Thursday 30 April 2009

Program PAMSIMAS dan Program SWASH (Sulawesi Water Suply, Hygiene and Sanitation)

KELOMPOK 1

1.Muhammad Fajaruddin Natsir (K11107022)

2.Nurjana (K11107055)

3.Yunicho (K11107702)

4.Imelda Hajwan (K11107678)

5.Nurul Amir (K11107687)


BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Pada umumnya metode pembelajaran yang dilakukan hanya sebatas pemberian materi dalam kelas dan ini belum tentu efektif untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Dalam Mata kuliah partnership sangat dibutuhkan suatu pengamatan secara langsung untuk mengedintifikasi model-model kerja sama yang banyak dilakukan pemerintah. Oleh karena itu dosen mata kuliah partnership memberikan tugas praktek lapangan agar mahasiswa tidak kaku pada saat menghadapi langsung dilingkungan kerja.

B.Tujuan
1.Identifikasi contoh program/proyek dibidang Kesehatan Lingkungan yang membutuhkan kemitraan dalam pelaksanaannya.
2.Identifikasi organisasi pemerintah maupun program swasta yang terlibat dalam program kemitraan dibidang Kesehatan Lingkungan.
3.Identifikasi model kemitraan yang diaplikasikan antara organisasi dalam pencapaian tujuan.
4.Identifikasi peran masing-masing.


BAB II
HASIL LAPORAN

A.Nama Program/Proyek

Nama program yang pernah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Makassar yaitu Program PAMSIMAS dan Program SWASH (Sulawesi Water Suply, Hygiene and Sanitation) merupkan Program Penyehatan Lingkungan dan Pemukiman, Bidang Kesehatan Lingkungan. Program ini dilaksanakan pada tahun 2006/2008 di beberapa kecamatan yang ada di Makassar antara lain Kec. Rapocini kel. karunrung, kec. panakukang kel. Tamamaung, panaikang, dan pampang, Kec. biringkanayya kel. bulorongkeng, kec. Tallo kel. kaluku bodowa, Kec. Tamalate kel. barombong, kec. Mamajang kel. karang anyar, dan kec. Manggala kel. bangkala.

B.Latar Belakang
Penyediaan air bersih dan Pengelolaan sanitasi saat ini harus $menjadi prioritas karena permasalahan yang ditimbulkan akibat dari pengelolaan yang kurang baik akan berdampak langsung kepada derajat kesehatan masyarakat. Pembangunan Infrastruktur dalam era otonomi daerah menjadi tanggungjawab sepenuhnya pemerintah daerah. Daerah-daerah yang tidak memiliki alternatif terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Masih rendahnya cakupan akses air bersih, jamban keluarga dan tingginya angka Penyakit berbasis lingkungan serta Keterbatasan pemerintah dalam sumber daya dana merupakan faktor pendorong untuk melakukan kerja sama dengan pihak swasta.
Oleh karena itu dibutuhkan peran serta aktif dari semua elemen masyarakat dalam pembangunan infrastruktur ini, khususnya Sektor Swasta dan Lembaga Non Pemerintah yang lain.

C.Tujuan
Untuk meningkatkan cakupan air bersih, antisipasi serta kualitas sanitasi lingkungan serta menurunkan angka penyakit berbasis lingkungan.

D.Organisasi mitra yang terlibat

1.Pemerintah
2.CARE,
3.LPM, dan
4.LSM.

E.Model Kemitraan yang digunakan.
Berdasarkan mitra yang terlibat model kemitraan yang digunakan program ini adalah community based provision, serta berdasarkan perannya masing-masing.

F.Peranan masing-masing mitra yang Terlibat.
1.Pemerintah berperan sebagai tim teknis.
2.CARE nama komunitas peduli berperan sebagai Project Provider, dimana CARE yang bertanggungjawab menyediakan dana.
3.LPM & LSM berperan sebagai Community empowering.

G.Upaya Penanggulangan yang dilakukan.
Dalam kegiatan ini upaya yang dilakukan oleh masing-masing mitra yakni:
1.Pembuatan Jamban,
2. SAB,
3. Perubahan perilaku, serta
4.capacity building

H.Keuntungan masing-masing mitra yang terlibat.
1.Kewajiban pemerintah sebagai penyedia fasilitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terpenuhi.
2.Nama baik pihak swasta terjaga.
3.adapun keuntungan dapat diambil langsung dari pembayaran penggunaan air.

I.Hambatan

Hambatan yang dihadapi selama dijalankannya program ini yaitu Kontribusi masyarakat (khususnya sharing in kind and in case) masih belum maksimal.

J.Upaya tindak lanjut
1.Penilaian Keberhasilan program pada provider
2.KIE pada masyarakat,
3.Input dana APBD untuk sharing

K.Tingkat keberhasilan kerja sama ini
Belum sampai pada tahap evaluasi.


BAB III
PENUTUP

A.KESIMPULAN

Program yang pernah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Makassar yaitu Program PAMSIMAS dan Program SWASH (Sulawesi Water Suply, Hygiene and Sanitation). Dimana melibatkan Pemerintah, CARE, LPM, dan LSM untuk memenuhi fasilitas yang dibutuhkan masyarakat.
Dalam program ini model kemitraan yang digunakan adalah community based provision, dilihat berdasarkan mitra yang terlibat serta perannya masing-masing. Dimana pemerintah berperan sebagai tim teknis, CARE berperan sebagai Project Provider, dan LPM maupun LSM berperan sebagai Community empowering.

B.SARAN

Pemerintah sebagai pemegang tanggungjawab penuh dalam menyediakan fasilitas kebutuhan masyarakat, agar lebih memperhatikan lagi bagaimana kondisi fasilitas, meskipun fasilitas nantinya telah tersedia tapi perlu pengawasan sehingga masyarakat memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya dan ini sangat dibutuhkan peran serta masyarakat.

75 comments:

Anonymous said...

Sadrah said/k11108585(tubel)/klp 2

Pada makalah anda disebutkan beberapa kecamatan tempat terlaksanya program PAMSIMAS di kota makassar, Tolong dijelaskan apa alasan dan latarbelakang dari pihak DINKES KOTA MAKASSAR sehingga pihak DINKES memilih beberapa kecamatan tersebut sebagai tempat pelaksanaan PAMSIMAS ????

Anonymous said...

muhammad fajaruddin/ k11107022.
jwb untuk pertanyaan sadrah said.
latarbelakang dari pihak DINKES KOTA MAKASSAR memilih kecamatan tersebut adalah karena kecamatan tersebut termasuk beberapa kecamatan yang mengalami krisis air bersih sehingga didaerah tersbut perlu dibangunkan fasilitas umum penyediaan air minum dan sanitasi terpadu lewat program Pamsimas (penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat)

Anonymous said...

disampaikan kepada teman-teman, silhakan memberikan komentar kepada kelompok 1.
By penyaji"klmpk 1"

Anonymous said...

Febriyana Rahima Nurlette/(K11108588/tubel)/kelompok 7
1. Apa saja sasaran yang ingin dicapai dari program PAMSIMAS dan SWASH ini?krn pada laporan kelompok anda, tidak dicantumkan apa saja sasaran yg ingin dicapai dari pelaksanaan program ini. karena yang namanya suatu program harus jelas apa sasaran yg ingin dicapai karena sasaran inilah yang nantinya akan menjadi tolak ukur penilaian keberhasilan dari suatu program.
2. Dalam laporan kelompok anda, disebutkan bahwa hambatan yang dihadapi dlm program ini adalah dari masyarakat yakni kontribusi masyarakat khususnya sharing in kind and in case msh blm maksimal. apakah tdk ada hambatan lain misalnya dari dinkes kota makassar atau pihak lain yang terlibat dala program ini??

Anonymous said...

Febriyani Fatima Nurlette/(K11108587/tubel)/kelompok 8
1. Pada laporan kelompok anda, kenapa tidak dimasukkan Dinkes kota makassar sebagai salah satu mitra yg terlibat dlm program ini. padahal kan Dnkes kota Makassar bertindak sebagai pelaksana dlm program tsb?? dan tolong dijelaskan juga secara detail bagaimana peranan dinkes kota makassar dlm program ini ??
2. Pada laporan kelompok anda, disebutkan bahwa tingkat keberhasilan kerjasama ini belum sapai pada tahap evaluasi. lalu sudah sejauh mana atau sudah sampai tahap apa pelaksanaan program PAMSIMAS dan SWASH ini?? tolong dijelaskan lebih terperinci.

Anonymous said...

JURAINI PUBALOS/K11108580(Tubel)
Kelp.6

1.Pd makalah kelp.Anda dikatakan bhw tingkat keberhasilan kerja sama ini blm sampai pd tahap evaluasi. Sedangkan program ini sdh dilaksanakan kurang lebih 2 thn. Mengapa demikian??? Tlg jelaskan!!!
2.Berkaitan dgn pertanyaan diatas, Apakah tahap evaluasi program ini sdh ditetapkan dln kontrak kerja sama??? kalo memang demikian kapan tahap evaluasi bisa dilaksanakan???

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS K11108578 (TUBEL) KLPK 9
THe first I just comment...knp penyajiannya telat buangetzz??padhl dr kemaren2 ditunggu loh..mana kan deadlinex besok jadi pasti tman2 yg lain pada g'tau kalo materinya sudah diposting...

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS K11108578 (TUBEL)KLPK9
dikatakan disini bahwa Pihak CARE sebagi penyedia dana tetapi kemudian mengapa dikatakan ada input dana APBD untuk sharing??bukankah APBD itu anggaran pendapatan belanja negara??padahalkan yang bertanggung jawab penuh itu dari CARE??

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS K111108578 (TUBEL)KLMPK 9
mENurut saya bentuk kerjasama pada program PAMSIMAS dan Program SWASH ini bukanlah bentuk CBP KARENA SETAHU SAYA bentuk kerjasama pada based comparison itu dimana pendanaan berasal dari beberapa pihak kemudian masyarakat terlibat didalamnya sebagai tekhnis/berpartisipasi tapi kenapa disini tidak dijelaskan mengenai peranan dari masyarakat itu sendiri??LPM disini sebenarnya sebagai pa??apakah sama dengan forum masyarakat??truz kalo BEntuk CBP ADA beberapa tahap yg dilakukan diantaranya mengadakan pertemuan rutin/musywarah antara semua stake holders yg terlibat membahas segala bentuk kegiatan ini??

Anonymous said...

UMMU KALSUM UKKAS K11108578 (TUBEL) KLPK 9
DisebuTKan dLm upaya tiNdak LANJUT yaitu penilaian keberhasilan provider..tetapi mengapa pada tingkat keberhasilan kerjasam dikatakan belum sampai pada tahap evaluasi?padahal program ini sudah berjalan 2tahun yg lalu,jika demikian artinya program ini tidak berhasl dong??koq g'ada evaluasi?? trus toLoNg dijelaskan mengenai KIE pada masyarakat??pada hambatan dikatakan kurangnya partisipasi masyarakat..menurut saya ya iyalah masyarakat kurang berpartisipasi disini sj tidak dijelaskan adanya sosialisasi??gmn mereka mau tau??yg ingin sy tanyakan kemudian bentuk kegiatan perubahan perilaku masyarakat disiniseperti apa??thaNks...

Anonymous said...

NENCY IMBO (K11107160)
saya hanya ingin memberi saran kepada pelaksana program ini.dalam makalah anda disebutkan cakupan sasaran program ini salah satunya adalah kecamatan Rappocini,sebaiknya program ini segera diwujudkan di kecamatan Rappocini,karna disana kebersihan lingkungan tidak diperhatikan (masih sangat kotor).

Anonymous said...

HETTI ISMA SULISTYAWATI(K11107619)
KEL.9

Apakah penanggulangan dri pemerintah kota makassar agar wilayah yang belum mempunyai jamban&sanitasi air yang bersih&baik di masyarakat terpencil khususx,apakah LSM&LPM akan bekerjasama untuk menangani hal tersebut agar semua masyarakat bisa merasakan hidup yang bersih&baik.

Anonymous said...

FARHA ASSAGAF/K11108589(Tubel)Kel.10

1.Dlm makalah kelp.Anda dikatakan bhw Pemerintah berperan sbg Tim Teknis.Sebut & Jelaskan Tugas & Fungsi peranan Pemerintah sbg Tim Teknis dlm program ini...!!!!!!
2.Dlm makalah Kelp.Anda jg disebutkan bhw salah satu organisasi mitra yg terlibat adalah pemerintah. Yg saya tanyakan,Instansi pemerintah apa saja yg terlibat & apa peranannya dari masing2 instansi pemerintah tsb. Jelaskan...!!!!!

Anonymous said...

HETTI ISMA SULISTYAWATI (K11107619).KEL.9

Adakah upaya pemerintah kedepan agar hambatan yang dihadapi selama ini bisa terprogram untuk masyarakan tahun depan agar bisa merasakan masyarakat yang sehat dan bersih

Anonymous said...

La Basri/K11108590(Tubel)Kel.9
1.Apakah data makalah dari kelp.Anda disusun hanya berdasarkan hasil wawancara dilapangan? Klo demikian sumbernya dari pihak mana saja? Coz, Kelp.Anda tid mencantumkan daftar pustaka dlm makalh ini.
2.Apakah tujuan dari program ini sdh tercapai??? Mengingat program ini sdh dilaksanakan kurang lebih 2 thn...skali lagi 2 thn...BO'...!!!!

windaaa ajah said...

ko` baru nongol laporannya?????

windaaa ajah said...

Erwinda Alwi Rachman
K111 08 581
TUBEL KL, Klp VII
Simpal ajah pertanyaannya :
1. Apa kendala, keunggulan, kelemahan model Partnership yang diterapkan dalam Program PAMSIMAS dan SWASH ini???
2. Ada saran or usul ga` untuk sebaiknya menggunakan model Partnership yang lain yang lebih tepat atau optimal???
Thanxxx....

windaaa ajah said...

Erwinda Alwi Rachman
K111 08 581
TUBEL KL, Klp VII
Model kemitraan yang digunakan CBP ya??
Bisa kemukakan alasan or referensi ga` kenapa dalam menjalankan Program PAMSIMAS dan SWASH ini dipake`nya/yang dipilih model keimtraannya CBP???
Pada laporannya, part.J, ada `KIE pada masyarakat`, minta penjelasannya dong!!!
DaPus (Daftar Pustaka)nya mana, guyzZz??? Ko` dilaporannya ga` ada...
That`s all...
Thanxxx...

windaaa ajah said...

Erwinda Alwi Rachman
K111 08 581
TUBEL KL, Klp VII
SoOo sorry,,,,
Ralat, ralat, ralat...
Mauka` perbaiki,
Untuk pertanyaanku yang ke :
2.Dalam laporannya, dikatakan bahwa tingkat keberhasilan kerja sama ini blm sampai pada tahap evaluasi, artinya sejauh ini belum optimal dong, nah, ada saran ga` untuk sebaiknya menggunakan model partnership yang lain yang bisa lebih optimal???
Secara kita belajar tentang `PARTNERSHIP` kan...
Thanxxx....

Anonymous said...

Sadrah said/k11108585(tubel)/klp 2

Saya mau tanyakan Apa yang dimaksud dengan PAMSIMAS itu sendiri? jelaskan pula cakupan dan ruang lingkupnya....!!! Coz dalam makalah anda belum jelas tentang PAMSIMAS alias belum dijelaskan secara terperinci.
Thanks ;)

Anonymous said...

Nurhalima Tualeka (NIM K111 08586/TUBEL) Kel 5.
1.Kontribusi masyarakat yang diharapkan dalam bentuk apa?????
2.Bagaimana mensikronsasikan seluruh kegiatan tersebut di lapangan, mengingat kegiatannya tidak hanya satu kegiatan, melainkan beberapa kegiatan????????????

Anonymous said...

Ezra Limbong (K11108583/Tubel) Kel 5.
1. Rincian kegiatan tidak jelas mulai dari tahap awal sampai akhir??????
2. sejauhmana keberhasilan proyek ini mengingat program ini sudah dilakukan sejak tahun2006/2008????

FITRIYANA said...

FITRIYANA K11107621 KLPK 5
Saya ingin bertanya kepada kelompokn 1.
1 apakah upaya penanggulangan yang dilakukan dalam kegiatan ini sudah terlaksana dengan baik..???
2 apakah tdk ada hambatan lain misalnya dari dinkes kota makassar atau pihak lain yang terlibat dala program ini??

R i F i A said...

RINA FITRIANTY AWALIAH (K11107603) KELOMPOK 9

yang ingin saya tanyakan....
mengapa program ini menggunakan bentuk kerjasama CBP? apakah tidak bisa menggunakan bentuk kerjasama lain?jika bisa tolong sebutkan bentuk kerjasamanya dan jika tidak bisa tolong jelaskan mengapa demikian??????

R i F i A said...

RINA FITRIANTY AWALIAH (K11107603) KELOMPOK 9

nEXt QuestiOn.......

Dalam program ini, hanya sebagian kecamatan di kota makassar yang masuk dalam program kerja!
atas dasar apa kecamatan tersebut dimasukkan dalam program kerja????
dan bagaimana kecamatan lain yang belum masuk dalam Program ini????

tengkyu......

Anonymous said...

indra wiastuti/k11107653
laporan yang bagus..!
seperti yang ada pada makalah program ini diadakan pada tahun 2006/2008 tapi mengapa sampai tahun 2009 pelaksanaannya belum optimal,,?apa yang menyebabkan hal tersebut?

Anonymous said...

indra wiastuti/k11107653
bagaimana peran masyarakat dalam program ini?apakah masyarakat antusias dengan adanya program ini?

NURHIDAYAT-K11107041-KLP.6 said...

NURHIDAYAT-K11107041-KLP.6

Assalamu 'alaikum...

Dalam makalah anda dijelaskan bahwa model kerja sama program ini adalah model CBP dan dalam makalah anda juga dikemukakan bahwa salah satu keuntungan bagi pihak swasta adalah "nama baik pihak swasta terjaga". Yang ingin saya tanyakan adalah
1. siapa yg berperan sebagai pihak swasta karena menurut yang saya pahami model CBP tidak harus melibatkan pihak swasta
tp dapat berupa perorangan, keluarga, atau perusahaan kecil..??

2. Klo memang ada pihak swasta yang terlibat, keuntungan apa saja yang diperoleh selain dari keuntungan yang anda sebutkan sementara yang kita ketahui bahwa pihak swasta biasanya mementingkan aspek keuntungan materi...??!!

sekian...^^
WsLm..

Anonymous said...

A.sarah nur ikhlas/k11106090
1.Dalam penanggulangan pada makalh ini ada pembangunan jamban.yg ingn sy tnykn bgamn menentukan di mana jamban yg akan di bangun apakah ditempat2 umum atau di rmh wrga yg tidak mempunyai jmbn?

2.Dalam penanggulangn air bersih sejauh mana pemerintah memikirkan solusi untk msyrkt yg daerhnya belum terjmah air brsih,krna masih bnyk daerah-daerh yg kesushn air bersih?

NURAMANAH.Y said...

NURAMANAH.Y/K11107677/KELOMPOK 7

anda telah mempamparkan nanti tentang dibutuhkan peran serta aktif dari semua elemen masyarakat dalam pembangunan infrastruktur ini, khususnya Sektor Swasta dan Lembaga Non Pemerintah yang lain yang ingin saya tanyakan telah sistem kontrak kerja ini habis dengan pihak swasta,bagaimana hak pemilikinya???

NURAMANAH.Y said...

NURAMANAH.Y/K11107677/KELOMPOK 7

Bisa anda sebutkan keuntungan apa saja yang dapat diperoleh dari pihak swasta atau pihak non pemerintah dalam progam ini???

Anonymous said...

NUR YUSMAH/K11106057/KLP. 4


1. Peran pemerintah dalam program Penyediaan Air Bersih dan Pengelolaan Sanitasi ini saya rasa masih mengambang. Pertanyaannya, apakah dalam hal ini PDAM masuk sebagai mitra ataukah lembaga teknis lain yang dibentuk pemerintah?. Jika melibatkan PDAM, apakah sudah ada jaminan, kualitas air bersih dan sistem sanitasi milik PDAM sudah dikategorikan bersih serta berkualitas??

2. Saya juga sepakat dengan beberapa teman yang mempertanyakan hasil evaluasi program ini. Satu program akan bisa dinilai apabila telah diketahui tujuan akhirnya. Termasuk bagaimana implementasi (penerapannya), pola perubahan yang dihasilkan hingga respon masyarakat terhadap program ini....

Anonymous said...

nama : rena matasik
nim : k11107719
kelompok:4

pertanyaanya sy untuk kelompok 1 yaitu:sudah sejauh mana/tahap-tahap apa saja yg dilaksanakan pihak pemerintah terhadap program tersebut, khususnya water suply di makassar saat ini???

Anonymous said...

Jawaban pertanyaan febriyana. Pansimas,merupakan program pemberdayaan masyarakat.
1. Masyarakat desa yang merencanakan sekaligus melaksanakan program tersebut Tujuannya antara lain meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat.Selain itu Pansimas diproyeksikan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum
2. Informasi yang kami dapatkan, tidak ada hambatan dari pihak dinkes.
By. M. Fajaruddin/ k11107022

Anonymous said...

Jawaban pertanyaan febriyana. Pansimas,merupakan program pemberdayaan masyarakat.
1. Masyarakat desa yang merencanakan sekaligus melaksanakan program tersebut Tujuannya antara lain meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat.Selain itu Pansimas diproyeksikan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum
2. Informasi yang kami dapatkan, tidak ada hambatan dari pihak dinkes.
By. M. Fajaruddin/ k11107022

Anonymous said...

Jawaban untuk febriyani,Juraini pubalos dan ummu kaltsum
Sebelumnya kami minta maaf karena terlambat posting.
1. Sebenarnya dinkes makassar juga telibat,dalam hal ini mereka mewakili pemerintah.
2. Program pansimas telah berlangsung. Dan Menurut informasi yng kami dapatkan, program pansimas berlangsung selama 4 tahun, dan akan dievaluasi pada tahun keempat
3. Dari informasi yang kami dapatkan. di beberapa kabupaten di indonesia pansimas dibiayai oleh apbn, apbd, dan swasta. Jadi bukan pihak Care (swasta) yang bertanggung jawab penuh.
By Muhammad fajaruddin

Anonymous said...

Jawaban untuk ummu kalsum
" bentuk kerjasama pada program PAMSIMAS dan Program SWASH ini adalah CBP KARENA pendanaan berasal dari beberapa pihak (swasta (CARE), APBN, APBD (pemerintah) kemudian masyarakat terlibat didalamnya sebagai tekhnis/berpartisipasi yaitu LPM Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat. dan masalah musywarah jelas dilakukan antara semua stake holders yg terlibat membahas segala bentuk kegiatan cuma tidak kami tampilkan dalam laporan kami

adehirmariyanik11107040 said...

andi veny kurniawan k11107056

1. sejauhmana masyarakat dibiarkan terlibat dalam program ini???

2. apa keuntungan yang diperoleh pemerintah???

adehirmariyanik11107040 said...

ADEH IRMARIYANI SAPUTRI K11107040

1. Mengapa "Kontribusi masyarakat" dijadikan sebagai hamabatan dlm program ini???

2. sejauh mana progranm ini berjalan???apa sudah ada hasil yang bisa dinikmati oleh masyarakat??

Anonymous said...

nama : rena matasik
nim : k11107719
kelompok :4

pertanyaan sy untuk kelompok 1 yaitu: penyakit apa yang timbul di masyarakat karena masalah pengelolaan air bersih yang kurang baik???

Anonymous said...

ADI PRATAMA/K11107060
saya ingin memberi masukan bagi program ini mengenai hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program yaitu kurangnya kontribusi masyrakat.
Menurut saya, sebaiknya program ini betul-betul transparan dalam pelaksanaannya untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat kemudian juga perlu dilaksanakan seminar-seminar untuk menjelaskan pentingnya diadakan program tersebut sehingga masyarakat merasa perlu untuk mendukung terlaksananya program tersebut.

Anonymous said...

ADI PRATAMA/K11107060
TOLONG DIJELASKAN SECARA RINCI MENGENAI PERAN PEMERINTAH.

Anonymous said...

DEWI SARTIKA/ K111 07 017

1.Dlam makalah Anda mEnagatakan bahwa "Oleh karena itu dibutuhkan peran serta aktif dari semua elemen masyarakat dalam pembangunan infrastruktur ini, khususnya Sektor Swasta dan Lembaga Non Pemerintah yang lain".yang MenjaDi Pertanyaan saYa peran akatiF yang seperti apa yang harus dilakukan oleh sektor swasta dan lembaga non PEMERINTAH tersebut???
2.selain 3 keuntungan yang anda sebutkan dalam makalah anda. biasakah saudara memberi jenis keuntungan laen??
mkasih di tungu jawabannya/

Nanhie said...

SURIYANI HZ
K11107631
KELP 2

Dalam kegiatan ini upaya yang dilakukan oleh masing-masing mitra yakni:
1.Pembuatan Jamban,
2. SAB,
3. Perubahan perilaku, serta
4.capacity building
Pertanyaan sy apakah smua kegiatan tersebut di atas sudah terlaksana dengan baik....?????

Anonymous said...

SURIYANI HZ
K11107631
KELP 2

Anda mengatakan ,tujuan dari program PAMSIMAS DAN PROGRAM swash yaitu Untuk meningkatkan cakupan air bersih, antisipasi serta kualitas sanitasi lingkungan serta menurunkan angka penyakit berbasis lingkungan.
Apakah 7an tersebut sudah tercapai sesuai harapan??????????
thanks

Anonymous said...

Efrina Kala Tasik (K111 06 071)/klp.2

1.di makalah Anda di tuliskan bahwa kegiatan2 yg dilakukan dlm program ini antara lain perubahan perilaku dan capacity building. pertanyaan saya, jelaskan apa yang di maksud dengan perubahan perilaku dan capacity building yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat dalam kegiatan ini dan bagaimana mekanisme pelaksanaannya !

Anonymous said...

muhamad subhan/K11107094/klp.3

#pada makalah klp anda, bagian sarannya kurang (hanya pada pemerintah saja). seharus saudara memberikan saran kepada semua stakeholder terlibat, karena ni kan program partnership yang mana pemerintah tidak menjalankan programnya sendiri. Dan apakah kendala/hambatan hanya ada pada pihak pemerintah?

#kemudian yang mau sy tanyakn:
sperti yang kita ketahui brsama salah satu masalah ksehatan lingkungan di Indonesia adalah penyediaan sarana air bersih, yang mana hanya skitar 60% pnduduk indonesia yang mendapatkan suplay air bersih dr PDAM terutama untuk penduduk perkotaan, selebihnya menggunakan sumur atau sumber air yang lain. sbgaimna tujuan dari program partnership pd laporan anda, apakah upaya yg dlakukn oleh masing2 stakeholder sudah mendukung keberlangsungan program tersebut? bgaimana realitax?

Anonymous said...

Jawaban untk HETTI ISMA
Sasaran utama dari PAMSIMAS adalah daerah2 yang belum memiliki akses terhadap air minum, semua aerah yang belum memiliki akses terhadap air minum akan dibantu melalui program ini.Dan LSM&LPM dan juga pemerintah akan bekerjasama untuk menangani hal tersebut agar semua masyarakat bisa merasakan hidup yang bersih&baik.
By kelompok 1

Anonymous said...

Jawaban untk FARHA ASSAGAF
1.Pemerintah sbg tim teknis maksudnya pemerintah melaksanakan proses perencanaan dan penyusunan rencana kerja masyarakat (RKM) I yang diantaranya meliputi identifikasi dan analisis situasi desa serta pembentukan tim kerja masyarakat (TKM). Proses ini dilanjutkan dengan pelaksanaan pelatihan di masyarakat untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam mengimplementasikan kegiatan-kegiatan RKM I.
2.Pemerintah yang terlibat di sini adalah dinkes yang tugas sebaai tim teknis

Anonymous said...

Jwbn untk HETTI ISMA SULISTYAWATI
Pemerintah sebenarnya berupaya agar semua desa yang tidak memiliki aksese air bersih agar menjadi sasaran program ini cuma ada prioritas sasaran yakni wilayah2 yang memang miskin dan krisis air bersih yang menjadi sasaran utama.
By Kelompok 1

Anonymous said...

sumarni muchlis/ k 111 06 156
saya ingin bertanya,
1. berapa besar dan yang dikelurkan oleh pihak swasta dalam program ini? dan apa keuntungan nyatanya yang ia peroleh? apakah hanya dengan "nama baik yang terjaga" cukup menjadi feed back untuk pihak swasta?
2. tim teknis yang dimaksud berasal dari pemerintah berbentuk apa? apakah pemerintah menurunkan langsung pegawainya atau mencari pihak pelaksana teknis lain seperti kontraktor?
terima kasih,
wassalam.


sumarni muchlis.

Anonymous said...

Indriani K111 07021

Maaf commentnya telat, tp khan laporannya jg agak telat diposting ^_^
Pertanyaan saya....
1. Salah satu mitra yang terlibat dlm Program PAMSIMAS dan Program SWASH yaitu LPM & LSM yang berperan sebagai Community empowering, tolang dijelaskan lbh rinci maksud dari Community Empowering tsb!!!
2. Dalam program PAMSIMAS dan Program SWASH adakah masa kontrak yaang disepakati antara pemerintah dan swasta? Berapa lama kontrak yang disepakati dan bilamana kontrak habis adakah perpanjangan yang dilakukan?

Anonymous said...

YUNICHO K11107702/KLP 1

makasih atas pertanyaan dari juraini pubalos, kenapa masih pada tahap evaluasi padahal kgiatanny sdh berlagsng slma 2 thn alasannya sy kr qt sdh tw ya.. dalam kerja sama itu apabila belum tercapainya suatu kegiatan maka dari pihak swata sendiri atw yang terkait bisa mengajukan perpanjangan waktu namun berdasarkan kesepakatan dari pemerintah atawpun pihak terkait. Adapun pertanyaan sudah ditetapkan apa tidak tahap evaluasi ini, jawabanya ya sudah ditetapkan dan sudah tercantum dalam laporan klu program ini berlangsung selama 3 tahun namun tertunda karena berbgai kendala.
Makasih…

Anonymous said...

Yunicho K11107702
Jawaban untuk pertanyaan Febriyana Rahima Nurlette dr Klp 7
Makasih atas sarannya, kami lupa memberikan sasarannya krena memang data yang kami peroleh Cuma hasil wawancara, dan berbagai kendala lainnya, jadi harap dimaklumi. Klu menurut saya, sasarannya itu adalah bagaimana menanamkan prilaku hidup bersih dalam kehidupan massyarakt. Adapun pertanyaan kedua, hambatan yg tercntum dalam laporan bukan hambatan yang dihadapi oleh masyarakat tapi itu merupakan hambatan dari pemerintah khussusnya dinkes sendiri, dan dari pihak swasta.
Maksih,, tolong dibaca lagi yach.. syukran..

Anonymous said...

IARAWATI K11106009
Pertanyaan saya adalah
1. bentuk kerjasamanya adalah Comunity based? Tapiiiii, dalam baagian mitra yang terlibat tidak disebutkan adamasyarakat yang terlibat, apalagi ada perannanya. karena menurut saya masyarakat disini hanya sebagai PELANGGAN/KONSUMEN. bukan ikut bekerjasama?
2. oooh makalah sangat singkat sekali dan sedikit masih banyak yang perlu diperbaiki.apalagi latar belakangnnya masih kurang. tolong diberikan sedikit lagi penjelsan mengenai laatar belakangnya yg sangat penting?
terima kasih

Anonymous said...

mutmainnah_k11107014
1.dalam makalah anda disebutkan salah satu upaya yaitu mengubah perilaku.tolong dijelaskan bagaimana proses mengubah perilaku ini dan siapa yang berperan didalamnya?
2.mengapa proses evaluasi program ini sampai sekarang belum ada, padahal kegiatannya telah selesai dari tahun 2008 lalu?
mercy...

Anonymous said...

Yunicho K11107702
jwban pertnyan NURHIDAYAT
Waalaykum ‘salam wr.wb.
Sebelumnya maksih ya atas pertanyaan yang mba’ nunu paparkan, iya mmg benar model CPB tdk hrs melibatkan pihak swasta tp bkn berarti dr pihak swasta tdk bs bergabung dlm program ini. Itung2 ada tambahan bantuan lah,, kan smkin banyk yg terlibat malah lebih baik khususny dlm memprcpt kgiatan atw dgn tdk menggnkan dana dr pemerintah. Toch.. bs disalurkan ke kegiatan lainnya.
Tyuzz,, yg kedua, dr wwncra yang kami lkukan, mmg ada pihak swsta yg terlibat, dan keuntungn lainnya kan sudah ada dlm laporan klu dana lainnya bs diambil dari biaya penggunaan air yg digunakan oleh masyrakt.
Syukran…

Anonymous said...

Yunicho K11107702

Jwbn untuk pertanyaan K’ IRaWati
Kami sengaja tdk mencntumkan keterlibatan masyarakat karena mmg msyrkat sndiri merupkan hambatan yg dihadapi dlm berlgsungnya kgiatan ini. Dan dri pihak terkait sndiri masih berusaha bgaiman shgga bs masyrakt ikut terlbat, yakni dgn pendekatan dan ini tdk lah mudah.
Truzz, Makasi atas sarannya, dan untuk smua tmn2 maf klu laporan kami sangat singkat sekali, krena berbgai kendala dlm bbrpa miggu, wkt yang mndesak, sulitnya untuk mendpatkan data ini dan tmn2 yg lain jg pasti merskan demikian. Tp keep spirit ajacch..

Anonymous said...

Yunicho K11107702

Jwbn untuk pertanyaan K’ IRaWati
Kami sengaja tdk mencntumkan keterlibatan masyarakat karena mmg msyrkat sndiri merupkan hambatan yg dihadapi dlm berlgsungnya kgiatan ini. Dan dri pihak terkait sndiri masih berusaha bgaiman shgga bs masyrakt ikut terlbat, yakni dgn pendekatan dan ini tdk lah mudah.
Truzz, Makasi atas sarannya, dan untuk smua tmn2 maf klu laporan kami sangat singkat sekali, krena berbgai kendala dlm bbrpa miggu, wkt yang mndesak, sulitnya untuk mendpatkan data ini dan tmn2 yg lain jg pasti merskan demikian. Tp keep spirit ajacch..

NURHIDAYAT.K11107041-KLP.6 said...

NURHIDAYAT.K11107041-KLP.6

1. Terima kasih atas jawaban dari saudari Yunicho...tapi maaf masih ada yang mengganjal...hehehggg...saya sepakat bahwa model CPB tdk hrs melibatkan pihak swasta dan bkn berarti dr pihak swasta tdk bs bergabung dlm program ini.
Tapi kayaknya anda belum menjawab pertanyaan saya. Siapa yang berperan sebagai pihak swasta karena menurut hemat saya, setelah membaca laporan anda, kayaknya tidak ada pihak swasta yang terlibat....???

2. Saya belum mendapat informasi yang jelas tentang keuntungan pihak swasta selain satu keuntungan yang anda sebutkan "nama baik pihak swasta terjaga"...

sekian...

wassala...^^

Anonymous said...

Jawaban untuk semua penanya yg brtnya mengenai keberhasilannya atau evaluasiny, atao semisalnya...
"Program PAMSIMAS dilaksanakan dlm kurun waktu 4 tahun, artinya tahap evalausi akan dilakukan pd tahun ke 4. Hasil dari evaluasinya menentukan apakh efektif sehingga perlu dilanjutkan ato tidak"
By Muhammad Fajaruddin

Anonymous said...

Jawaban untuk pertanyaan tentang penjelasasan PAMSIMAS
" Program PAMSIMAS merupakan program penyediaan air minum, sanitasi, dan kesehatan yang berbasis pada masyarakat, program ini akan efektif dan berkelanjutan bila secara langsung melibatkan seluruh masyarakat dan dilakukan melalui pendekatan yang tanggap akan kebutuhan masyarakat. Program ini penyediakan sarana dan prasarana dan kegiatan yang masyarakat inginkan, tetapi ada kontribusi dan membiayai dan dapat pengelola serta memelihara. Untuk itu perlu dilakukan suatu usaha memberdayaan masyarakat agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam menyiapkan, melaksanakan, mengoprasikan, dan memelihara saran yang telah dibangun, serta melanjutkan kegiatan peningkatkan derajat kesehatan. Secara umum pendekatan pelaksanaan PAMSIMAS adalah pembangunan partisipatif berbasisi masyarakat"
By Muhammada Fajaruddin

Anonymous said...

Jawaban untuk Nus Yusmah
PDAM tidak berperan dalam kegiatan PAMSIMAS krn sasaran kegiatan ini adalah daerah yang masih kekurangan air bersih yakni blm dijangkau oleh PDAM.
By Muhammad FAjaruddin

Anonymous said...

Jawabn unk Nurhalima Tualeka
"1.Kontribusi masyarakat yang diharapkan dalam bentuk apa?????"
Masyrkt adalah pelaksana kegitan, krn kegiatan ini berbaasis masyrakat, masayrakat membangun, dan merawat sarana, kgiatan ini bagian dari PNPM mandiri
"2.Bagaimana mensikronsasikan seluruh kegiatan tersebut di lapangan, mengingat kegiatannya tidak hanya satu kegiatan, melainkan beberapa kegiatan????????????"
jwbn : Sama sepeti PBL, ditentukan dulu prioritas masalhanya dan pelaksanaannya sesuai prioritas masalah.
By Muhammad Fajaruddin

Anonymous said...

Tambahan utk prtnyaan nur hidayat
" Pihak sswasta artinya pihak diluar pemerintah yakni CARE. CARE merupakan pihak swsata dimana keuntungan yang bisa didapatakan yakni pembayaran air dari masayrakat, cuma maaf kami kurang mendapat inforamasi mengnai pembagian hasilnya"
By Muhammad Fajaruddin

Anonymous said...

Jawaban untk Ezra Limbong
"1. Rincian kegiatan tidak jelas mulai dari tahap awal sampai akhir??????"
Ketidak jelasannya dimana,? jdi yg kurang jelas silahkan ditanyakan melalui diskusi ini!!
"2. sejauhmana keberhasilan proyek ini mengingat program ini sudah dilakukan sejak tahun2006/2008????"
Keberhasilan program ini akan dinilai pd tahun ke empat, jd blm diketahui, tp peran masyrakat antusias trhdp program ini
By, Muhammad Fajaruddin

Anonymous said...

Jwbn untk RINA FITRIANTY AWALIAH
"yang ingin saya tanyakan....
mengapa program ini menggunakan bentuk kerjasama CBP? apakah tidak bisa menggunakan bentuk kerjasama lain?jika bisa tolong sebutkan bentuk kerjasamanya dan jika tidak bisa tolong jelaskan mengapa demikian??????"
Sebenarnya bisa cuma kalo dilihat dr jenisnya yakni kegiaatan berbasis masayarakat, model kerjasama yg paling sesuai itu adalah CBP.
By Muhammad Fajaruddin

Anonymous said...

Untuk prtnyaan k 2 RINA FITRIANTY AWALIAH.Maaf
Sudah dijawab di komment k-2

Anonymous said...

Tanggapan untk indra wiastuti
"laporan yang bagus..!
seperti yang ada pada makalah program ini diadakan pada tahun 2006/2008 tapi mengapa sampai tahun 2009 pelaksanaannya belum optimal,,?apa yang menyebabkan hal tersebut?"
Trimakasih sebelumnya, tetapi atas dasar apa program ini dikatakan belum maksimal?, krn proyek ini akan dievaluasi di tahun ke4.
maaf
By Muhammad Fajaruddin

Anonymous said...

Sri Wulandari_K11107674_kel.8

pertanyaan saya untuk kelompok satu:

1. Saya belum mengerti dengan program ini, bisakah anda jelaskan bagaimana cara kerja program ini di masyarakat ?Apa sebetulnya yang dilakukan oleh pemerintah dengan program ini ??
2. Apakah program ini sudah berhasil dilaksanakan karena dalam laporan anda kurang dijelaskan ??

Unknown said...

fauzan h.(k11106091)
- bagaimanakah proses jangka panjang dari proyek tersebut?
dan apakh proyek ini masih terus berjalan dan kita lihat masih bnyak nya kecamatan yang msih mmbutuhkan program ini?

- bagaimanakah mekanisme kerja dari LSM sebagai community empowering?

Anonymous said...

a.sulasteri(k11107012)klp 7
pada program anda bejudul pamsia dan swas ,apa maksud dari judul tersebut dan apa yang melatar belakangi sehingga judul tersebut diambil dan dijadikan sebagai program

Anonymous said...

HANANANG WALIYAH / K11107024

1. Dalam makalah anda dikatakan bahwa salah satu hambatan yang dihadapi dalam menjalankan program ini yaitu kontribusi masyarakat masih belum maksimal. Yang ingin saya tanyakan yaitu apa penyebabnya sehingga kontribusi masyarakat belum maksimal?? Apa karena kurangnya perhatian masyarakat???

2. Sejauh mana keberhasilan pemerintah dalam menjalankan program ini? Apakah program yang diharapkan ini sudah tercapai?

OWILDAN WISUDAWAN. B/K11107699 said...

owildan wisudawan.b/k11107699 klp 3
pada hasil laporan anda terpapar mengenai hasil kerjasama tolong dijelaskan apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam program pamsimas dan apa saja keuntungan yang diperoleh oleh pihak yang terlibat kerjasama ?

Anonymous said...

M Fadly Kaliky (K11109518) KLPK-9 "Program PAMSIMAS dan Program SWASH (Sulawesi Water Suply, Hygiene and Sanitation)" dalam program ini yang berperan penting untuk mengeluarkan dana untuk proyek adalah siapa? pihak mana yang jelas CARE atau APBD? Thank's before it.......

TUGAS MATA KULIAH PARTNERSHIP JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN FKM UNHAS 2010