusi lain selain dari solusi yang telah anda sebutkan diatas??
mksiihh...

Andi Tilka Muftiah R said...

Andi Tilka Muftiah R (K11108286)/KLP.4

yang ingin sy tanyakan adalah mengenai tujuan dari program ini. menurut saya tujuan dari program yang anda angkat ini kurang jelas. karena tujuan program ini adalah "pengawasan penyediaan air bersih terhadap sarana penyediaan air bersih, kualitas air (fisik, kimia dan bakteriologi) pada PT. Aero Prima Catering Services".
tidak adakah tujuan khususnya yg lebih spesifik??
dan tujuan program anda ini sama dengan judul makalah anda,, yaitu "Pengawasan Penyediaan Air Bersih
pada Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT Aero Prima Catering Services......."
sama kan??
kenapa judul program dan tujuan program sama???

Dan mengapa anda menggolongkan kerjasama program ini dalam Joint Venture?? knp bukan contracting out?? karena kalo joint venture memiliki kontrak kerja yg lama, yaitu 25 tahun atau lebih. sedangkan program anda ini hanya merupakan program tahunan.

makasiihh...

Sulviani said...

SULVIANI/K11108277/KELOMPOK 3

Pada hasil pemeriksaan ditemukan parameter zat organik atau KMNO4 yang tidak memenuhi syarat berarti hasil tersebut termasuk kualitas kimia.. Bagaimana dengan kualitas fisik dan kualitas bakteriologinya, apakah tidak ditemukan paramater yang tidaka memenuhi syarat atau bagaiamana???

Deddy Alif Utama said...

Deddy Alif Utama (K11108274) Klp 3

Dalam Makalah anda dipaparkan bahwa: Untuk mengatasi pencemaran pada sumber air bersih di lokasi Diswashing, perlu dilakukan pengecekan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kebocoran pipa saluran air bersih yang dapat menimbulkan pencemaran pada sumber air bersih tersebut.

Pertanyaan 1: Apakah Kebocoran pipa cuma terjadi pada lokasi diswashing...?? Kalo tidak dmn t4x lg??

Peetanyaan 2: apa saja masalah selain dari masalah kebocoran pipa tersebut? bagaimana cara mengatasi persoalannya??

Anonymous said...

fany sari harnum/k11108030/klompok 9
dalam makalah ada di tulis bahwa telah dilakukan pemeriksaan LAB di mana terjadi pencemaran pada sumber air bersih di lokasi Diswashing. yang saya tanyakan upaya-upaya apa saja yang di lakukan oleh instansi-instansi yg turut andil dalam program ini dalam mengatasi masalah tersebut?????

Nisa said...

Nurul Hairunnisa A/k11108258/klp 2
sebagai tanggapan saya setuju dengan pendapat klp Anda bahwa PPP dalam program ini dalah JV atau joint venture karena dalam hal ini pihak pemerintah dan swasta memadukan kelebihan yang mereka miliki n masing2 mendapatkan keuntungan. namun mungkin yang perlu Anda tambahkan adalah perlu ditentukan pihak mana yang menyediakan dana. ok!

Nisa said...

Nurul Hairunnisa A/k11108258/klp 2
adapun yang ingin saya tannyakan
dakah MOU dalam kerjasama ini? mengingat syarat untuk kerjasama JV harus ada MOUnya.

Nisa said...

Nurul Hairunnisa A/k11108258/klp 2
bagaimana jika tenyata setelah dilakukan pemeriksaan ternyata PT Aero Prima Catering Services ditemukan paramater yang tidak memenuhi syarat kualitas?
dan apasaja upaya yang dilakukan PT Aero Prima Catering Services untuk menjaga kualitas hasil produksinya?
trims nah...

Tugas Partnership said...

ARISKA LARASATY K11108855 KEL 4

Yang ingin saya tanyakan yaitu adakah pembagian hasiL keuntungan dr kerjasama ini ??

karena dalam makalah anda disebutkan ada 4 mitra yg terlibat yaitu :
1.Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar
2. Administrator Pelabuhan/Administrator Bandara
3. PT. Aero Prima Catering Services
4. Balai Laboratorium/BBTKL-P2M

anhi^^ said...

Fajriani Yahya/K11108303/klp 6.

Sebelumx terimakasih atas jawaban dari saudara weldy.....
Selanjutx pertanyaan 2 :

1. Bisakah anda jelaskan secara detail mengenai prosedur kerja dari program tersebut???

2. Bagaimana tingkat keberhasilan dari program ini??? Apakah tujuanx sudah tercapai secara keseluruhan???

Trims....tlng dijawab yach.....^_^

Anonymous said...

Fitriana Rusli ( K111 08032)

setelah saya membaca makalah anda,apa kelebihan dan kekurangan dalam program anda tolong dijelaskan!


sebelumnya makasih.....

Anonymous said...

Fitriana Rusli (K111 08032)

Adapun dalam makalah anda memaparkan tentang hamabatan dalam menjalankan program ini, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara anda mengatasi hambatan yang terjadi dalam saat melaksanakan program ini?

makasih...^_^

Tugas Partnership said...

ROBO RAHANYAMTEL K11109521 KELPK.10 - PERTANYAAN UNTUK KELPK.8
1. Saya melihat program yang tmn2 suguhkam merupakan program tetap tahunan dari kespel, tolong di jelaskan alasan pikiran pokok tmn2 mengambil judul ini ?
2.Model PPP yang anda tampilkan tidak ada hubungannya dengan program yang ada, mohon di jelaskan,,,?
3.Apa sebenarnya peran pokok dari administrator pelabuhan dalam program ini karna saya melihat instansi ni hanya berlaku sebagai penerima laporan hasil kerja sesuai penjelasan tmn2..?
4.Siapa sebenarnya sasaran dari program ini mengingat pemeriksaan catring itu merupakan kewenangan dan tugas tetap dati pihak karantina kesehatan ..????

Anonymous said...

Awaludin Yusran Ely/K11109516/klp8,
Terima kasih atas 4 pertanyaannya,
Jawaban kepada Bapak Robo Rahanyamtel yang terhormat:
1. Untuk Bapak ketahui sesuai dengan kunjungan kelompok kami ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, contoh kerjasama dengan pihak swasta yang di berikan langsung oleh Kepala Bagian Pengendalian Resiko lingkungan yaitu sesuai dengan judul di dalam makalah kami (Kelompok 8).
2. Ada hubungannya, disebutkan dalam bentuk kerjasama joint venture disebutkan bahwa kerjasama bertujuan untuk memadukan keunggulan sektor swasta seperti modal, teknologi dan manajemen dengan keunggulan pemerintah yakni kewenangan dan kepercayaan masyarakat (Anwar, SKM, M.Sc. Prinsip dan prosedur Public Private Partnership Kesehatan Lingkungan, Pedoman Perkuliahan, Jurusan Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hassanuddin 2005.)
. Oleh karena itu kelompok kami menarik kesimpulan bahwa kerjasama antara kantor Kesehatan Pelabuhan dan PT. Aero Prima Catering Services adalah bentuk kerjasama joint venture, karena pihak PT. Aero Prima Catering Services menyediakan jasa katering (modal, teknologi dan kemampuan manajemen) dimana dalam kegiatanya menggunakan air bersih untuk kegiatannya sehari-hari dan Kantor Kesehatan Pelabuhan mempunyai wewenang melakukan pengawasan/pemeriksaan air bersih untuk keperluan katering (keunggulan pemerintah yakni kewenangan dan kepercayaan masyarakat).
3. Dalam makalah kami disebutkan dengan jelas bahwa Administrator Pelabuhan mendapatkan tembusan hasil pengawasan/pemeriksaan yang dilakukan oleh Kantor kesehatan Pelabuhan. Hal ini dikarenakan apabila perusahaan yang bersangkutan tidak mengindahkan hasil daripada pemeriksaan kualitas air bersih yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan maka pihak Administrator Pelabuhan dapat memeberikan teguran berupa surat peringatan, apabila perusahaan tersebut tidak mengindahkan maka dapat diberikan sanksi yang lebih tegas yaitu kegiatan opersional (usaha katering) dari perusahaan di areal pelabuhan dicabut. Untuk bapak ketahui juga Administrator Pelabuhan wajib mengetahui segala kegiatan yang ada di areal pelabuhan karena bukan Kantor Kesehatan Pelabuhan saja yang memberikan laporan kegiatan, instansi Pemerintah/Swasta lain yang beroperasi di pelabuhan wajib memberikan laporan kegiatan mereka kepada pihak Administrator Pelabuhan selaku pengelola pelabuhan.
4. Sasaran dari program ini yaitu konsumen (masyarakat) pengguna jasa katering dari PT. Aero Prima Catering Services, agar air bersih yang dipakai untuk keperluan katering bebas dari toxin (racun) dan mikroorganisme penyebab penyakit(MPN Coliform) yang media penularanya melalui air.

Tugas Partnership said...

Ria Hastuty
K11108869
KELOMPOK 1

disebutkan dimakalah anda bahwa kontrak dilakukan setiap tahun, berarti kontrak ini merupakan kontrak seumur hidup?? atau ada batasan waktu yang telah disepakati??

thx..

nashinda said...

NASHINDA SEAGITA_KIII 08 314
yang ingin sa tanyakan jika hasil pengawasan/ pemeriksaan air bersih oleh Balai Laboratorium/BBTKL-P2M telah terjadi kesalahan dlm pemeriksaan,,ap tindakan pihak Balai Laboratorium/BBTKL-P2M sendiri dlm menangani masalah ni? dan bagaimana jg dg tindakan yg diambil oleh pihak Administrator Pelabuhan/Administrator bandara dan PT. Aero Prima Catering Services selaku pihak yg mengkonsumsi air bersih tsb?

nashinda said...

NASHINDA SEAGITA_KIII 08 314
seperti yg anda paparkan dlm makalah anda,,
pada sarana dan prasarana,,pd bagian pemetaan,,bisa kah anda menjelaskan ~ Lokasi dan luas
 Tipe hidran
 Daerah rawan pencemaran
 Daerah perkembang biakan vektor
syarat2 dalam meneliti air???

Anonymous said...

Novita Santicasari Mumin (K11108516)
kelompok 5

1. Apa kelebihan dan kekurangan dari program tersebt????

2.kendala2 apa saja yg anda hadapi dalam pelakukan/melaksanakan program ini????

trima kasih.....

Anonymous said...

HALIJA BUGIS (K11108536)KLP 9
UNTUK KELOMPOK 8

Apakah ada pemantauan yang dilakukan oleh BALAI LABORATORIUM untuk pemeriksaan kualitas air yang terkontaminasi toxin.kalau ada berapa kali dalam seminggu??????

makasih...........

ai said...

muh. nur aidil
k11108977
klpok 7

apa yang menjadi isi dari IHR tahun 2005?

murni said...

ANDI MURNI AP (K11108302)

TAMBAHAN UNTUK KELOMPOK 8
sebaiknya dalam makalh juga dipaparkan mengenai gambaran umum dari program yang disajikan...

thankyu...

imam said...

imam bachtiar k11108031 klompok 1

program Pengawasan Penyediaan Air Bersih pada Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT Aero Prima Catering Services Oleh Kantor kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar

yang saya ingin tanyakn adalah apa yang melatarbelakangi dari kantor kesehatan pelabuhan (KKP) kelas 1 makssar sehingga memfokuskan hanya pada pengawasan penyediaan air bersih. mengapa tidak pada aspek sanitasi yang lain jg, seperti bahan baku, peraalatan, pengolahan makanan, dsb...
aspek-aspek apak yang di pertimbangkan sehingga hanya di fokuskan pada program tsb..!!!

mksh

Abdul Rahim said...

Abdul rahim mangiri/k11108280/klpk 4
Pada bagian latar belakang,salah satu upaya untuk mencegah penyakit berpotensi wabah yaitu dengan program khususnya pengawasan penyediaan air bersih dari kontaminasi toxin (racun) dan mikroorganisme penular penyakit (MPN Coliform). Bagaimana mekanisme pengawasan dari kedua hal tersebut???

Abdul Rahim said...

Abdul rahim mangiri/k11108280/klpk 4
Pertanyaan 2: Pada program ini dijelaskan bahwa bila di KKP tidak tersedia sumber daya untuk pengawasan/ pemeriksaan kualitas air dapat merujuk ke Balai Laboratorium/ BTKL-P2. Dalam hal ini sumber daya apa saja yang dimaksud???

imam cool said...

Imam Bachtiar K11108031 klmpok 1

pertanyaan 2

sya ingin bertanya tntang kjelasan dr Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT Aero Prima Catering Services...

apakah ini merupakn catering yang ada di pelabuhan atau yang melayani konsusmsi di setiap kapal yg ada di pelabuhan....

karena sesuai dengan pnjabaran tujuan IHR di latar belakang makalah anda sbg pdoman dr kesehatan palbuhan, Guna mengantisipasi ancaman penyakit global serta permasalahan kesehatan masyarakat yang merupakan masalah darurat yang menjadi perhatian dunia, Kantor Kesehatan Pelabuhan dituntut mampu menangkal resiko kesehatan yang mungkin masuk melalui orang, alat angkut, barang termasuk kontainer dari negara lain dengan melakukan tindakan tanpa menghambat perjalanan dan perdagangan

karena itu kebradaan Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT Aero Prima Catering Services harus jelas... dan bagaimanakah menurut klompok anda program pengawasan penyediaan air bersih dr cathering tsb dpat efektif mncegah penyebaran penyakit melalui pelabuhan..!!!!

mksh

Anonymous said...

Muhammad Ayyub M./K11108351/Klp. 1

Seberapa pentingnya Pengawasan Penyediaan Air Bersih dilaksanakan pada Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT Aero Prima Catering Services ?

Apa keistimewaan Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT Aero Prima Catering Services ?

Anonymous said...

Muhammad Ayyub M./K11108351/Klp. 1

Bagaimana jika hasil pemeriksaannya menunjukkan bahwa air di Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT Aero Prima Catering Services kualitasnya tidak memenuhi standar ? utamanya air untuk diminum.

Terima kasih...

yunita manda sari said...

yunita manda sari/k11108019/klp 8

sebelumnya makasih untuk pertanyaan dari saudari Irdawati. saya akan berusaha mencoba menjawab pertanyaan anda:
1. kami mengatakan bahwa bentuk kerja sama dalam program ini adalah joint venture karena program tersebut dilakukan antara pemerintahh dan swasta yang masing2 pihak mempunyai posisi yang seimbang dan keuntungan yang sama. Untuk lebih jelasnya, kami telah paparkan hal ini dalam makalah kami.

2. untuk pertanyaan kedua Anda, yang menanyakan jangka waktu kerja sama yang dilakukan. sesuai data yang kami peroleh bahwa kegiatan pengawasan air bersih ini dilakukan setiap tahun.

semoga Anda bisa menerima jawaban kami. Makasih.......

yunita manda sari said...

Yunita Manda Sari/k11108019/klp 8

jawaban untuk pertanyaan dari Muh Suryanto HY

langsung saja....upaya yang dilakukan yaitu rutin melakukan pemeriksaan terhadap penyediaan air bersih dan untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan mungkin dengan cara yang mengadakan pengambilan sampel adalah org2 yang terlatih dan memang tahu cara yang benar dalam pengambilan sampel. menggunakan alat ukur yang akurat.

sekian, terima kasih....

yunita manda sari said...

yunita manda sari/k11108019/klp 8

jawaban untuk Andi Ekawana AP.
jujur saya kurang mengerti dgn pertanyaan anda yaitu program apa yang digunakan selain joint venture. menurut saya pribaadi, dalam suatu kerja sama hanya bisa menggunakan satu jeni PPP.
Jika maksud pertanyaan Anda adalah program apa saja yang menggunakan Joint Venture, z rasa itu tergantung dari pihak-pihak yang ingin mengadakan kerjasama.

Makasih...

Anonymous said...

Masita Wiyata K11108861 Kel.6

1. Ditemukan parameter zat organik atau KmnO4 tidak memenuhi syarat (TMS) hasil pemeriksaan laboratorium yang terlampir pada hasil pemeriksaan air bersih. Apa tindakan yang diambil oleh KKP dan PT Aero Prima Catering Services untuk mengatasi hal tersebut ?


2. Selaku pihak swasta yang bergerak dalam bidang penyuplai makanan (catering), mendapatkan hasil pengawasan/ pemeriksaan air bersih oleh kantor Kesehatan Pelabuhan berupa sertifikat air bersih/air minum. Apakah pemberian sertifikat air bersih/air minum diberikan setiap kali pemeriksaan atau 1 tahun sekali ? Apabila hasilnya tercemar apakah masih diberi sertifikat ?

yunita manda sari said...

yunita manda sari/k11108019/klp 8

jawaban untuk Rahmawati

sebelumnya kami minta maaf karena dalam makalah ini, kami tidak mencantumkan awal kerja sama (lupa menanyakan, maaf...)
untuk jangka waktunya adalah dilakukan setiap tahun karena telah menjadi program dari KKP Kelas 1 Makassar.

Trims....

yunita manda sari said...

yunita manda sari/k11108019/klp 8

jawaban untuk pertanyaan kedua rahmawati..

keuntungan yang didapatkan untuk pihak KKP Kelas 1 Makassar, yaitu program yang telah direncanakan (program pengawasan air bersih) dapat berjalan lancar sedangkan untuk pihak PT. Aero Prima Catering Service, yaitu mendapat pengawasan terhadap air yang digunakan dalam kegiatan penyuplai makanan.

makasih...

Anonymous said...

TIARA.M.S.PUTIRULAN (K11108541)_KEL.10

Parameter-parameter yang digunakan yaitu parameter kimia, fisika dan biologis..
yang ingin saya tanyakan yang termasuk parameter fisika, kimia dan biologis itu apa saja????????????
tolong dijabarkan.....

makasih,,,

Anonymous said...

Qurnianingsih Detu (K11108859)


dalam makalah anda ada beberapa meitra-mitra yang terlibat, apakah mitra yang terlibat disediakan fasilitas? kalo memang disediakan, apa saja fasilitasnya?

makasiiiiihhhhhhh

Anonymous said...

TIARA.M.S.PUTIRULAN (K11108541)
_KEL.10

yang ingin saya tanyakan,,
dari mana sarana dan prasarana itu diperoleh????
apakah disediakan atau diberikan oleh salah satu mitra yang terlibat???? atau disediakan sendiri oleh badan kesehatan pelabuhan????

makasihhh,,,,

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322

trima kasih sebelumnya buat pertanyaan dari saudari Amina..saya akan mencoba menjawab

Sejauh ini solusi yang terbaik yang dapat dilakukan adalah melakukan pengecekan secara berkala untuk menghindari kebocoran namun jika memang terjadi kebocoran maka hal yang dapat dilakukan adalah mengganti pipa yang bocor tersebut dengan yang baru....selain itu tentu saja merawat dengan baik perpipaan dari sumber air itu sendiri ...
tq

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322

Menjawab pertanyaan saudari Fuji Zulviana

1. Sesuai dengan pemaparan dari makalah kami diatas yaitu program join venture ini mitranya yaitu swasta dan pemerintah memiliki posisi dan mendapat keuntungan yang setara artinya tentu pendanaan dari program ini juga dibagi secara merata 50%-50% ...dan soal pembagian keuntungan maka swasta ( PT Aero Prima Catering Services ) mendapat keuntungan 50% dan sisanya 50% akan diperoleh oleh pemerintah yaitu dalam hal ini 3 mitra pemerintah ( KKP kelas I makassar, Administrator Pelabuhan dan BBTKL-P2M )..

2.saya rasa kerja dari pihak pengawas sudah cukup baik karena mereka berhasil mengidentifikasi adanya pencemaran dalam air seperti pada analisa laboratorium tgl 24 Februari 2010, hal ini membuktikan pihak pemerintah sebagai pihak pengawas serius untuk melakukan pemeriksaan air ini, sehingga jika ditemukan hal seperti ini maka pihak swasta akan mengetahui serta segera mengantisipasi hal ini agar air yang tercemar ini tidak dikonsumsi atau dipakai untuk memasak..

tq. semoga bisa dipahami

Fitriani Sudirman_K11108251_Klp.1 said...

maaf, saya masih kurang jelas dengan jangka waktu kerja sama dalam pelaksanaan program ini yakni setiap tahun jadi apakah maksudnya ini berlangsung selamanya tanpa ada batas waktu tertentu karena melihat kerja samanya yakni joint venture yang sepengetahuan saya jangka waktunya itu 25 tahun...jadi mohon penjelasan dari kelompok anda???

Fitriani Sudirman_K11108251_Klp.1 said...

pertanyaan ke 2:
terkait dengan model kerja samanya yakni joint venture yang pada hakikatnya akan memberikan keuntungan bagi semua pihak yang terlibat sesuai dengan kontribusinya dalam program, yang menjadi pertanyaan saya adalah bagaimana pembagian keuntungan untuk semua pihak melihat dari perannya masing - masing terutama bagi pihak Balai Laboratorium/BBTKL-P2M yang hanya berperan jika di KKP tidak tersedia sumber daya untuk pengawasan/ pemeriksaan kualitas air dapat merujuk ke Balai Laboratorium/ BTKTKL-P2M?????
mohon penjelasannya !!!

selain itu siapa pihak yang menyediakan dana dan sarana / presana yang dipaparkan dalam makalah anda????

terima kasih..^_^

Anonymous said...

Ikratul Kadir (K11108363)
Apa saja kebijakan yang dapat diambil oleh administrator pelabuhan, jiaka ditemukan air yang tidak memenuhi standar kualitas air bersih ??

Anonymous said...

Ikratul Kadir (K11108363)
Apa dampak kesehatan yanh timbul jika di dalam air kelebihan KMnO4 ???

Tugas Partnership said...

Syahrin Gailea(K11109523),Klp 2.
Utnuk teman2 dari klp 8 pada makalah yang anda kemukakan saya mau bertanya pada anda bagai mana sistem kontrol terhadap instalasi penyedian air bersih yang ada,apakah 1 bln sekali,3 bln sekali atau 1 tahun sekal tolong penjalasa dari teman2 klp 8....

Tugas Partnership said...

Damayanti Sima Sima Sohilauw (K11109520) Kelompok 3

Ass...
buat kelompok 8
1) bagaimana bentuk pembagian hasil yang diterapkan?? selain kendala yang berasal dari petugas dan oprasional yang ada.. apakah kendala tidak adanya monitoring atau pengontrolan terhadap tingkat keberhasilan program ini, tidak menjadi kendala dalam pelaksanaan program dalam mencapai tujuan yang diharapkan????
2) penyandang dana dalam kerjasama ini siapa??? program ini dilaksanakan setiap tahun dan dalam setahun dilaksanakan pemeriksaan sebanyak 6 kali. berarti pengambilan dan pemeriksaan yang dilakukan selama tahun 2010 yang dimulai dari bulan februari pasti ada laporannya. apakah dari awal pemeriksaan hingga sekarang terjadi peningkatan jumlah kandungan zat organik dan zat2 yang lain ataukan berkurang???
kalau bisa tolong dilapirkan??? agar dapat diketahui apakah program yang dilaksanakan ini berjalan dengan baik atau tidak dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai...

thank's be 4..... wassalam

Anonymous said...

M Fadly Kaliky (K11109518)KLPK 9 Friday, 4 June 2010
Pengawasan Penyediaan Air Bersih
pada Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT Aero Prima Catering Services
Oleh Kantor kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar. dalam pembahasan ini tdk ada kerjasama dng pihak swasta karena program ini adalah program tahunan oleh kantor kesehatan pelabuhan. bgm dengan patnershipnya???

Anonymous said...

Muhammad Zulfikar K11108102

dalam point " hambatan dlm pelaksanaan", tercntum slah satu hambatan dlm sistem kerjasama ini adalah kendaraan operasional yg mngatakan apabila rusak sangat mmpengaruhi mobilitas dari petugas kegiatan.adakah upaya yg d lakukan oleh petugas pelaksana dalam menangani hambatan tsb. mhon penjelasanx!!!!!
trimzZ

Sulviani said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Iin Mutmainnah K11108970 kel.1
Yang mau saya tanyakan adalah apakah hanya pengawasan dan pemeriksaan yang di programkan dalam kegiatan yang di lakukan di PT. Aero Prima Catering Services??? Terus apa yang dilakukan jika pada pemeriksaan airnya ditemukan mikroorganisme yang dapat mencemari air????
makasihhhh.....

yunita manda sari said...

yunita manda sari/k11108109/klp 8

jawaban untuk A. Tilka Muftiah

Dari data/informasi yang kami dapatkan, kami tidak memperoleh data mengenai tujuan khusus. Untuk tujuan dalam makalah kami, yaitu untuk mengawasi penyediaan air bersih terhadap sarana penyediaan air bersih, kualitas air (fisik, kimia, dan bakteriologi) pada PT. Aero PrimaCatering Service. Ada sedikit kesalahan konteks kalimat (penngawasan seharusnya mengawasi)

mengapa bukan contracting out karena dalam program ini, kedua pihak memiliki peran yanng seimbang sedangkan sepengetahuan kami klo contracting out, pemerintah memiliki wewenang apakah dia yang membiayai sepenuhnya, tugasnya hanya mengawasi ataukah swasta yang membiayai. Masalah waktunya, yang kami dapatkan bahwa program ini berlangsung setiap tahun tapi entah sampai tahun ke berapa. Kami lupa menanyakannya. Maafff....

yunita manda sari said...

yunita manda sari/k11108019/klp8

jawaban untuk Sulviani

Untuk hasil pemeriksaan fisik dan bakteriologi, bisa dikatakan memenuhi syarat. Karena hasil lab yang diserahkan kepada PT. Aero Prima Catering Service hanya hasil pemeriksaan parameter kimia yang menyebutkan bahwa kuallitas air untuk parameter tersebut tidak memenuhi syarat.

makasih...

adHI said...

AKHMAD RIYADI K111 08353 KLP 2

yg ingin sy tanyakan apa tindak lanjut dari hasil pemeriksaan sampel air bersih tersebut???

makasih

Anonymous said...

fany sari harnum/k11108030/klompok 9
berdasarkan makalah anda bahwa pengambilan sampel di Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT. Aero Prima Catering Services ....apakah kualitas airnya tercemar???dan apa saja kendala-kendala yang di hadapi dalam menjalani program ini?????

yunita manda sari said...

yunita manda sari/k11108019/klp 8

jawaban untuk pertanyaan Fitriana Rusli
pertanyaan 1
menurut saya, kelebihan yang diperoleh dari program ini yaitu rasa lega dari masyarakat yang menggunakan jasa PT. Aero Prima Catering Service karena telah dilakukan pemeriksaan thdp sumber air yang digunakan jadi mereka tidak perlu khawatir. untuk kekurangannya, mungkin dalam pelaksanaan ini bisa saja ada petugas yang lalai dalam sehingga hasil yang diperoleh kurang akurat.

pertanyaan 2...
sebelumnya sudah ada yang menanyakan hal ini dan telah dijawab oleh teman saya, Wheldy. Bisa langsung dilihat...

makasih...

yunita manda sari said...

yunita manda sari/k11108019/klp 8

jawaban untuk pertanyaan Novita Santicasari..

untuk pertanyaan Anda yang 1, telah ditanyakan oleh teman yang lain dan telah dijawab.
untuk pertanyaan 2, sudah dilampirkan dalam makalah yaitu pada point hambatan dalam pelaksanaan. makasih...

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322

menjawab pertanyaan saudari Fitriani Sudirman :
Ya memang benar bahwa kerjasama ini dilakukan setiap tahun dan soal lamanya kerjasama dalam joint venture seperti kita ketahui bahwa dalam Joint venture kerjasama dilakukan dalam jangka waktu minimal 25 tahun dan sejauh kami tahu bahwa kerjasama ini akan dilakukan terus artinya bisa jadi akan melebihi 25 tahun .tq

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322

Menjawab pertanyaan saudara Dedy Alif Utama :
Jwaban 1 : Memang benar bahwa kebocoran pipa bisa terjadi dmana saja bukan hanya di lokasi diswashing, kebocoran pipa ini bisa juga terjadi di lokasi pembuangan limbah namun kami hanya berfokus pada kebocoran di lokasi diswhasing karena kebocoran di lokasi ini yang paling mengakibatkan pencemaran atau kontaminasi terhadap makanan atau peralatan makan di PT. Aero ..sedangkan kebocoran di pembuanagn limbah tidak menjadi masalah berat dan ditambah lagi kebocorannya juga jarang terjadi..

jawaban 2 : untuk pertanyaan 2 sama seperti pertanyaan 1 saudari Fajriani yahya dan sudah dijawab diatas ...coba dibaca dibagian atas
trimakasih

Anonymous said...

Suzan Meydel Alupaty
K11108514
Klmpk 4
dlam mklah ini,,dipaparkan bahwa ada bberapa hambatan/kendla dlm pelaksanaan program ini....
yg ingin sy tanyakan,,,apakah ada upaya-upaya untk mengtasi kendla tersebut.
mksih......

Anonymous said...

Suzan Meydel Alupaty
K11108514
Klmpk 4
yg ingin sya tanyakan apa kekurangan dan kelbihan dr program ini?

mksh......

Anonymous said...

VINNA.MAIRUHU_K11108520_KLMPK 7

Dalam makalah anda menyebutkan bahwa Hot Kitchen, Pastry dan Diswashing PT. Aero Prima Catering Services ditemukan parameter zat organik atau KmnO4 tidak memenuhi syarat (TMS) hasil pemeriksaan laboratorium yang terlampir pada hasil pemeriksaan air bersih.
pertanyaan saya ;
menurut klmpk anda, adakah dampak yang ditimbulkan dari zat organik/KmnO4 tersebut,,,????

makasih

^weLdhy^ said...

weldhy/K11108322

menjawab pertanyaan II saudari Fajriani YAhya

1. Untuk prosedur kerja secara umum antara lain :
a. Pengambilan sampel air bersih ( dilakukan KKP kelas I Makssar )
b. Pemeriksaan sampel di laboratorium ( dilakukan BBTKL-P2M)
C. Pelaporan hasil pemeriksaan Lab terhadap sampel air ( dilakukan KKP kelas 1 Makssar )
d. Mengeluarkan sertifikat air bersih untuk PT.Aero jika sampel bebas pencemaran atau mengeluarkan peringatan atau pemberitahuan jika sampel dinyatakan terkontaminasi bahan pencemar baik kimia, fisika ataupun biologis .

2. soal keberhasilan program saya rasa sudah cukup berjalan baik terbukti mereka berhasil mengidentifikasi adanya pencemaran dalam air seperti pada analisa laboratorium tgl 24 Februari 2010, hal ini membuktikan pihak pemerintah sebagai pihak pengawas serius untuk melakukan pemeriksaan air ini, sehingga jika ditemukan hal seperti ini maka pihak swasta akan mengetahui serta segera mengantisipasi hal ini agar air yang tercemar ini tidak dikonsumsi atau dipakai untuk memasak..

trimakasih banyak

Anonymous said...

ELSA.SAPULETTE_K11108533_KLMPK 8

saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari ;
Ikratul Kadir (K11108363) dan Vinna Mairuhu (K11108520)

Apa dampak kesehatan yan timbul jika di dalam air kelebihan KMnO4 ???

efeknya bagi manusia yaitu dapat menyebabkan kerusakan pada organ berikut: ginjal, hati, kulit, sistem saraf pusat.

Anonymous said...

apakah ada solusi lain yg bisa anda tawarkan ,, selain solusi yg ada di hasil saudara kel 8 ??

2 . apakah :1. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar
2. Administrator Pelabuhan/Administrator Bandara
3. PT. Aero Prima Catering Services
4. Balai Laboratorium/BBTKL-P2M
akan menganti model pengawasan yang suda ada , agar tercapai tujuan tersebut

Anonymous said...

ahmad faaris humaan - k11108285
bagaimana dengan keterlibatan pemkot kota makassar dalam programm ini???

Anonymous said...

ahmad faaris humaan = k11108285
apa dsaar kelompok anda mengatakan bahwa PPP yang digunakan adalah joint venture sedangakn tidak dijelasakannya siste pembiayaan janka waktu kontrak, dan pembagian keuntungan....

Anonymous said...

PETRICK S MANUPASSA K111 08 501 KEL 4

1. apakah ada solusi lain yg bisa anda tawarkan ,, selain solusi yg ada di hasil saudara kel 8 ??

2 . apakah : Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar
,, Administrator Pelabuhan/Administrator Bandara
, PT. Aero Prima Catering Services
, Balai Laboratorium/BBTKL-P2M
akan menganti model pengawasan yang suda ada , agar tercapai tujuan tersebut DAN efek dari Penyediaan Air Bersih yg tercemar yg ada di hasil anda ???

Anonymous said...

elsa.sapulette/k11108533

untuk pertanyaan saudari Susan Alupaty (k11108514)
_Apa kekurangan dan kelbihan dr program ini?

sebelumnya sudah ada pertanyaan tentang hal tersebut dan telah di jawab, yaitu ;
_Kelebihan yang diperoleh dari program ini yaitu rasa lega dari masyarakat yang menggunakan jasa PT. Aero Prima Catering Service karena telah dilakukan pemeriksaan thdp sumber air yang digunakan jadi mereka tidak perlu khawatir. _Kekurangannya, mungkin dalam pelaksanaan ini bisa saja ada petugas yang lalai dalam sehingga hasil yang diperoleh kurang akurat.

^weLdhy^ said...

weldhy/K111

Menjawab pertanyaan saudari Susan dan menambah jawaban dari teman saya elsa

1. Soal kendala-kendala dan solusinya sudah banyak dipaparkan diatas contohnya soal solusi sudah saya jawab untuk pertanyaan yang sama dari saudari Fajriani Yahya..coba dibaca dibagian atas..tq
2. adapun kelebiahn dan kekurangan dari joint venture
a.kelebihannya ; biasanya kerjasama ini berjalan selalu sukses atau baik sebab memadukan kelebihan dari masing-masing mitra sehingga masing-masing mitra bekerja sesuai tugasnya tanpa tumpang tindih.
b. kekurangan ; jika ada satu mitra yang tidak bekerja atau tidak melaksanakan tugasnya maka otomatis kerjasama ini menjadi percuma atau tidak berhasil sebab semua mitra sama-sama diperlukan.
tq

Anonymous said...

VINNA.MAIRUHU_K11108520_KLMPK 7

PERTANYAAN ;
Bagaimana tingkat keberhasilan dari program ini???
Apakah tujuanx sudah tercapai secara keseluruhan???



MAKASI

Anonymous said...

Harlina Lebang_K11108564_klp 2

apakah ada solusi lain yg bisa anda tawarkan?

thanks........

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322

menjawab pertanyaan saudari Fany Sari

ketika pada sampel air ditemukan bahan pencemar maka tugas instansi terutama Kantor Kesehatan Pelabuhan melaporkan hasil laboratorium ini kepada Administrator Pelabuhan , kemudian administrator pelabuhan mengambil tinda lanjut seperti memperingati atau memberitahukan kepada pihak PT.Aero sehingga airnya jangan dipakai dahulu untuk memasak sebelum air itu benar-benar bebas dari bahan pencemar....sedangkan kantor kesehatan pelabuahn bertugas mencari tahu penyebab pencemaran sehingga mudah untuk mencari solusinya ..

trimakasih

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322

menjawab pertanyaan 1 saudari Nashinda Seagita

Jika memang dalam pemeriksaan sampel ternyata BBTKL-P2M melakukan kesalahan maka pihak BBTKL-P2M harus mempertanggungjawabkan keaslahan mereka dengan melakukan pemeriksaan ulang kemudian mengklarifikasi tentang kesalahan mereka sehingga pihak yang dirugikan yaitu PT.AERO diperbaiki nama baiknya yang sudah tercoreng..Hal ini juga menjadi tugas administrator pelabuhan untuk memperbaiki nama baik PT.Aero dimata para konsumennya..
trimakasih

^weLdhy^ said...

Weldhy K11108322

Menjawab pertanyaan 1 saudara Imam Bachtiar :
Mengapa KKP kelas 1 makassar hanya memfokuskan pada pemeriksaan air saja , memang kami belum menanyakan hal itu pada pihak KKP tapi saya mencoba menjawab bahwa saya rasa sangat realisitis bahwa dalam pengolahan makanan hal yang paling penting adalah apakah air yang digunakan bersih atau tidak karena air bersih selalu diperlukan baik itu dalam pengolahan makanannya, penyajiannya maupun dalam sanitasi alat makanan bahkan sanitasi tempat juga berhubungan dengan air karena itu mereka lebih focus dahulu terhadap pemeriksaan air dan jika pemeriksaan air ini sudah berjalan baik maka tidak menutup kemungkinan akan berlanjut ke pemeriksaan sanitasi dsb…
trimaksaih

Anonymous said...

khairunnisaa'thahir/k11109525/klp 8

mnjawab prtanyaan untuk saudara ....yg menanyakan tentang masa kontrak prusahaan
ada dan semua itu d atur dalam kontrak, kontrak ini tidak berlaku seumur hidup tp tergantung dari kontrak kerja yg telah d spakati antara pihak prtama dan pihak kedua
jawaban pertanyaan saudari irdawati sunti...
karena d sini kedua belah pihak masing2 mdapat keuntungan dan pmbagian keuntungan 50 :50 tidak sperti program lain

Lely said...

Lely Zuraidah K11108318

untuk pertanyaan saudara Vinna ,
Tujuan dari program ini,sudah tercapai. kantor kesehatan pelabuhan dengan rutin memeriksa 2 bulan sekali dan memberikan teguran kepada Pt Aero jika terdapat kontaminan dalam air bersih PT Aero

Lely said...

Lely Zuraidah K11108318

untuk pertanyaan saudara Rahim :
maksudnya adalah jika tidak tersedia alat untuk memeriksa suatu indikator air, maka pemeriksaannya dilakukan di Balai laboratorium.

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322
Menjawab pertanyaan saudari Tiara
1. Parameter yang digunakan dalam pemeriksaan air dalam kerjasama ini mangacu pada Keputusan Menteri kesehatan RI Nomor : 907/MENKES/SK/VII/2002 Tanggal: 29 Juli 2002 tentang persyaratan kualitas air minum..namun karena kami sulit mempostingnya disini maka saya akan mencoba merinci secara umum:
a. Parameter bakteorologis meliputi adanya bakteri E.Coli atau fecal coli serta total bakteri Coliform dalam air
b.Parameter fisika meliputi warna, rasa dan bau, temperature serta kekeruhan.
c.Parameter kimia meliputi bahan inorganic,organic,peptisida, desinfektan dan hasil sampingannya

2.Saya rasa untuk sarana dan prasarana disediakan sendiri oleh Mitra itu misalnya untuk kendaraan operasional petugas tentu disediakan oleh KKP atau barang-barang lab disediakan oleh BBTKL-P2M.
Trimakasih banyak

Lely said...

Lely Zuraidah K11108318

untuk pertanyaan Tiara :
Indikator-indikator fisik,kimia, dan biologis contonya adalah pH(fisik), KMno4(kimia), sertya e.coli( biologi). indikator lengkapnya dapat anda lihat di permenkes no 416.

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322
Menjawab pertanyaan 2 Ikratul Kadir sola kebijakan administor pelabuhan jika ditemukan sampel air yang tercemar sebenarnya sudah dipaparkan oleh anggota kelompok kami Bpk. Awaludin Yusran Ely atas pertanyaan yang sama dari Bpk. Robo Rahanyamtel pada no. 3 …tolong dibaca disitu
trimakasih

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322

Menjawab pertanyaan ibu Syahrin Gailea tentang waktu pengontrolan sebenarnya dalam pemeriksaan air berupa pengambilan sampel yang dilakukan pada 2 bulan sekali sudah termasuk pengontrolannya jadi dapat disimpulkan bahwa pengontrolannya juga dilakukan 2 bulan sekali.

trimakasih

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322

Untuk pertanyaan saudara Muhammad Zulfikar sebenarnya pertanyaan ini masih berhubungan dengan pertanyaan 1 saudari Fajriani Yahya dan sudah kami jawab di bagian atas ..tolong dicek jawabannya dibagian atas

terimakasih

^weLdhy^ said...

Weldhy/K11108322
Menjawab pertanyaan saudara Akhmad Riyadi tentang tindak lanjut dari hasil pemeriksaan sampel ada 2 yaitu :

1.Jika sampel ditemukan ada bahan pencemar maka pihak administrator berhak memperingati atau memberitahukan bahwa air yang dipakai oleh PT.Aero berbahaya untuk dikonsumsi sehingga PT.Aero diharapkan mencari solusi dengan bantuan KKP kelas I Makassar.

2.Jika ternyata tidak ditemukan adanya bahan pencemar maka pihak Administrator Pelabuhan juga harus membuat sertifikat air bersih untuk PT. Aero Prima Catering Services.

Terimakasih banyak

Anonymous said...

Qurnianingsih Detu K11108859

bagaimana pengawasan penyediaan air bersih dan distribusinya. .sudah berjalan dengan maksimal?

Anonymous said...

khaerunnisaa tahir/k11109525/klpk8
menjawab pertanyaan Qurnianingsih program ini sudah berjalan dengan baik dan maximal buktinya bisa kita lihat pada dengan suksesnya pt aero prima pda saat pnylnggaraan pnydiaan makanan minuman diasrama haji sudiang dissat musim haji dan tidak adanya kejadian penyakit yang disebabkan oleh mamin pada saat musim haji berlangsung

Anonymous said...

Muh.Aripaui(k111 08 348)kelommpok 10 Dalam makalah anda, anda memaparkan bahwa Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar sebagai Pengawas/ pemeriksa kualitas air, pertanyaan saya berapa kalikah dilakukan pemeriksaan di tempat tersebut selama pelaksanaan program.

Anonymous said...

Muh.Aripai(k111 08 348)kelommpok 10
Kapankah waktu pelaksanaan program ini dan apakah program ini masih berjalan sampai sekarang ?

Tugas Partnership said...

Diah Sekarsari/K11109522/klmpok 5

bagaimana bentuk sistem pengontrolan yang dilakukan setiap dilakukannya pengawasan penyediaan air bersih aapada kantor kesehatan pelabuhan (KKP) kls 1 kota makassar?? karena tidak terdapat tim pemantau (monitoring).

Anonymous said...

Algretz Salamahu_k11108544_klmpok 4

SAran: tujuan umum dan kkhususx,,,,,,
komentar: apakah hanya parameter zat organik yang diperiksa n dtmukkan,,,, pertanyaaan saya: apakah yang perlu dilakukan untk meminimalisir zat2 trsbut?

Delon Jarot said...

Natalon D. Terinathe/K11108517/klpk 6

Pertanyaan 1: Berapa lamakah waktu yang dibutuhkan dalam melakukan proses kerjasama ini?

Pertanyaan 2: Dalam melakukan pengambilan sampel disebutkan bahwa dilakukan selama 2 bulan sekali. Apakah tidak bisa lebih dari itu? Misalnya 3 bulan atau 4 bulan sekali tolon di Jelaskan

Anonymous said...

HENTJE TUHETERU
K11108504
klmp 5

coba anda jelaskan jalan keluar dari hambtan_hambatan yang anda paparkan di maklah anda...
karna yang saya lihat di sni hanya maslahnya,,,

Anonymous said...

HENTJE TUHETRU
K11108504
klmp 5

1 ) dari mana sumber dana dari program ini...

2) pihak mana yg paling bertanggung jawab,,, apabila program ini mengalami hambatan yang serius (terancam gagal )
mohon penjelasannya,,,

Tugas Partnership said...

Sriadriana Muin/K11109519/Klp 2.

Budaya kerja bangsa kita membuat kerjasama jenis Joint Venture biasanya tidak berhasil, seperti yang termuat dalam makalah anda misalnya petugas pengambil sampel yang molor dari jadwal. Adakah sanksi yang diberikan kepada setiap mitra yang tidak memenuhi/mangkir dari kewajibannya?

Tugas Partnership said...

Sriadriana Muin/K11109519/Klp 2.

Jika (katakanlah) PT Aero Prima Catering Services terbukti menggunakan air yang tercemar, apakah kerjasamanya dihentikan? Atau pencemaran itu 'ditanggulangi' bersama?

Anonymous said...

Syamsir (K11108315) Klp. 7

Jika anda mengatakan bahwa jenis patnership program anda adalah join venture, tolong berikan penjelasan tentang pembagian keuntungan antara kedua belah pihak ?

Anonymous said...

Syamsir (K11108315) Klp. 7

Apakah dalam patnership dalm program makalah anda tidak ada kerjasama dinas kesehatan, tolong jelaskan ?

Tugas Partnership said...

Hidayani (K11109527) klp 7
Pertanyaan Pertama
Untuk mengatasi pencemaran pada sumber air bersih di lokasi Diswashing, perlu dilakukan pengecekan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kebocoran pipa saluran air bersih yang dapat menimbulkan pencemaran pada sumber air bersih tersebut,yang ingin sy tanyakan disini berapa kali pengecekan ini dilakukan dalam sebulan ?
Pertanyaan kedua
Langkah-langkah apa yang dilakukan dalam menghadapi hambatan yang dihadapi ??

Anonymous said...

SEPRI PONNO
K11106060
Sumber air bersih yang di gunakan dari mana??
cara pengawasannya seperti apa???

TUGAS MATA KULIAH PARTNERSHIP JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN FKM UNHAS 2010