Thursday 21 May 2009

TANJUNG BUNGA AS MARINE TOURISM

KELOMPOK 9

UMMU KALSUM UKKAS K111 08 578
LABASRI K111 08 590
SARAH NUR IKHLAS K111 06 090
RINA FITRIANTY.A K111 07 603
HETTI ISMA.S K111 07 619
HANANANG WALIYAH K111 07 024


BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG


Sulsel memiliki berbagai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.
Potensi tersebut meliputi potensi geografis (Sulawesi Selatan merupakan pintu gerbang Kawasan Indonesia Timur, pusat lalu lintas udara dan laut antara kawasan barat Indonesia dengan kawasan timur Indonesia-red), potensi sumberdaya manusia (Sulsel pada 2006 berpenduduk 7.629.138 jiwa, penduduk usia kerja 5.257.238 orang, angkatan kerja 3.005.723 orang, serta tenaga kerja 2.738.732 orang.
Selain itu, Sulsel juga memiliki potensi sumberdaya alam, dalam bidang pertanian, perkebunan dan kehutanan, perikanan dan kelautan, pertambangan, serta pariwisata.
Potensi sumberdaya infrastruktur yang dimiliki Sulsel terutama Bandar Udara Hasanuddin yang bertaraf internasional di Makassar, dan beberapa bandara perintis di kabupaten.
Sementara potensi pariwisata yang dimiliki dan banyak dikunjungi wisatawa mancanegara, antara lain Benteng Ujungpandang (Fort Rotterdam) di Makassar, obyek wisata budaya di Tana Toraja, serta pembuatan kapal tradisional perahu Phinisi, pantai pasir putih Tanjung Bira, dan wilayah adat Ammatoa Kajang di Bulukumba.dari berbgai potensi yang dimiliki SUL-SEL inilah akan menarik banyak wisatawan. Tanjung bunga sebagai salah satu objek wisata kota Makassar menjadi salah satu pilihan dimana tempat ini ramai dikunjungi banyak orang karena penataanya yang artistic serta digunakan sebagai ajang menarik wisatawan asing maupun wisatawan local. Berdasarkan jenisnya, Kawasan Tanjung Bunga termasuk ke dalam kategori Wisata Alam yang berjenis Wisata Pantai (Marine tourism), merupakan kegiatan wisata yang ditunjang oleh sarana dan prasarana untuk berenang, memancing, menyelam, dan olahraga air lainnya, termasuk sarana dan prasarana akomodasi, makan dan minum.

B. TUJUAN DAN SASARAN
1.Tujuan

Mengidentifikasi potensi pariwisata di kawasan Tanjung Bunga untuk pengembangan Kota Makassar ke depannya. Selain pengembangan menjadi kota baru yang merupakan kawasan permukiman, pariwissata dan bisnis.

2. Sasaran
a.Agar kawasan Tanjung Bunga dapat berkembang di kemudian hari sebagai kota pariwisata yang dapat meningkatkan PAD Kota Makassar.
b.Rumusan potensi pariwisata di kawasan Tanjung Bunga dapat dijadikan salah satu arahan bagi penataan kawasan pariwisata lainnya

BAB II PEMBAHASAN
A.PROGRAM ”TANJUNG BUNGA AS MARINE TOURISM

Kawasan Pariwisata Tanjung Bunga yang saat ini tengah dikembangkan sebagai kota baru oleh pemerintah kota Makassar. Seperti yang tercantum dalam Peraturan Daerah Kota Makasar Nomor 6 Tahun 2006 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Makassar 2005-2015 bahwa yang dimaksud dengan Kawasan Bisnis dan Pariwisata Terpadu adalah KT yang diarahkan dan diperuntukkan sebagai kawasan dengan pemusatan dan pengembangan berbagai kegiatan bisnis dan pariwisata yang dilengkapi dengan kegiatan-kegiatan penunjang yang lengkap yang saling bersinergi dalam satu sistem ruang yang solid.
Sementara Pengembangan Kawasan Bisnis dan Pariwisata Terpadu, yang berada pada bagian tengah Barat Kota, mencakup wilayah Kecamatan Tamalate. Dalam Strategi Pengembangan Tata Ruang yang terdiri dari Misi dan Strategi Pengembangan Tata Ruang Kota, yang menjadi misi Kawasan Bisnis dan Pariwisata Terpadu adalah melakukan peninjauan kembali (review) terhadap Masterplan Tanjung Bunga, mengendalikan kegiatan pemanfaatan ruang sesuai penetapan fungsi kawasan sebelum dan sesudahnya. Program “Tanjung Bunga As Marine Tourism” adalah bentuk kerjasama antara PEMDA,GMTDC dan Dinas Pariwisata Kota Makassar yang bertujuan untuk Mengembangkan kawasan Danau Tanjung Bunga menjadi kawasan wisata publik dan kawasan olahraga air berstandar Internasional dengan atmosfir yang berwawasan lingkungan.

B. TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM ”TANJUNG BUNGA AS MARINE TOURISM”

1. TUJUAN
Adapun tujuan dari program ini adalah :
-Mengembangkan Kawasan Tanjung Bunga sebagai kawasan wisata public yang berwawasan lingkungan
-Meningkatkan jumlah wisatawan baik local maupun mancanegara
-Memberikan motivasi/dorongan kepada masyarakat agar mencintai wisata dan budayanya sendiri

2.SASARAN
Sasaran dalam program kerja ini adalah kepada terciptanya kawasan pariwisata yang nantinya bertaraf internasional serta menarik lebih banyak wisatawan untuk ke kota Makassar. Sasaran lainnya adalah :
Terlaksananya prioritas pembangunan yang didasarkan atas keunggulan potensi kota.
1.Terselenggaranya paket pembangunan yang terintegrasi dan membentuk lingkungan yang memiliki daya tarik.
2.Terwujudnya masyarakat Sadar Wisata dan kondisi Sapta Pesona.
3.Terwujudnya kualitas dan daya saing industri pariwisata sebagai andalan perekonomian.
4.Terwujudnya kesempatan berusaha dan lapangan kerja serta iklim kewirausahaan yang mendukung kepariwisataan.

C. ORGANISASI MITRA YANG TERLIBAT
1. GMTDC
2. Dinas Pariwisata Kota Makassar
3.Pemerintah Daerah Kota Makassar


D. BENTUK KEMITRAAN
Adapun bentuk kemitraan yang digunakan adalah join venture dimana masing-masing pihak dalam hal ini saling bekerjasama melaksanakan kegiatan ini.

E.PERAN MITRA YANG TERLIBAT


1.GMTDC dalam hal ini berperan sebagai pihak Swasta dimana dalam hal pendanaan,pengoperasian infrastruktur ditanggung olehnya.
2. Dinas Pariwisata Kota Makassar dalam hal ini berperan sebagai pihak promotor wisata tanjung bunga untuk menarik wisatawan baik local maupun mancanegara
3. Pemerintah daerah kota Makassar dalam hal ini berperan sebagai pihak pengawas terselenggaranya pembangunan yang terintegrasi dan didasarkan akan potensi kota Makassar sebagai daerah wisata.

F. PELAKSANAAN KEGIATAN

Dalam pelaksanaan kegiatan ‘Tanjung Bunga As Marine Tourism kegiatan yang dilaksanakan adalah
1.Tahap perencanaan dengan mengadakan semiloka antara pihak-pihak ynag terkait
2.Tahap pelaksanaan kegiatan yng dilakukan diantaranya pembangunan fasilitas olah raga air yang bertaraf internasional
3.Pembangunan sarana rekreasi khusus anak (kolam renang anak)
4.Pembangunan Drainase, pembuangan saluran kotor,
5. Mengadakan event lomba perahu layar se Sulawesi-Selatan serta lomba kuliner masakan khas kota Makassar yang pelaksanaanya di Anjungan Pantai Losari yang nantinya akan dilaksanakan pada hari jadi kota Makassar yang ke 401

G. EVALUASI KEGIATAN

Dari hasil kegiatan yang dilaksanakan maka dapat dievaluasi bahwa semua infrastruktur seperti fasilitas olah raga air, sarana rekreasi anak, pembangunan Drainase,pembuangan saluran kotor terlaksana dengan baik yang sampai saat ini telah digunkan dan memberikan tambahan bgi devisa kota makassar kemudian tidak hanya itu event yang dilaksanakan berhasil terbukti dengan meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara mencapai 30% serta meningkatnya kunjungan local

BAB III PENUTUP
A.KESIMPULAN

Potensi pariwisata yang ada di wilayah tanjung bunga umumnya telah memenuhi standar pembangunan yang ada.hal itu dapat kita lihat dari tersedianya berbagai Fasilitas dan pelayanan transportasi Meliputi transportasi akses dari dan menuju kawasan wisata, transportasi internal yang menghubungkan atraksi utama kawasan wisata dan kawasan pembangunan, termasuk semua jenis fasilitas dan pelayanan yang berhubungan dengan transportasi darat, air.
Pantai yang menjadi pusat pariwisata sudah dilengkapi beberapa fasilitas pelayanan, fasilitas pelayanan yang ada antara lain rumah-rumah, penginapan yang biasa digunakan pengunjung pada waktu melakukan wisata, fasilitas tempat makan, warung-warung, sewa ban untuk berenang dan sebagainya. Hanya saja fasilitas tersebut perlu ditingkatkan untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung dalam rangka meningkatkan potensi pariwisata. Daerah wisata tersebut sudah dilengkapi dengan infrastuktur yang memadai Infrastruktur yang dimaksud adalah penyediaan air bersih, listrik, drainase, saluran air kotor, telekomunikasi (seperti telepon, telegram, telex, faksimili, dan radio)

B.SARAN
Disarankan agar pelayanan infrastruktur dari Pengelola Tanjung Bunga ditingkatkan agar kedepannya akan menjadi salah satu objek wisata yang bertaraf internasional.


DAFTAR PUSTAKA
Potensi Pariwisata Kawasan Tanjung Bunga Kota Makassar
http:/ /www.Rika.blogspot.com

Pariwisata adalah Jembatan
http:/ / lanskap-pedoman rakyat.blogspot.com

Artikel ‘Tanjung Bunga’ Dinas Pariwisata Kota Makassar

51 comments:

Anonymous said...

NURAMANAH.Y/K11107677/KELOMPOK 7

1.PAKAH PROGAM "TANJUNG BUNGA AS MARINE TOURISM" telah berhasil,dan apakah ada kendala yang dihadapi kalau ada sebutkan?
2.kalau ada kendalanya bisa anda sebutkan upaya yang diambil umtuk mengatasinya?

Anonymous said...

Febriyana Rahima Nurlette/(K11108588/Tubel)/Kelompok 7.
1. Disebutkan bahwa sasaran dr program Tanjung Bunga As Marine Tourism adlah terciptnya kawasan pariwisata yg bertaraf internasional. apakah sasaran ini tercapai ?? dan tlg berikan deskripsi kawasan pariwisata bertaraf intenasional itu seperti apa ?? apakah ada indikator2 tertentu sehingga suatu kawasan pariwisata dpt dikatakan bertaraf internasional ??
2. Masih menyangkut sasaran dr program Tanjung Bunga As Marine Tourism, slh satu sasaran lainnya adlh terwujudnya masyrkt sadar wisata dan kondisi sapta pesona. tlg dijelaskan kondisi sapta pesona itu yg bagaimana ??

Anonymous said...

Febriyani Fatima Nurlette/(K11108587/Tubel)Kelompok 8.
1. Slh satu mitra yg terlibat dlm program Tanjung Bunga As Marine Tourism adlah Pemda Kota Makassar yg berperan sebagai pihak pengawas terselenggaranya pembangunan yg berintegrasi. Tlg dijelaskan bentuk pengawasan yg dilakukan oleh Pemda Kota Makassar itu seperti apa ??
2. Slh satu kegiatan yg dilakukan dlm program Tanjung Bunga As Marine Tourism diantaranya adalah pembangunan fasilitas olah raga air yg bertaraf internasional. Sebutkan fasilitas2 olah raga air apa sj yg dibangun yg bertaraf internasional tsb ??

nhaiyha said...

1.saya ingin bertanya kepada klpk 9.
coba anda jelaskan apakah dalam program ini sudah berjalan dengan baik..?
dan apa-apa saja kendala yang dihadapi dalam
menjalankan program ini?

nhaiyha said...

FITRIYANA K11107621 KLpk 5
1.saya ingin bertanya kepada klpk 9.
coba anda jelaskan apakah dalam program ini sudah berjalan dengan baik..?
dan apa-apa saja kendala yang dihadapi dalam
menjalankan program ini?

indra ajah said...

indra wiastuti /k11107653
1. jelaskan maksud dari pernyataan dalam laporan anda yaitu Terwujudnya masyarakat Sadar Wisata dan kondisi Sapta Pesona !
2. seperti yang kita ketahui bahwa menjaga kebersihan tempat wisata sangatlah penting karena merupakan salah satu daya tarik pada tersendiri. apakah ada kiat2 khusus dalam program ini dalam hal menjaga kebersihan tempat wisata tanjung bunga?

Nunu^^ said...

NURHIDAYAT-K 11107041-KLP.6

Assalamu 'alaikum...

1. kerja sama ini berlangsung berapa lama dan apakah bentuk kerja sama yang diterapkan sudah optimal..??

2. keuntungan apakah yang diperoleh oleh pihak swasta...??

I think enough...

Wslm...^^

Anonymous said...

Juraini Pubalos/K11108580(Tbl)Kel.6

1.Dlm Mklh anda tertulis bhw peran Dinas Pariwisata kota Makazr a/ sbg promotor utk menarik wisatawan lokal & mancanegara. Pertanyaan-qu,"Kiat-kiat apa saja yg dilakukan Dns Pariwisata utk menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara datang berkunjung khususnya ke Tanjung Bunga As Marine???"
2.Dlm Mklh anda jg tertulis Mitra yg terlibat salah satunya a/ GMTDC.Pertanyaan-qu,"Apa sich GMTDC itu?? & GMTDC jg bergerak dlm bidang apa?? Mengapa hrs GMTDC yg dipilih sbg mitra kerja dlm prog.ini???" Tolong kemukakan alasan anda...!!! Ayo...kamyu pasti bisa...!!!!!!

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS_K111 08 578

SAYA mencoba menjawab pertanyaan dari sdri Febriyana.R.Nurlette

sejauh ini kawasan wisata tanjung bunga belum mencapai wisata bertaraf internasional namun masih dalam tahap persiapan karena yang saya ketahui telah ada alokasi dana yang dianggarkan oleh walikota makassar namun belum dalam tahap realisasi.
kawasan pariwisata bertaraf internasional adalah suatu kawasan dimana Pengembangan dan penataan Kawasan wisata yang diarahkan sebagai point of
interest wisata pantai yang berskala nasional maupun internasional, harus memiliki konsep
aktifitas wisata pantai yang fantastis dengan lebih mengeksplorasi potensi kawasan, potensi
pasar, dan trend wisata yang dituangkan dalam penataan fisik kawasan tersebut. Adanya
pengembangan jalan lingkar timur juga merupakan potensi untuk
ditatanya kawasan tersebut secara terpadu dengan rencana pengembangan kota.tidak hanya itu kawasan wisata bertaraf internasional misalnya mampu menyediakan sarana2 seperti surfing,banana boot,serta mampu meningkatkan devisa negara dari jumlah kunjungan wisatawan yang meningkat dari tahun ke tahun akan tetapi dikatakan bertaraf internasional namun tidak berarti meninggalkan budaya dan arsitektur dari daerah kita.selain itu bisa dikembangkan menjadi wisata pantai yang memiliki nilai daya tarik
investasi dan nilai ekonomis yang tinggi, sekaligus mampu mewakili karakteristik Kota makassar yang memiliki nilai historis bahari
2. terwujudnya masyarakat sadar wisata dan kondisi sapta pesona dalam hal ini yaitu dimana dalam pengembangan kawasan pantai tanjung bunga ini dengan fasilitas dan sarana serta pesona-pesona alam yang disajkikan diharapkan masyarakat akan menyadari pentingnya memelihara potensi wisata yang kita miliki serta pesona alam yang ada pada daerah kita sendiri tanpa perlu jauh-jauh meninggalakan kota makassar hanya untuk berwisata air kedaerah lain. diharapkan masyarakat mampu mencintai potensi wisata yang kita miliki sendiri.
thanks 4 ur questions

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS_K111 08 578

Saya menjawab pertanyaan dari sdri FEBRIYANI.F.NURLETTE
1. dalam kerjasama ini pihak pemerintah berperan sebagai pengawas yang mana bentuk pengawasan yang dilakukan diantaranya pengawasan akan tarif yang ditetapkan oleh pihak swasta, pengawasan lingkungan wisata baik dari segi penyediaan fasilitas sampai pada pengawasan terhadap kinerja pihak swasta dalam mengelola kawasan ini serta mengenai lingkungan sekitar wisata tanjung bunga
2. sejauh ini pembangunan fasilitas olahraga air yang bertaraf internasional yang telah diterapkan ditanjung bunga barulah pada area surfing danpenyediaan Banana boot,sedangkan diluar fasilitas olahraga air yang bertaraf internasional yaitu street dan garden furniture
tambahan untuk jawaban sdri febriyana yaitu untuk mencapai kawasatan wisata air bertaraf internasional maka haruslah dibuat seperti misalnya WATER BOOM, THE JUNGLE DLL seperti daerah jakarta dan lain-lain yang telah mampu melaksanakan hal tersebut dgn jumlah ribuan pengunjung sedangkan tanjung bunga sendiri masih dalam tahap persiapan...

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS _K111 08 578

saya mencoba menjawab pertanyaan dari sdri. JURAINI PUBALOS
1. kIat2 dinas pariwisata kota untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi tanjung bunga diantaranya menyelenggarakan event2 seperti perlombaan perahu layar, festifal kuliner khas makassar serta pameran souvenir khas makassar. disamping itu juga dinas pariwisata kota makassar melakukan promosi potensi Tanjung bunga melalui leaflet, koran, televisi, internet maupun media lainnya yang memungkinkan orang mengetahui tentang pesona Tanjung bunga
2. GMTDC yaitu Gowa Makassar Trade Development Center yang mana pihak swasta yang dari awal mulanya memang bergelut dengan kawasan tanjung bunga bukan hanya pada pariwisat tanjung bunga tetapi pada perumahan yang beraartistik jepang,pembangunan rusunawa, mall GTC,saranA memancing dan segala hal yang ada dikawasan tanjung .PIHAK GMTC lah yang berperan besar dalam hal ini sebai penyedia investor serta pengelola kawasan ini fengan kerjasama dari pemerintah seperti pembebasan lahan yang mana menambah devisa negara dari adanya kawasn tanjung ini..
moga k'rani puas dengan jawabanQW yach...thanks

Anonymous said...

La Basri / K11108590 (TUBEL)
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari NURAMANAH
1. PROGAM "TANJUNG BUNGA AS MARINE TOURISM" telah berhasil, hal ini dapat dilihat Dari hasil kegiatan yang dilaksanakan seperti fasilitas olah raga air, sarana rekreasi anak, pembangunan Drainase,pembuangan saluran kotor terlaksana dengan baik yang sampai saat ini telah digunkan dan memberikan tambahan bgi devisa kota makassar kemudian tidak hanya itu event yang dilaksanakan berhasil terbukti dengan meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara mencapai 30% serta meningkatnya kunjungan local dan tidak ada kendala yang dihadapi karena masing-masing pihak yang bekerja sama dapat menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik
2. Karena tidak ada kendala maka pertanyaan no 2 tidak perlu untuk dijawab. Trim's atas pertanyaannya

Anonymous said...

La Basri / K11108590 (TUBEL)

Pertanyaa dari saudari FITRIYANA sama dengan pertanyaan dari saudara NURAMANAH.Y dan saya telah menjawabnya, jadi bisa dilihat sendiri..!! OK

Anonymous said...

La Basri / K11108590 (TUBEL)

Saya akan coba menjawab pertanyaan dari saudari indra wiastuti
1. maksud dari pernyataan dalam laporan kami tentang Terwujudnya masyarakat Sadar Wisata dan kondisi Sapta Pesona yaitu bahwa masyarakat yang mengerti, menyadari serta memahami bahwa wisata merupakan salah satu objek yang dapat menjadi penopang hidup mereka serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pada khususnya dan bangsa pada umumnya sedangkan kondisi sapta pesona yaitu suatu kondisi lingkungan yang aman, nyaman, indah, asri dan bersih yang tercipta dari kegiatan manusia.
2. Dalam menjaga kebersihan dari tempat wisata tanjung bunga ada beberapa kiat2 khusus yang perlu dilakukan yaitu : menempatkan tenaga kebersihan di tempat tersebut, membuat PERDA yang mengatur tentang keberadaan tempat wisata tersebut disertai dengan sanksi-sanksi yang tegas bagi yang melanggar PERDA tersebut dan yang paling penting adalah kesadaran dari kita semua sebagai masyarakat KOTA MAKASSAR khususnya dan masyarakat SULAWESI SELATAN umumnya untuk menjaga kebersihan dari tempat wisata tanjung bunga tersebut.

Trim's atas pertanyaannya

Anonymous said...

La Basri / K11108590 (TUBEL)

Saya akan coba menjawab pertanyaan dari saudara NURHIDAYAT-K
1. Bentuk kerja sama yang berlangsung tidak kita ketahui berlangsung berapa lama tetapi menyakut bentuk kerja sama yang telah dijalankan sudah berjalan dengan optimal hal ini dapat dilihat dari hasil kegiatan yang dilaksanakan seperti fasilitas olah raga air, sarana rekreasi anak, pembangunan Drainase, pembuangan saluran kotor terlaksana dengan baik yang sampai saat ini telah digunkan dan memberikan tambahan bgi devisa kota makassar kemudian tidak hanya itu event yang dilaksanakan berhasil terbukti dengan meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara mencapai 30% serta meningkatnya kunjungan wisatawan local.
2. keuntungan diperoleh oleh pihak swasta dalam hal ini pihak GMTDC (Gowa Makassar Trade Development Center) yaitu dari rettribusi tiket atau biaya masuk dari para kunjungan karena mereka pihak yang ditunjuk sebagai pengelolanya.

Trim's atas pertanyaannya

Anonymous said...

ADEH IRMARIYANI SAPUTRI K11107040

1. PADA pelaksanaan kegiatan disebutkkan bahwa pada tahap pelaksanaan kegiatan yng dilakukan diantaranya pembangunan fasilitas olah raga air yang bertaraf internasional..tolong jelaskan olahraga apasja yang bertraf internasional???

2. apakah hambatan2 yang dihadapai pada proyek tsb??

mksh yahh

Anonymous said...

Erwinda Alwi Rachman
K111 08 581 (TUBEL)
Klp VII
Pertanyaan saya:
Apa bentuk kerja sama yang digunakan??? Apakah dengan menggunakan bentuk kerja sama ini program yang dijalankan sudah berjalan dengan optimal?? Jika tidak, apakah mungkin bisa menggunakan bentuk kemitraan yang lain untuk lebih mengoptimalkannya??
Apa kelebihan dan kekurangan dalam bentuk kerjasama ini dalam program yang dijalankan???
Itu ajah;)

Anonymous said...

Erwinda Alwi Rachman
K111 08 581 (TUBEL)
Klp VII

Next, apa feed_backx bagi masing - masing pihak???

Anonymous said...

NUR YUSMAH/K11106057/KLP.4

1. Bagaimana pola kerjasama yang diterapkan ketiga pihak ini? Apakah keterlibatan GMTDC hanya sebatas pengelola yg menyewa lahan? Ataukah ada isi kontrak yg lain??

2. Akibat kerjasama ini, wajah Tanjung Bunga bisa saja berubah menjadi modern. Sampai sejauh mana peran pemerintah dalam menyeimbangkan kondisi lingkungan dengan sektor pariwisata? Apalagi jika sudah disewakan ke pihak ketiga.

Anonymous said...

sadrah said k11108585/tubel

mau nanya 1. sudah berapa lama kerjasama tersebut berlangsung?selanjutnya 2. apa sudah pernah dilaksanakan evalusi terhadap program tersebut?

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS_K111 08578

saya menjawab pertanyaan dari sdr ADE IRMARIYANI SAPUTRI
1. Sejauh ini pembangunan fasilitas olahraga air yang bertaraf internasional yang telah diterapkan ditanjung bunga barulah pada area surfing danpenyediaan Banana boot,sedangkan diluar fasilitas olahraga air yang bertaraf internasional yaitu street dan garden furniture
2. daLam pelaksanaan program ini sebenarnya tidak ada kendala yang begitu berarti hanyalah pada awalnya yaitu pembebasan lahan tetapi dengan mudah ditangani oleh pemerintah secar kekeluargaan sehingga sebenarnya tidak terdapat kendala yang begitu berarti
thanks

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS_K111 08 578

JAWABAN UNTUK SDRI ERWINDA ALWI RAHMAN
1. Bentuk kerjasama yang digunakan adalah Join Venture dimana selama dalam melaksanakan program ini sudah berjalan dengan optimal terbukti dengan meningkatnya devisa negara sertajumlah kunjungan wisatawan yang meningkat menjadi 30%, jadi saya rasa tidak perlulah bentuk kerjasama yang lain karena bentuk kerjasama ini sudah optimal
2.keuntungan bagi pihak swasta pihak swasta dalam hal ini pihak GMTDC (Gowa Makassar Trade Development Center) yaitu dari rettribusi tiket atau biaya masuk dari para kunjungan karena mereka pihak yang ditunjuk sebagai pengelolanya.untuk pemerintah juga menmperoleh tambahan devisa negara dari kunjungan para wisatawan. untuk dinas pariwisata kota makassar yaitu telah berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke tanjung bunga.
kerugiannya satya rasa sangat kurang karena dalam hal ini belum kami peroleh informasi tentang itu, kerugian yang kami ketahui jika pemerintah LOSS CONTROL terhadap program ini bisa saja ada monopoli dari pihak swasta, tetapi sejauh ini pemerintah berhasil melaksanakan tugasnya dengan menempatkan anggotanya pada kantor GMTDC
THANKS SMOGA PUAS

Anonymous said...

SARAH NUR IKHLAS

SAYA menjawab pertanyaan dari sdri.ERWINDA ALWI RACHMAN yaitu feed back bagi masing-masing pihak adalah lebih meningkatkan fasilitas dan pelayanannya sehingga para wisatawan akan mencintai tanjung bunga. masing-masing puihak ini memperoleh keuntungan tersendiri sehingga seharusnya mereka lebih bekerja keras untuk meningkatkan usaha ini

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS K111 08 578

SYA menjawab pertanyaan dari sdri.NUR YUSMAH
1.keterlibatan GMTDC tidak hanya sebatas pengelola yg menyewa lahan, tetapi dalam hal ini GMTDC adalah pengelola mutlak kegiatan ini samapi selesai dan semua tanggung jawab penuh pada GMTDC sedangkan pemerintah hanya sifatnya sebagai pengawas terlaksananya program ini.kalau masalah kontrak maaf kami tidak diperlihatkan kontraknya karena kontraknya ada pada GMTDC JADI MAAF KAMI TIDAK bisa menjawab masalah ini.
thanks

Anonymous said...

smangat...............

Anonymous said...

THANKYUUUUUU MEski sakitka kdng tapi dipaksakan cz klo nda dijawab bisa numpuk........UM2u'jie

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS K11108578

Saya menjawab pertanyaan sdri. SADRAH SAID.
1, Mengenai program ini sudah berlangsung sekitar kurang lebih 10 tahun. dan tidak kami ketahui kontraknya sampai berapa tahun
2. evaluasi sebenarnya setelah program terlaksanan tetapi dalam hal ini program masih berjalan tapi sudah dapat kita lihat evaluasinya yaitu peningkatan defisa bagi negara serta pihak GMTDC sendiri serta jumlah kunjungan wisatawan meningkat 30%.
thanks sa....

Anonymous said...

ayo ummu smagat....
mjwb ptanyaan :)

Anonymous said...

INDRIANI/K111 07021/kelp2

1. Dalam program yg kelp ANDA angkat, adakah peran dari masyarakat sekitar?
2. Jika ada, apa peran masyarakt dlm program tsb. Dan jika tdk ada, mengapa masyarakat tdk d libatkan?

Anonymous said...

nama : rena matasik
nim :k11107719
kelompok:4

sy ingin bertanya pd klompok 9 yaitu:bagaimana pendapat kelompok anda mengenai kebersihan pantai losari tersebut, bnyak sy lihat sampah yg ada di pantai losari pada saat sekarang ini???

Anonymous said...

nama : rena matasik
nim: k11107719
kelompok:4

pertanyaan sy untuk klompok 9 yaitu:apakah ada pengaruh yang besar apabila program ini dijalankan baik untuk masyarakat itu sendiri ataupun turis yg dr luar negeri??

Anonymous said...

a.sulasteri(k11107012)klp7
pada program anda tentunya terdapat tujuan dimana tujan itu harus dicapai.bagaimn tanggapan klpk anda jika progtam itu tdk bisa dicapai dan apa yg hrs dilakukan agar tujuan prog dpt dicapai?

Anonymous said...

Sarah nur Ikhlas/k11106090

Saya akn mencoba mnjwb pertnyaan INDRIANI/K111 07021/kelp2

Untuk peran masyarakat disini maaf kami lupa mncntmkn....

Adapun peran masyarakat disini adlah mendukung keg.kepariwisataan yaitu mnjadikn Tanjung bunga sebagai tempat pariwisata khususnya bagi msyrkt kota mks.
Pmrnth kota dalam hal ini Dinas Pariwisata,dgn mengumplkan masyarkt dan di klp.kan dalm klp.sadar wisata.Klp. ini adalah msyrkt yg trLibt para ketua Lembaga Pembrdayaan Msyrkt(LPM), masyarakat pengusaha ekonomi lemah,serta tokoh msyrkt lainnya.

Anonymous said...

Sarah Nur Ikhlas/k11106090

Saya akan mncoba menjawab prtnyaan rena matasik/k11107719/kelompok:4

pengrhnya cukup besar dimana msyrkt di sekitr Tnjng Bunga dibina dalam rangka peningkatan sumber daya usaha mereka dalam bentuk pelatihan2,dan diberikan kesmptn untk meningktkn usaha msyrkt,contohnya stand2 penjual yg berjualn d pinggr jln. pantai Losari pada hari minggu.Selain itu memberikan tempat hiburan bagi masyrkt khususnya di akhir pekan...

Untuk prtnyaan ke2
mengenai masalah samph....
Sampah tersebut itu adalah smph masyrkt yg dibuang di kanal yg memebelah kota mks.mulai dari sungai tallo s/d ke sungai jenne berang yg brmuara pd p.losari,sehingga menimbulkn bnyk sampah.Pemrnth kota dlm hl ini brjasama dengan dinas keindhn dan lingkungan hidup akan mengdkn,penjaringan pada lokasi2 trtntu sepnjng knl yg ada di mks shngga kedepnnya samph tersebut tidak akan lagi sampai kelaut,dlm persoalan ini mslh pokoknya adaLh kUrngx kesdaran masyrkt untk tidk membuang smph tidak pada temptnya.

Anonymous said...

Sarah Nur Ikhlas/k11106090

Untk a.sulasteri(k11107012)klp7

Menurut saya jika program ini tidk berjalan sesuai dengan trget yg diingnkn sebaiknya pihak2 yg terkait melihat apa yg salah dr program proyek ini dan segera memberikan inovasih-inovasi yg lebih lagi agar tidak merugikan banyak pihak,terutama masyarakat.

nurjana said...

nurjana k11107055

1. seberapa besar peran program tersebut bagi kemajuan pariwisata di MKS???

2. sejauh mana tingkat keberhasilan program ini dalam mendongkrak nilai jual pariwisata di mks???

Anonymous said...

ANDI VENY KURNIAWAN(K11107056)
1.Peran pemkot adalah mengawasi jalannya proyek ini... So seperti apa bentuk pengawasannya?????

2.Bagaimana tindakan pihak pelaksana proyek mengatasi kemacetan yang ditimbulkan karena membludaknya pengunjung di tanjung bunga tersebut????

Anonymous said...

Muhammad Fajaruddin N./ K11107022
Maaf saya kurang setuju(paham) tentang sasaran program ini. Karena menurut pendapat saya sasaran program ini hampir sama dengan tujuan, misalnya "terciptanya kawasan pariwisata yang nantinya bertaraf internasional,Terselenggaranya paket pembangunan, dll.". Kalau dikatakan sasaran mungkin lebih condong ke masyrakat, pemda, wisatawan, dll.
Tolong penjelasannya!!!

Anonymous said...

Bentuk kerjasama joint venture. kalo menurut saya, bentuk kerjasamanya kalo bukan konsesi, BOT. Karena, pembangunan, dan pelaksanaan itu dilakasanakan oleh pihak swasta
Tolong penjelasan!!!
By Muhammad Fajaruddin/ k11107022

Unknown said...

fauzan_k11106091

1. apakah bentuk kerjasama dari proyek ini?
2. kendala apakah(geografis, administrasi)yang dihadapai dalam proyek ini?
karena kita lihat bahwa sebelumnya tempat ini di sekitar merupakan tempat angka pendudk tinggi?
3.bagaimanakah dampak lingkungan dari proyek ini? karena disekitar lokasi bnyak altifitas penduduk seperti nelayan dll.

Anonymous said...

KELOMPOK 9

MAAF KAMI TIDAK BISA MENJAWAB LAGI PERTANYAAN YANG MASUK KARENA WAKTU YANG DITETAPKAN SUDAH LEWAT!!!TERIMAKASIH ATAS PENGERTIAN DAN KERJASAMANYA....

Anonymous said...

Efrina Kala Tasik (K11106071) kelompok 2
menurut saya, Program Tanjung Bunga as Marine Torism merupakan bentuk kerjasama Joint venture dimana pihak swasta dan pemerintah sama-sama terlibat dalam kegiatan ini. GMTDC dalam hal ini berperan sebagai pihak Swasta dalam hal pendanaan,pengoperasian infrastruktur ditanggung olehnya sedangkan Dinas Pariwisata Kota Makassar sebagai pihak pemerintah berperan sebagai pihak promotor wisata tanjung bunga untuk menarik wisatawan baik local maupun mancanegara.

Anonymous said...

HANANANG WALIYAH (K11107024)

Sy mencoba menjawab pertanyaan dari saudari Nurjanah.
1. Sejauh ini peran program ini sangat membantu dalam pemenuhan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan untuk mencapai pariwisata yang bertaraf Internasional.Disini kita ketahui bahwa adanya keterbatasan dana, fasilitas-fasilitas lainnya sehingga di buatlah suatu kerjasama yang mana kerjasama ini akan membantu dalam memenuhi keterbatasan tersebut. Sehingga Pariwisata yang bertaraf Internasional ini dapat terlaksana. seperti dalam program ini digalakkan suatu kerjasama antara pihak GMTDC dengan pihak pariwisata dan pemerintah kota Makassar.

2.Saya kira program ini sangat membantu yach. karena dengan adanya program ini fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan sudah cukup memadai sehingga pengunjung yang datang berpariwisata ke tempat tersebut juga meningkat sehingga devisa negara juga meningkat.serta memberikan tambahan bgi devisa kota makassar kemudian tidak hanya itu event yang dilaksanakan berhasil terbukti dengan meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara mencapai 30% serta meningkatnya kunjungan local.

Anonymous said...

mutmainnah_k11107014
1.program yang dbahas sangat bagus dan penjelasannya pun sangat jelas. tapi di makalah anda hanya dijelaskan keuntungan program ini secara umum, yang sy tanyakan apa keuntungan bagi setiap mitra yg terlibat?
2. kira-kira apa kelebihan t.Bunga dari tempat wisata lain di sekitarnya, misalnya tanjung bayang sehingga dipilih untuk menjadi objek program ini?dan apakah tempat wisata lain di skitarnya bisa juga dilakukan program seperti ini?
makasi..

Anonymous said...

ANDI SURIANA K11107717
Menurut saya laporan anda kurang jelas dan tidak lengkap,,, kenapa tidak ada di camtumkan sejak kapan program ini mulai di lakukan dan sampai sekarang sejauh mana keberhasilannya serta hambatan2 yang di alami

Anonymous said...

Yunicho K11107702/klp 1
Pertanyaan saya yakni,
1. Dari peran masing2, pihak GMTDC sbg pihak swasta yang memberikan pendanaan. Klu menurut yang sya tahu dalam kerja sama Joint Venture dalam hal pendanaan masing2 pihak harus berkontribusi. Begitu pula dan hal pengoperasiannya. Jd ky mesti di cek lagi apakah ini termasuk joint Venture ataw lainnya. Maksih,,
2. Adapun juga, dalam pelaksanaan kegiatan tidak dijelaskan bagaimana pembangunan Drainasenya dan kemana saluran kotornya dibuang? Guna mengamati apakah betul kegiatan ini memperhatikan lingkungan (kesehatan lingkungan sekitar). Syukran,,

Anonymous said...

Muhamad Subhan / K11107094 / kel. 3
1. Apakah keuntungan yang diperoleh pihak GMTDC dalam program ini sebgai satu-satunya pihak swasta yang terlibat dalam program pariwisata ini?
2. Apakah sejauh ini tidak ada kendala yang dihadapi GMTDC dalam hal pendanaan,pengoperasian infrastruktur?

OWILDAN WISUDAWAN. B/K11107699 said...

OWILDAN WISUDAWAN.B/K11107699
APA SAJA MANFAAT YANG DIPEROLEH DARI KERJASAMA TSB ?
MANFAAT LANGSUNG YANG DIPEROLEH DARI PIHAK YANG MELAKUKAN KERJASAMA ?

Anonymous said...

Tugas Patnership.
klp.9.TANJUNG BUNGA AS MARINE TOURSM.

-Yusti Olifa Welerubun_K11108510/Klpk.3.
Dalam makalah kelompok anda,di paparkan bahwa Adapun bentuk kemitraan yang digunakan adalah join venture dimana masing-masing pihak dalam hal ini saling bekerjasama melaksanakan kegiatan ini. Yang ingin saya tanyakan adalah apa keuntungan yang diperoleh swasta,dari bentuk kemitraan ini,dan bagaimana pembagian hasilnya.Terima kasih.

Delon Jarot said...

Natalon D. Terinathe/K11108517/klpk 6

Apakah program in (Tanjung Bunga As Marine Tourism) sudah tercapai sepenuhnya karena melihat fakta yang ada, hanya wisatawan lokal yang banyak mengunjungi tempat ini

Agus@ kayu jabon said...

mampir nich...
menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
salam....
oh ya ada sedikit info nich tentang bibit jabon semoga bermanfaat... :)

TUGAS MATA KULIAH PARTNERSHIP JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN FKM UNHAS 2010