Thursday 21 May 2009

Peningkatan Usaha Sarana Pariwisata

KELOMPOK 10
1.Andi Veny Kurniawan
2.Indra Wiastuti
3.Reski Sarlinda
4.Adyatma
5.Fauzan Hanafi
6.Farha Assagaf

BAB II
PEMBAHASAN

I.Nama Program
“ Peningkatan Usaha Sarana Pariwisata “

II.Latar Belakang Proyek

Masalah Pariwisata mempunyai cakupan yang sangat luas, baik itu pada usaha pariwisata seperti Hotel, Restaurant, Rumah Makan, Spa, dan Wisata Tirta. Oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan pada sector tersebut di atas. Berdasarkan UUD No.9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan. Dan berdasarkan Kepmen No.3 tahun 2002 Tentang :
1.Uji kelaikan dasar hotel atau penggolongan kelas hotel.
2.Uji kelaikan persyaratan restaurant, rumah makan, Spa dan Wisata tirta.
Dan dalam memenuhi dan mewujudkan hal tersebut di atas maka Dinas Pariwisata melakukan kerjasama dengan instansi lain untuk pengoptimalan dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

III.Tujuan Program
Tujuan program tersebut adalah :
“ Untuk Peningkatan Usaha Sarana Pariwisata “

IV.Organisasi/Mitra Yang Terlibat

1.Bapedalda Provinsi Sulawesi Selatan
2.Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan
3.Dinas Nakertrans Provinsi Sulawesi Selatan
4.PU
5.Pemadam Kebakaran dan PLN
6.PHRI ( Perhimpunan hotel dan restaurant Indonesia )


V.Model Kemitraan

Tipe Partnership yang digunakan adalah bentuk kerjasama Joint Venture. Dimana Dinas Kepariwisataan dengan instansi mitra kerjasama lainnya bertanggung jawab secara bersama – sama.

VI.Peran Instansi/ Mitra yang terkait.
1.Dinas Kepariwisataan berperan menyediakan biaya yang akan digunakan dalam pelaksanaan proyek dengan bantuan Dinkes Provinsi. Dinas Kepariwisataan mendata hotel, Restaurant, Rumah makan, SPA dan Wisata Tirta yang akan menjadi target proyek.
2.Bapedalda Provinsi / Kab.Kota berperan dalam pengawasan AMDAL ( Analisis mengenai dampak lingkungan ). Dengan bentuk kegiatannya adalah pengujian kelayakan UKL UPL AMDAL.
3.Dinkes Provinsi berperan dalam mengawai dan berkonsentrasi pada masalah sanitasi dan hygiene. Dalam kegiatannya Dinkes mengeluarkan sertifikasi karyawan dan Hotel sebagai jaminan kepada konsumen.
4.Dinas Nakertrans berperan dalam pemeriksaan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja. Yang dalam kegiatannya focus pada masalah karyawan yang meliputi pakaian karyawan dan peralatan lainnya yang harus digunakan karyawan dan memenuhi syarat kesehatan.
5.PU berperan dalam memeriksa dan mengawasi masalah bangunan. Baik dari konstruksi bangunan maupun konsep yang digunakan yang harus memenuhi syarat aman.
6.Pemadam Kebakaran & PLN berperan dalam mengawasi masalah Instalasi. Kegiatannya memperhatikan apakah instalasi sudah sesuai atau tidak.
7.PHRI berperan dalam bagian humas dengan hotel – hotel yang terkait dan lebih kepada masalah penggolongan kelas hotel.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN

Kerjasama tersebut diatas merupakan kerjasama yang bertujuan Untuk Peningkatan Usaha Sarana Pariwisata yang meliputi kegiatan penggolongan kelas hotel, restaurant, rumah makan, SPA, dan wisata tirta yang kemudian akan menjadi jaminan bagi konsumen. Proyek tersebut bekerjasama dengan instansi lainnya yang terkait seperti Bapedalda Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Nakertrans Provinsi Sulawesi Selatan, PU, Pemadam Kebakaran dan PLN, PHRI ( Perhimpunan hotel dan restaurant Indonesia ). Tipe Partnership yang diberikan adalah bentuk kerjasama Joint Venture. Dimana Dinas Kepariwisataan dengan instansi mitra kerjasama lainnya bertanggung jawab secara bersama – sama.

57 comments:

Anonymous said...

Adi Pratama/K11107060

1. tolong dijelaskan apa yang dimaksud Peningkatan Usaha Sarana Pariwisata
2. keuntungan apa yang didapatkan oleh Pemadam Kebakaran dan PLN?

Anonymous said...

Iyan Wahdaniyah K 11107666 kel.6

pertanyaan:
1. pihak swastanya mana?
2. sejauh mana keberhasilan dari kerjasama ini???

Anonymous said...

A.Sarah NUr Ikhlas/k11106090
1. Bisakah anda menjelaskan tugas dinas nakertrans dalam memeantau keselamatan kerja karyawan bisakah anda jelaskn bagai mana cara pemantauannya apakah didakan pemeriksaan setiap minggu atau dengan cara lain?
2.Bisakah anda menjelaskan pendanaan dari pihak dinas pariwisata, pendanaan dalam hal apa,berikan contoh?

Ri Fi A said...

RINA FITRIANTY AWALIAH (K11107603) KELOMPOK 9 !

Dinas Kepariwisataan berperan menyediakan biaya yang akan digunakan dalam pelaksanaan proyek dengan bantuan Dinkes Provinsi. Dinas Kepariwisataan mendata hotel, Restaurant, Rumah makan, SPA dan Wisata Tirta yang akan menjadi target proyek.
Pertanyaannya : Apakah semua Hotel, Restauran, Rumah Makan dan SPA di Kota Makassar yang menjadi sasaran pada Proyek ini? jika tidak tolong sebutkan salah satu contoh Hotel, Restauran, Rumah Makan dan SPA yang menjadi target sasaran.

Ri Fi A said...

RINA FITRIANTY AWALIAH (K11107603) KELOMPOK 9!

Next Question !!!!

Berapa lama kerjasama ini berlangsung?

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS_K11108578 KLP 9
1. Saya mo nanya dalam hal ini uji kelyakan hotel ditujuka untuk tipe hotel apa saja??apakah bintang 5 atau semua hotel?
2. truz apa keuntungan yang diperoleh oleh masing-masing pihak yang terlibat?
thanks

Anonymous said...

SRI YULIANA K 111 07 657 kel.3

bsakah anda menjelaskan keuntungan dan kerugaian yang di dapatkan pada pengadaan kerjasama ini??

Anonymous said...

sadrah said (k11108585/tubel/klp2)

Dinkes berperan dalam sanitasi dan hygiene kemudian mengeluarkan sertifikat kelayakan. yang ingin saya tanyakan pemeriksaan dan pengawasan tersebut dilaksanakan setiap berapa kali, dan apakah standar yang digunakan untuk menetukan hotel ataupu tempat pariwisata tersebut memenuhi syarat ????

Terimakasih...

Anonymous said...

sadrah said (k11108585)

Masalah yang anda angkat tentang peningkatan usha sarana pariwisata dalam hal ini perhotelan, setahu saya hal tersebut ditangani langsung oleh PHRI. Kenapa bukan program kerja yang lain yang anda angkat misalnya saja. Visit To Makassar yang berekerjasama dengan afrika??????

Thanks...

Anonymous said...

Febriyana Rahima Nurlette/(K11108588/Tubel)/Kelompok 7.
1. Apa sj sasaran dr program Peningkatan Usaha Sarana Pariwisata ini ??? krna pd laporan kelompok anda tdk dicantumkan apa yg menjadi sasaran dr program ini. pdhl suatu program hrs jelas apa sasaran yg ingin dicapai sehingga nantinya bs mengukur sejauh mana keberhasilan program tsb.
2. Dlm program peningkatan Usaha Sarana Pariwisata , ada beberapa kegiatan yg dilakukan meliputi penggolongan kelas hotel, restaurant, Rumah makan, SPA & Wisata Tirta. tlg dijelaskan lebih detail kegiatan2 diatas. krna pd laporan kelompok anda tdk dijelaskan secara terperinci pelaksanaan dr keg2 tsb.
Makaciiiiihhhhhh ...

Anonymous said...

Febriyani Fatima Nurlette/(K11108587/Tubel)/Kelompok 8.
1.Dinas Nakertrans merupakan slh satu mitra yg terlibat dlm program peningkatan Usaha sarana pariwisata berperan dalam pemeriksaan mengenai kesehatan & keselamatan kerja. yg dlm kegiatannya difokuskan pd masalah karyawan yg meliputi pakaian karyawan & peralatan lainnya yg digunakan karyawan. Apakah hanya sebatas itu sj?? kenapa tdk dilakukan pemeriksaan kesehatan fisik karyawan ??
2.Bagaimana evaluasi yg dilakukan terhadap program Peningkatan Usaha Sarana Pariwisata ini ???
Tlg dijelaskan.
Makasiiiiiiiiihhhh !!!!

upz,,ada indra said...

indra wiastuti/ k11107653

terimakasih kawand2 atas pertanyaanx..
saya akan menjawab pertanyaan dari saudari iyan wahdaniyah:
dalam kerjasama ini yang bertindak sebagai pihak swasta yaitu PHRI(Perhimpunan Hotel dan restaurant indonesia)yang berperan dalam bagian humas dengan hotel – hotel yang terkait dan lebih kepada masalah penggolongan kelas hotel.
dan untuk keberhasilan kerjasama ini dapat dikatakan berjalan dengan lancar karena telah adanya koordinasi yang baik antara instansi2 yang terkait.
klo jawabannya kurang memuaskan..maaapkan sayahhhh

upz,,ada indra said...

indra wiastuti/k11107653
jawaban untuk Adi Pratama :
1.peningkatan usaha sarana pariwisata yaitu dalah usaha yang dilakukan untuk meningktkan sarana2 pariwisata seperti hotel,restaurant,rumah makan,spa dan wisata tirta. dalam hal ini pemerintah dan pihak swasta bekerjasama dalam penentuan uji kelayakan hotel/restaurant/RM, sanitasi dan hygiene sarana pariwisata,hygiene karyawan,konstruksi bangunan,kelayakan instalasi pada sarana pariwisata.
..maapkanka kalo jawabannya tidak sesuai dengan keinginanta'..gr

upz,,ada indra said...

indra wiastuti/ k11107653jawab pertanyaan saudari sri yuliana...
dengan adanya kerjasama ini maka akan meningkatkan kualitas dari sarana pariwisata yang ada dan tentunya akan berdampak baik juga untuk semua pihak yang terlibat. saya pikir,tidak ada kerugian dalam kerjasama ini apabila berjalan sesuai dengan program.
,,,i'm sorry if you're not satisfied,,

Anonymous said...

Adyatma K111 07 011
sy menjawab pertanyaan dr saudari RINA FITRIANTY AWALIAH
pertanyaannya:
Apakah semua Hotel, Restauran, Rumah Makan dan SPA di Kota Makassar yang menjadi sasaran pada Proyek ini,brikan contoh & Berapa lama kerjasama ini berlangsung?
Jawab:
Iya semuanya,karna disini didinas pariwisata sendiri sasarannya bagi smua baik Hotel, Restauran, Rumah Makan dan SPA Berdasarkan UUD No.9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan. Dan berdasarkan Kepmen No.3 tahun 2002 Tentang :
1.Uji kelaikan dasar hotel atau penggolongan kelas hotel.seperti saluran air,kotoran/sampah,dll
2.Uji kelaikan persyaratan restaurant, rumah makan, Spa dan Wisata tirta,sperti AMDAL Dengan bentuk kegiatannya adalah pengujian kelayakan UKL UPL AMDAL...
salah satu contoh Hotel Hotel Quality Somba Opu No. 235 kerjasama ini berlangsung selama 3 tahun sejak ditandatangani kerjasama tersebut.
trimah kasih

Anonymous said...

Juraini Pubalos/K11108580(Tbl)Kel.6

1.Coment-qyu:"Mklh anda menurut sy dlm penyusunannya blm sistematis.Krn langsung BAB II,BAB I-nya Mana?? truz hasil pembahasan dari BAB II sebagian seharusnya di BAB I,Misalx Latar belakang & Tujuan...OK?? Good Luck!!!
2.Apa sich kelebihan & kekurangan dari tipe partnership"Joint Venture" dan mengapa tipe partnership(Joint Venture) yg digunakan dlm program ini...???? Jelaskan...!!!!

Anonymous said...

farha assagaff/k11108589 (tubel), menjawab pertanyaan dari ibu juraini pubalos :
1. maaf, ada kesalahan teknik.
2. a. kelebihannya :
-Berpotensi meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan
- Penghematan biaya
-Strukturisasi kontrak yang fleksibel
- Kepemilikan proyek oleh Pemda
b. Kekurangannya :
- Perjanjian Kolektif tidak mengizinkan pembatalan kontrak

- Adanya biaya masuk kembali dalam
pasar jika terjadi pailit terhadap partner swasta. Dengan kata lain pemerintah harus meneruskan operasi dan mungkin harus memberikan subsidi.

- Kurangnya kontrol kepemilikan dan
kemampuan untuk merespon perubahan
permintaan publik.

demikian jawaban dari saya, kurang & lebihnya mohon maaf.

Anonymous said...

farha assagaff / k11108589 (tubel), menjawab pertanyaan dari saudara adi pratama.
1. merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan/memperbaiki sarana prasarana (infrastuktur) s/d SDM-nya guna peningkatan mutu kualitas & kuantitas untuk menunjang kegiatan kepariwisataan.
2. sudah pasti PLN maupun Pemadam kebakaran akan mendapatkan untung walaupun hanya sebagai tenaga pengawas. PLN (Instalasi listrik) dan Pemadam kebakaran (kebakaran akibat arus pendek dll)

demikian jawaban saya....

Anonymous said...

farha assagaff/k11108589 (tubel), menjawab pertanyaan dari sdri febriyani nurlette.
1. u/ Nakertrans hanya sebatas APDx sdgkan untuk pemeriksaan fisik karyawan menjadi tanggung jawab pimpinan hotel/rest. yg bekerja sama dengan dinkes setempat. (ingat formulir pem. STTU (Hotel/rest.)).
2. info tentang evaluasi program ini diberikan terbatas. jd harap maklum.

demikian jawaban saya.....

Nunu :-) said...

NURHIDAYAT-K11107041-KLP.6

Assalamu 'alaikum...

Dalam kerja sama joint venture, satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemegang saham mayoritas dan minoritas karena hal ini berkaitan dengan kekuasaan menjalankan perusahaan dan menentukan kebijaksanaan perusahaan karena prinsip kerja sama ini satu saham satu suara. Yang ingin saya tanyakan:
1. Siapakah pemegang saham mayoritas dan pemegang saham minoritas...??
2. Apakah ada perbedaan hak dan kewajiban di antara kedua jenis pemegang saham tersebut, kalau ada, tolong dijelaskan perbedaannya...??!!

WsLm...^^

Anonymous said...

La Basri K11108590 (TUBEL) KLMPK 09

1. Tolong anda (kelompok 10) memperbaiki laporan anda karena tidak ada BAB I dalam laporan anda..!!
2. Tolong anda sebutkan dan jelaskan keuntungan-keuntungan apa yang didapat oleh pihak-pihak yang terkait dalam kerja sama tersebut..??

Anonymous said...

ADEH IRMARIYANI SAPUTRI K11107040

1. JELASKAN KEUNTUNGAN YANG DIDAPATKAN DRI SMW PIHAK YANG TERLIBAT??

2. APA PROYEK INI BERJALAN???KLO YA,,SEJAUHMANA KEBERHASILANx,,,KLO TIDAK,,MNGAPA TERJADI??

Anonymous said...

nama :rena matasik
nim :k11107719
kelompok:4

yang ingin sy tanyakan pada kelompok 10 yaitu:apakah selama ini restaurant dan rumah makan serta tempat Spa di kelolah oleh pihak pemerintah seperti kantor pariwisata propinsi serta dinas2 yg lain??

cha yana said...

FITRIYANA K11107621 KLPK 5
Saya ingin bertanya pada kelompok 10
tolong jelaskan
apakah dalam program ini sudah berjalan dengan baik dan kalau ya sejauh mana keberhasilan dari kerjasama ini..?

HesA saNto said...

HETTI ISMA SULISTYAWATI K11107619 KLPK 9
pertanyaanya
1.kenapa model kerjasamanya JOIN VENTUR, apakah dalam program ini tidak bisa model kerjasama BOT ya...? tolong penjelasanya.
2.apakah ada hambatan dan programnya berjalan dengan lancar?

Anonymous said...

NUR YUSMAH/K11106057/ KLP.4

1. Peran masing-masing mitra dalam makalah ini tidak begitu jelas. Kira-kira sampai sejauh mana efektifitas program ini karena banyaknya pihak yang terlibat??

2. Seberapa pentingkah peran Dinas PU dan Pemadam kebakaran serta PLN dalam program ini??. Sebab, faktor yang melibatkan Dinas PU, PLN sudah diantisipasi...???

Anonymous said...

Erwinda Alwi Rachman
K111 08 581 (TUBEL)
Klp. VII

Apa feed_backnya bagi masing2 pihak???

Anonymous said...

Erwinda Alwi Rachman
K111 08 581 (TUBEL)
Klp. VII
Apa standarnya sehingga pada makalah anda dikatakan bahwa tempat pariwisata itu memenuhi standar??? Tempat pariwisata yang seperi apa sehingga bisa dikatakan sudah memenuhi standar???

Anonymous said...

nama : rena matasik
nim : k11107719
klompok: 4

pertanyaan saya untuk kelompok 10 yaitu: apakah suatu restoran, rumah makan, hotel, Spa,dan tempat wisata lainnya sudah memenuhi standar kualitas dan kuantitas untk dijadikan sbg tempat/sarana pariwisata yg ada di makassar??

Anonymous said...

INDRIANI/K11107021/kelp 2

1. Bentuk kerja sama yg d gunakan dlm program ini a/ joint venture. Apakah kekurangan & kelebihan penerapan bentuk kerja sama dlm program ini?
2. Kapan program ini mulai d jalankan & berapa lama kontrak kerjanya?

Anonymous said...

a.sulastei(k11107012)klp7
pd program peningkatan usaha sarana pariwisata menurut sy sangat bagus karna pariwisata merupakan salah satu sumber devisa negara dan apabila dikembangakan akan mendpataka keuntungan yg cukup besar tapi pada program ini tentunya memiliki pihak 2 yg bekejasama,pertanyaannya bagaimana cara/solusi yg klpk anda tawarkan apabila terjadi pemutusan kerjasama secara sepihak dan apa konsekuensi yg diberikan kepada pihak yg memutuskan kerjasama?

nurjana said...

nurjana k11107055

1. apa ukuran keberhasilan dari program ini??

2. keuntungan apa yg diperoleh masing2 pihak dalam kerjasama ini?

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN(K11107056)
Pertanyaan ADI PRATAMA
1. Dalam proyek ini peningkatan usaha sarana pariwisata maksudnya dalam pemenuhan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen pemerintah khususnya kepariwisataan melakukan bentuk peninjauaan terhadap sarana2 tersebut melalui kegiatan2 termasuk salah satunya proyek ini.
2. Kerjasama dengan pemadam kebakaran dan PLN selain membantu proyek ini berjalan lancar juga merupakan keuntungan bagi Pemadam kebakaran dan PLN dalam menjalankan program kerja dan tugas mereka.

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN(K11107056)
Pertanyaan Iyan Wahdaniah
1. Pihak swasta dalam proyek ini adalah PHRI(Perhimpunan Hotel & Restaurant Indonesia)
2. Keberhasilan proyek ini sangat nyata dilapangan karena dengan adanya proyek tersebut banyak hotel, restaurant,SPA,RM, dan wisata tirta yang meningkatkan pelayanannya khususnya dari segi aspek kesehatan dan memberi jaminan kepada konsumen dengan mengeluarkan sertifikat kepada usaha2 pariwisata yang lolos dalam proyek tersebut.

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN(K11107056)
Pertanyaan A.Sarah Nur Ikhlas
1. Yupz..tugas dari dinas Nakertrans adl konsent kepada masalah keselamatan kerja karyawan.Dalam melaksanakannya dilaksanakan secara berkesinambungan selama proyek tersebut berjalan.
2. dalam proyek ini hampir seluruh dana ditanggung oleh dinas pariwisata karena dalam hal ini kepariwisataan yang merupakan promotornya.

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN(K11107056)
Pertanyaan Rina Fitriani
1.Yupz...Target proyek ini adalah semua hotel Hotel, Restauran, Rumah Makan dan SPA di Kota Makassar. dan sebagai indikator keberhasilannya maka target tersebut harus tercover.

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN(K11107056)
Pertanyaan UMMU KALSUM UKKAS
1.Justru dalam proyek ini uji kelayakan hotel ditujukan untuk memberi predikat kepada hotel tersebut, termasuk menentukan bintangnya.

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN(K11107056)
Pertanyaan sadrah said
" Kami mohon maaf sebelumnya tapi pada hasil wawancara dan data yang kami dapatkan pihak Dinas pariwisata kurang terbuka dalam menjelaskan maslah teknis dari proyek ini.

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN(K11107056)
Pertanyaan sadrah said
"Z tidak tahu bgmn dgn klp lain tapi klp km y mendapat tugas ke pariwisata tidak memilih proyekx tp pihak pariwisata y memberi langsung proyek y bs kami akses.. PHRI dalam proyek ini juga sebagai mitra dan mgkn sdh tercantum di laporan kami"

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN(K11107056)
Pertanyaan Febriyana Rahima Nurlette
1.Sasaran proyek tersebut adalah semua hotel,restaurant,RM,SPA dan Wisata tirta.
2.Ini merupakan hambatan klp kami karena pihak pariwisata sangat membatasi kami dan hanya memberi informasi yang tidak terlalu mendalam tentang proyek ini.

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN(K11107056)
Pertanyaan Febriyani Fatima Nurlette
1. Iye... betul... itu juga termasuk kedalam peran Nakertrans..
2. Bentuk followupx adl ada tidak nya sertifikat n jumlah hotel yang lolos dalam proyek tersebut.

Anonymous said...

PENGUMUMAN............
FREND..................
Bagi y mw bertanya lagi silahkan secepatnya karena sebentar lagi laporan akan dikumpulkan........
Thankz......

N bwt tmn klp 10 mgkin bs menjawab pertanyaan yang tersisa......

Anonymous said...

Jawaban :
INDRA WIASTUTI k11107653
Pertanyaan dari RINA F

2. dari hasil wawancara yang kami lakukan dengan salah satu staff pariwisata tidak diberikan informasi tentang lama proyek ini berlangsung. tapi memang proyek ini memakan waktu yang cukup lama.

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN(K11107056)
Pertanyaan dari NURHIDAYAT

1. proyek ini merupakan program pemerintah yang dalam hal ini adalah pariwisata jadi mungkin kurang tepat menyebutnya sebagai pemegang saham. tapi pihak yang lebih dominan jelas adalah dinas pariwisata karena merupakan promotor dari proyek ini.

2. Kewajiban masing-masing jelas ada menurut peran masing-masing.

Anonymous said...

Jawaban :
FAUSAN HANAFI & REZKY SARLINDA
Pertanyaan dari La Basri, Adeh Irmariyani, Erwinda

" keuntungan bagi mitra yang dari pihak pemerintah bukan dalam hal materi tapi juga mendukung progaram kerja dari instansi tersebut terlaksana. sedangkan bagi PHRI sangat jelas untuk sertifikasi kelayakan hotel yang dijamin oleh pemerintah."

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN & INDRA WIASTUTI
Pertanyaan dari Adeh irmariyani, Fitriana, Hetti dan Nuryusmah

" Program ini berjalan lancar dan dilakukan intensif karena sertifikasi terhadap hotel harus dilakukan sebgai jaminan kepada konsumen. dan mitra yang cukup banyak ini sangat membantu karena jelas peran dan fungsi masing-masing."

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN & INDRA WIASTUTI
Pertanyaan dari Rena Matasik
1. Jenis usaha tersebut tetap dikelolah oleh swasta tapi dalam penentuan kelayakannya ditinjau oleh pemerintah.
2. inilah fungsi dari proyek ini agar semua hotel & restaurant di makassar dijamin berkualitas.

Anonymous said...

Jawaban :
FAUZAN HANAFI
Pertanyaan dari NUrjana

keuntungan bagi mitra yang dari pihak pemerintah bukan dalam hal materi tapi juga mendukung progaram kerja dari instansi tersebut terlaksana. sedangkan bagi PHRI sangat jelas untuk sertifikasi kelayakan hotel yang dijamin oleh pemerintah."

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN
Pertanyaan dari NUrjana

1. ukuran keberhasilannya masing-masing usaha memiliki sertifikasi kelayakan.

Anonymous said...

Jawaban :
ANDI VENY KURNIAWAN & INDRA WIASTUTI
Pertanyaan A.SULASTERI

"mencari instansi yang berkaitan dengan peran dari mitra yang memutuskan kerjasama sedangkan untuk sanksi telah disepakati dalam kontrak kerjasama tersebut."

Anonymous said...

mutmainnah-k1107014
maaf telat...
1. keuntungan apakah yang diperoleh dari tiap-tiap mitra yang terlibat?
2. kendala-kendala apa yang dihadapi pelaksana program ini?
3. seberapa besar keberhasilan program ini dalam meningkatkan Usaha sarana Pariwisata?
Makasi...

Anonymous said...

ANDI SURIANA K11107717
Sepertinya anda belum menyebutkan atau membahas apa keuntungan masing-masing mitra yang terlibat,,, serta hambatan-hambatan yang di alami,,,,

Anonymous said...

Muhamad Subhan / K11107094 / kel. 3
pertanyaan:
1. bagaimana efektivitas dari program ini, melihat cukup banyak pihak yang terlihat dalam program ini?
2. saran saya, agar program ini dapat berjalan secara kontinyu dan berkesinambungan mengingat perlunya peningkatan kualitas dalam sanitasi dan hygiene, kesehatan dan keselamatan kerja, dll.

OWILDAN WISUDAWAN. B/K11107699 said...

OWILDAN WISUDAWAN.B/K11107699
APA SAJA HUBUNGAN LANGSUNG ANTARA KESEHATAN LINGKUNGAN DENGAN KERJASAMA INI ?
APA SAJA INDIKATOR YANG DIGUNAKAN UNTUK MENILAI APAKAH KERJASAMA INI BERHASIL ATAU TIDAK ?

Anonymous said...

Muhammad Fajaruddin/ K11107022
1. Mengapa pihak yang terlibat tidak ada dari BPOM terutama dalam hal pengawasn restaurant dan rumah makan??
2. Apakah pihak dinkes kota makassar juga terlibat??? Padahal kan makssr merupakan wilayahnya

Anonymous said...

Yunicho K11107702/klp 1
Pertanyaannya yakni,
1. Pada laporan anda, tidak dipaparkan berapa lama kerjasama ini berlangsung? Mohon dilengkapi untuk lebih jelasnya.
2. Anda juga tidak mencantumkan keuntungan dan kekurangan dari kerjasama ini. Maksasih,,

Delon said...

Natalon D. Terinathe/K11108517/klpk 6

Apakah ada tindak lanjut dari instansi terkait dem i keberhasilan program ini??
serta bagaimana keberhasilan yang telah di capai dalam program kerjasama ini?

TUGAS MATA KULIAH PARTNERSHIP JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN FKM UNHAS 2010